Mohon tunggu...
Nugraha MahendraJaya
Nugraha MahendraJaya Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang Pelajar di Indonesia

Hellooo~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kesehatan Mental Pelajar, Tanggung Jawab Siapa?

13 Desember 2020   14:32 Diperbarui: 13 Desember 2020   14:44 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Oleh Natasha Spenser dari Pixabay

Tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki tahun 2021. Saya sendiri merasa bahwa bulan Maret seperti baru kemarin saja. Oh iya, saya sendiri beberapa waktu lalu sempat membaca berita bahwa pada tahun ajaran semester genap tahun 2020/2021 (yaitu mulai Januari 2021) sekolah-sekolah di Indonesia sudah boleh melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, meskipun dengan beberapa syarat tertentu. 

"Loh tapi kan belum vaksin dan semacamnya, bagaimana kalau nanti malah menulari dan sebagainya?" Saya paham akan pendapat seperti itu, namun di sisi lain, perlu juga disadari bahwa tidak semua orang memiliki privilege seperti akses internet yang mudah, rumah yang nyaman, dan semacamnya.

Selain faktor tadi, kondisi mental dari pelajar juga mungkin menjadi pertimbangan lain. Nyaris setahun hanya di rumah saja dan melakukan pembelajaran secara daring mungkin menjadi sebuah beban tersendiri bagi siswa-siswa (meskipun ada orang seperti saya yang tidak keberatan sama sekali jika kebijakan pembelajaran daring diperpanjang). 

Jadi, menurut saya, dengan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan ketat, tidak akan masalah jika pembelajaran tatap muka dibuka. Toh, kebanyakan orang yang protes akan kebijakan social distancing ini adalah orang yang nyaris setiap hari keluar dan kumpul bersama temannya di sebuah cafe mahal di kotanya masing-masing. Nah, tentang kesehatan mental sendiri, apakah benar dengan dibukanya sekolah ini akan berdampak baik ke kesehatan mental pelajarnya?

Bagaimana tanda dari kesehatan emosional manusia? Nah, di antara tanda-tanda kesehatan emosional dan mental manusia, diantaranya adalah memiliki konsistensi emosional, bisa menghargai dirinya sendiri, dan kepercayaan diri akan kompetensi individu di suatu bidang. Karimi (2001) menjelaskan bahwa hal yang memotivasi manusia bukanlah rangsangan dari luar saja tetapi emosi yang ada di dalam. Jadi, kesehatan mental ini sangat penting untuk perkembangan siswa kedepannya baik sebagai pelajar maupun sebagai manusia.

Berangkat dari hal itu. mari kita tengok dulu sekolah, sebagai salah satu aktor penentu dari kesehatan mental pelajar. Saya ingin menggunakan pengalaman dan sudut pandang saya disini. Saya memiliki pengalaman sekolah yang bisa dikatakan bertolak belakang sekali, yaitu sewaktu saya SMP dan SMA. 

Beberapa hal yang saya rasakan di SMP yang tidak saya rasakan di SMA adalah guru yang dekat dengan siswa dan  aktif dalam pembelajaran mereka, sistem sekolah yang memperbolehkan siswa  mendalami bakat dan minat mereka, lingkungan yang sejuk dan nyaman untuk belajar, bahkan sampai sistem moving class (yang menurut saya benar-benar membantu saya agar tidak bosan selama pelajaran) tersedia disana.

Nah, ketika SMA, saya tidak mendapatkan hal-hal itu. Saya sebagai siswa tidak diberikan banyak kebebasan dalam berekspresi, bahkan hanya sekedar menggunakan rumus baru saja saya sering disalahkan. Oh, juga tentang hukuman. Saya tidak ada masalah sama sekali dengan sistem hukuman, karena menurut saya jika kita sebagai pelajar sudah sangat susah untuk diberi tahu, hukuman adalah salah satu jalan alternatif yang mendidik. 

Namun itu berbeda dengan hukuman yang bukannya mendidik malah mempermalukan siswa di muka umum. Saya ingat sekali, ketika saya SMA, jikalau ada siswa yang sedikit saja berselisih pendapat dengan guru, maka akan disuruh untuk sujud didepan guru itu. Mungkin ada alasan dibalik kenapa hukuman itu diberlakukan, namun saya masih belum bisa menemukannya. Saya yakin banyak sekali hukuman tidak masuk akal di tempat lain yang malah berdampak buruk ke siswanya, terutama dari segi mental.

Saya sendiri kemudian berusaha mencari data tentang angka bunuh diri remaja di Indonesia, namun hasilnya nihil. Namun, saya menemukan sebuah artikel berjudul "Suicidal Ideation and Suicide Attempt Among Indonesian Adolescent Students" yang yang menyebutkan bahwa 4,75% sampel remaja yang diteliti memiliki pikiran untuk bunuh diri dan sekitar 2,46% melakukan percobaan untuk bunuh diri. 

Jika berbicara di angka dunia, bunuh diri merupakan penyebab kematian tertinggi kedua bagi orang berusia 10-24 menurut CDC WISQARS (Web-based Injury Statistics Query and Reporting System) tahun 2018 lalu. Angka yang cukup tinggi, dan ada banyak faktor dibelakangnya. Memang, sekolah bukanlah penyebab utama dari bunuh diri remaja, tapi mereka juga merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Lalu, adakah pihak di sekolah yang bisa menjadi salah satu tempat aman bagi siswa untuk bercerita dan juga menjadi tempat menjaga kesehatan mental mereka? Sebagai 'rumah kedua' bukankah harusnya sekolah bisa melakukan itu? Namun menurut pengamatan saya, hanya Bimbingan Konseling (BK) lah yang bertanggung jawab akan hal itu, dan jelas sekali bahwa itu belum cukup. Bahkan, jika kita (setidaknya saya dulu) sampai datang ke BK, saya dianggap murid nakal dan pembawa masalah. 

Saya melihat kurangnya pihak yang mendukung kesehatan mental di sekolah ini sebagai pandangan bahwa kesehatan mental siswa tidak terlalu penting. Selama siswa mendapat nilai bagus, sekolah mengganggap itu sudah menentukan semua nilai dari siswa. Jikalau begitu, apa bedanya siswa dengan daging-daging yang dijual di pasar? Toh kebanyakan daging itu juga ditentukan dari nilai seperti misalnya A5 Wagyu. Kita perlu mengerti bahwa kesehatan mental siswa dipengaruhi banyak hal, dan berangkat dari hal itu, tentunya diperlukan juga dukungan dari semua pihak agar siswa tidak mengalami depresi.

Saya kira ada beberapa faktor penting yang bisa menjadi pertimbangan bagi sekolah untuk kedepannya, yaitu manajemen sekolah yang baik, guru yang akrab dengan siswa, peningkatan fisik sekolah seperti banyaknya pohon yang rindang ataupun berbagai lukisan yang indah di seputaran sekolah, sistem pendidikan yang tidak monoton dan sekolah yang tidak mengekang adalah faktor penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental siswa. Kenapa saya mengatakan demikian? Karena menurut saya, sistem pendidikan yang buruk di sekolah hanya akan membuat siswa menjadi terkekang dan menganggap bahwa sekolah itu adalah hukuman. Bukankah itu hal terakhir yang kita inginkan?

Nah, kita sebagai pelajar juga jangan serta merta menyalahkan semuanya kepada pihak lain. Jika kita mengalami depresi dan semacamnya, segeralah datang ke pihak yang tepat dan jangan pernah melakukan self diagnose, karena itu hanya akan memperburuk keadaan yang ada. Jangan juga menjadikan depresi sebagai sebuah tren atau perlombaan untuk ajang panjat sosial, karena itu sama saja mengambil atensi atau perhatian dari pihak yang benar-benar membutuhkan. 

Saya mohon sekali bagi anda manusia-manusia luar biasa yang membaca ini, berhentilah melakukan hal itu jika anda sering melakukannya, dan bagi anda sekalian yang sedang berjuang melawan kegelapan dalam hidup anda, terima kasih karena anda sudah bertahan sejauh ini. Saya tidak akan berkata bahwa semua perjuangan anda akan terbayar, karena saya bukan Tuhan yang bisa memberikan kepastian kepada anda. Tapi, ingatlah bahwa jikalau yang berjuang saja masih bisa gagal, apalagi yang tidak berusaha sama sekali. Ingatlah bahwa hidup anda itu berharga.

             

Referensi:

Yahyaei, D, dkk

2012 The School Role in Lively Education and Student' Mental Health. Procedia: Social and Behavioral Science 47: 1408-1412

Putra, I., Karin, P., & Ariastuti, N. (2019). Suicidal ideation and suicide attempt among Indonesian adolescent students. International journal of adolescent medicine and health, /j/ijamh.ahead-of-print/ijamh-2019-0035/ijamh-2019-0035.xml. Advance online publication. https://doi.org/10.1515/ijamh-2019-0035

Web-based Injury Statistics Query and Reporting System (WISQARS). (2018). LEADING CAUSES OF DEATH. Retrieved from WISQARS: https://www.cdc.gov/injury/wisqars

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun