Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Money

Bank di Indonesia Masih Agak Rumit

5 Juli 2021   18:45 Diperbarui: 5 Juli 2021   21:31 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mau cerita apa kalau perihal Bank di Indonesia negara tercinta ini? Saya pernah mendapatkan layanan bank di Swedia selama tidak kurang 2 tahunan. Segala sesuatu kelihatan mudah dan simpel.

Petugasnya berbaju casual. Bahkan tidak seperti karyawan bank. Meja-meja transaksi diatur tidak harus menghadap ke meja yang tertutup. Security tidak nampak hanya CCTV yang kelihatan menyala di beragam sudut.

Dan uangnya serba baru kalau ambil di bank. Itu di Swedia.

Bagaimana di Indonesia? Layanan juga semakin bagus lah. Tenaga muda juga semakin kekinian, meja kursi layanan juga semakin keren. Bahkan bisa menghitung sendiri di depan kasir. 

Namun antrian masih sering terlalu panjang. Sehingga ada bank yang sampai dikenal sebagai Bank Capek Antri alias BCA.

Kerumitan bank di Indonesia senyatanya masih ada. Ya tidak semuanya lah. Tapi masih ada.

Seperti ketika saya mau membuka deposito. Bank yang punya satpam cekatan, langsung membantu memberi form untuk dicicil isi sebelum masuk ke customer service.

Maka layanan akan cepat.

Namun bank yang satpamnya tidak terlatih, hanya liat liut gak bisa bantu. Dasar satpam tahunya berdiri saja. Tapi tidak semua lho ya.. ada juga yang cekatan membantu.

Maka himbauan saya untuk pengelola manajemen Bank: didiklah satpammu sehingga multi talenta. Bisa bantu isi form, dan disiplin tidak mengintip pin atau password.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun