Masih membekas jelas dalam ingatan bagaimana meriahnya acara pembukaan (Opening Ceremony) pesta Olahraga terbesar se Asia 2018. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan akbar antar Negara di benua Asia tersebut. Sabtu (18/8) pekan lalu secara eksklusif saya dan beberapa kawan larut menjadi saksi hajatan 4 tahun sekali ini.Â
Rasa bangga, haru sekaligus kagum bercampur menjadi satu tak menyangka Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) disulap menjadi lokasi event megah dan spektakuler bertaraf Internasional. Hal ini tak lepas dari kolaborasi tangan kreatif dan jenius putra-putri terbaik bangsa dalam menyukseskan acaranya. Sebut saja nama beken seperti Komposer Addie MS, Desainer Rinaldi Yunardi, Koreografer Deny Malik dan Eko Supriyanto hingga sutradara acara Wishnutama dan seluruh tim yang bekerja keras sehingga bisa terwujud sesuai rencana.
Ada yang menarik setiap kompetisi olahraga antar Negara digelar, entah itu pada Piala Dunia, Olimpiade, Sea Games termasuk Asian Games tak terkecuali bermunculan cinderamata resmi (official merchandise) dari Negara yang menjadi tuan rumahnya. Contohnya maskot, atribut, tas hingga apparel seperti t-shirt, hoodie, topi dan pernak-pernik lainnya.Â
Pada ajang Asian Games 2018 ternyata turut pula membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk memasarkan produknya sekaligus berpeluang menembus pasar mancanegara. Oleh sebab itu melalui inisiatif Tim Humas Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengadakan acara temu media dan blogger dengan konsep Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan "UKM Menangkap Peluang Asian Games 2018" yang diselenggarakan pada Rabu pekan lalu (15/8) bertempat di Creative Stage lantai 3 Gedung Smesco Indonesia kawasan Gatot Subroto, Jaksel.
1. Ibu Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP - KUKM.
2. Mas Mochtar Sarman, Vice Director Revenue INASGOC.
3. Abang Juan Firmansyah dari UKM DuAnyam.
Ibu Emilia mengatakan event Asian Games 2018 menjadi peluang bagi produk UMKM untuk bisa masuk ke pasar internasional. "Momentum Asian Games akan menjadi kesempatan terbaik bagi produk UMKM agar bisa dikenal oleh pasar yang lebih luas," ujarnya.
Destinasi Wisata Belanja
Smesco Indonesia sendiri akan menjadi salah satu destinasi wisata belanja dalam rangkaian gelaran Asian Games 2018. Bu Emil biasa beliau disapa, menambahkan bahwa selama ajang tersebut, Smesco Indonesia akan didatangi oleh para kontingen, official, dan atlet yang akan berkunjung. Mereka akan menggunakan 6 bus tingkat dan 4 bus regular yang telah disiapkan setiap jam per harinya selama kurun 15 hari pelaksanaan Asian Games. Besar harapan ini dapat berdampak secara positif kepada penjualan produk UKM di Indonesia.
Selain itu, ia menambahkan, Asian Games bisa menjadi kesempatan bagi UKM untuk belajar banyak hal termasuk tentang tren. Banyak masukan yang pihaknya lakukan sehubungan tentang tren karena menyasar target utama yaitu milenials. Jadi sudah seharusnya membuat produk yang instagrammable sebab sosial media turut andil dalam menyebarluaskan dan membantu memviralkan produk tersebut. Beliau berharap para pelaku UMKM di tanah air mau belajar untuk memperhatikan serta meningkatkan kualitas dan keberlanjutan produk khususnya untuk event Asian Games 2018 dengan target pasar milenial yang menyukai produk-produk yang kekinian. Intinya inovasi dan kreatifitas para pelaku UKM harus selalu ditingkatkan.
Du'Anyam
Varian produk Du'Anyam dalam ajang Asian Games 2018 antara lain berupa kipas tangan, kabel clip, sticker, luggage tag dan lainnya. Official merchandise sudah tersedia di beberapa outlet di Mall besar dan tersebar di beberap wilayah Jakarta dan juga Official Store di Palembang, Sumsel.
Ayo Kita Dukung Produk Dalam Negeri!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H