oleh : Ketut Nugraha Jati
mahasiswa DKV ISI YogyakartaÂ
Kota  Jogja saat ini mencari seorang walikota yang benar-benar bisa menjalankan amanat menjadi seorang pemimpin, banyak media yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dari satu pihak ke orang banyak. Di dalam sebuah media iklan politik, para kandidat bersaing membangun reputasi dan citra pejabat publik atau pencari jabatan, menginformasikan pada banyak orang mengenai kualifikasi seorang politisi, latar belakang, pengalamannya, kepribadiannya. Sehingga merupakan sebuah dorongan bagi prospek pemilihan calon/kandidat yang bersangkutan dalam proses politik dan demokrasi.
 Berbagai bentuk media, mulai dari cetak, elektronik, hingga media outdor memungkinkan untuk iklan politik. Hal yang diperlukan dalam periklanan politik adalah bagaimana memanfaatkan kekuatan masing-masing media dan wilayah jangkauan yang dimiliki media periklanan, yang di selaraskan dengan objek masing-masing periklanan politik. Media periklanan politik di Jogja masih di dominasi oleh banner outdor dan baliho-baliho yang di pasang di sudut-sudut kota.
Beberapa kandidat calon walikota lebih memiliih beberapa tempat untuk memasang iklan-iklan politik mereka dikarenakan beberapa tempat/wilayah di dominasi oleh golongan-golongan parpol tertentu yang rawan terjadi konflik karena perbedaan pendapat. Disana bisa di sebut ada sebuah wilayah imaginer yang di tempati golongan blok-perblok yang tidak bisa di campur oleh golongan tertentu. Sebuah iklan politik menjadi susah untuk  masuk dan meyakinkan/mempresuasi wilayah yang di huni oleh mayoritas sebuah golongan. Seharusanya ini bukan menjadi  batasan di masyarakat sosial untuk berdemokrasi, hati nuranilah yang harus di gunakan untuk memilih sosok pemimpin.
 Rasa ketertarikan untuk melihat lebih dekat bagaimana iklan-iklan politik yang ada di ruang publik tertuju pada karya banner dan baliho kandidat calon walikota kota Jogja yaitu Muhammad Fuad Andreago. Setiap sudut kota Jogja sudah tidak asing lagi banyaknya baliho dan baner Muhammad Fuad Andreago terpampang jelas. Partai berbasis islami menjadi background seorang Muhammad Fuad Andreago, semua itu bisa di lihat dari cara berpenampilan yang islami menjadikan seorang calon pemimpin yang menjunjung nilai-nilai islam.
Seorang pemimpin haruslah mempunyai wibawa dan menanamkan pengaruh kepada orang banyak, penampilan adalah emlement pertama untuk menilai seseorang, disana kita bisa menilai dari latarbelakang, karakter, raut wajah dan penampilan. Dalam karya banner dan balihonya terdapat slogan (Muda Siap Berkarya Untuk Jogja) yang menggunakan warna putih dengan typografi sherif bergaya stencil.
 Peran typografi di dalam sebuah iklan memiliki pengertian luas yang meliputi penataan layout yang berkaitan dengan legibility dan keterbacaan. Legibilitas adalah tingkat kemudahan dalam membaca sebuah huruf dan tidak harus bersusah payah. Dimana keterbacaan yang di terapkan pada ruang publik atau media outdor di tuntut untuk cepat dan mudah dipahami. Typografi menjadi sangat penting dalam penyampaian informasi dan berkomunikasi kepada orang banyak.
Style typografi secara tidak langsung bisa memberikan kesan dari sebuah karya desain, disini saya melihat karya banner ini menggunakan style huruf stencil dimana presepsi kita tertuju akan gaya perang yang biasanya menggunakan typografi stencil untuk menandai persenjataan dan alat perang. Melambangkan sosok pemimpin perang yang tegas bisa memberikan kendali penuh dan bertanggung jawab di medan perang, bagaikan singa di gurun pasir. Selain itu pemilihan kata dan slogan untuk iklan politik sangat berpengaruh dalam meyakinkan, mempresuasi, membangun sebuah citra, (Muda Siap Berkarya Untuk Jogja) begitulah sekiranya slogan yang digunakan oleh seorang Fuad Andreago, terlihat seorang yang muda yang sekiranya bisa mengubah kota Jogja dalam slogannya tersebut.
Penggunaan warna dalam tyopgrafi juga diperlukan ini berkaitan dengan keterbacaan/legibilitas sebuah karya desain selain itu warna juga bisa menyampaikan pesan secara tidak langsung. Penggunaan warna putih dalam karya banner ini di sesuaikan dengan atribut yang digunakan tokoh calon walikota. Warna putih memberikan pengertian tentang kebersihan, kepolosan, kemurnian, kesederhanaan. Penggunaan warna putih yang digunakan dengan tepat dapat memberikan efek keyakinan akan kualitas yang tidak akan mengecewakan.
Iklan politik disini harus bisa menyampaikan pesan verbal (visi dan misi) maupun pesan non verbal melalui berbagai macam media yang bisa digunakan. Berbagai strategi digunakan dalam menggait hati para audiece atau masyarakat Jogja, jadi melalui berbagai macam media kita mendesain iklan yang komunikatif dan bisa menyampaikan isi dari pesan iklan politik.
Webtografi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H