Mohon tunggu...
Az Zahra  Nur F
Az Zahra Nur F Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tanyakan pada saya

UIN BANDUNG

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

J&T Express Tampil Beda untuk Unggul Di Era Milenial

17 Desember 2019   02:10 Diperbarui: 17 Desember 2019   02:12 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Zaman dulu tentu  teknologi  belum semaju sekarang, bahkan mengirim surat pun ada yang memakai burung merpati atau menitipkan dari tangan ketangan sehingga menghabiskan banyak waktu untuk sampai kepada alamat  penerima.

Tentu dalam urusan pengiriman suatu barang juga akan menghabiskan waktu yang cukup lama, terutama jika berada di luar-luar pulau atau luar negeri mungkin akan memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Jasa ekspedisi barang tentu sudah ada sejak masa kuno, akan tetapi dahulu mengirim barang dilalui dengan kapal laut, sehingga waktu tempuh pelayaran pun sangat mempengaruhi kapan barang tersebut akan sampai. Lamanya waktu pelayaran pun di tentukan oleh kondisi tenaga angin. Biasanya kapal yang membawa barang pun merupakan kapal pedagang yang berlayar dari tempat satu ke tempat lain nya.

Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi  tentu membuat bayak perusahaan logistik semakin berkembang pesat dan kian menyebar luas disegala pelosok Indonesia. Setiap tahunnya tentu ada perkembangan bagi #LogistikdiEraIndustri4.0 ini melalui sistem jasa pengiriman barang atau dokumen.

Adapun yang baru di era ini salah satunya tidak lain dan tidak bukan, J&T Express yang dipelopori oleh Robin Lo. J&T Exspress sendiri merupakan jasa kirim yang berdiri dibawah naungan PT Global Jet Express dan mulai berdiri sejak tahun 2015 bahkan baiknya berhasil menembus pasar dengan baik dan memiliki slogan #ExpressYourOnlineBusiness.

 J&T Express sendiri merupakan sosok baru dan mampu bersaing dengan pasar. Robin Lo merupakan direktur utama di Global Jet Express, sosoknya yang tangguh dan gigih menjadikannya Chief Excecutif Officer (CEO) yang menggantikan posisi Jet Lee yang tak lain adalah pendiri perusahaan ini.

 Karena ketatnya persaingan dalam jasa #LogistikdiEraIndutri4.0 tentu membuat Robin Lo harus bekerja lebih keras, bahkan dia menempuh pendidikan yang cukup panjang dan bagus sebelum akhirnya membangun J&T Express pada zaman sekarang ini. Dalam proses untuk mencapai kesuksesan ini tidaklah mudah, pada awal membangun J&T Express ini Robin Lo hanya merekrut 18 karyawan.

Dalam sebulan pertama berdirinya J&T Express pada #LogistikidiEraIndustri4.0 telah menghasilkan 1025 cabang di Indonesia. Kesuksesan yang dicapai oleh Robin Lo tidak lepas dari dukungan dan peran Jet Lee, J&T Express ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jasa ekspedisi lainya.

Yakni jasa kirim nya nonstop dan tidak ada hari liburnya, kecuali libur hari besar maka dari itu J&T Express itu #ExpressYourOnlineBusiness. Walaupun J&T Express merupakan jasa ekspedisi yang baru, akan tetapi tenyata sudah merambah ke 5 negara yang ada di Asia Tenggara yaitu antara lain: Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Dalam jasa ekspedisi setiap negara tentu memiliki tipe kesulitan yang berbeda  terutama dalam demografi dan sosialnya karena setiap negara memiliki keunikan. Namun Indonesia merupakan negara paling sulit bagi jasa ekspedisi express, karena terdiri atau 17.000 pulau.  Ketika Indonesia memiliki kondisi demograsi yang sulit saja bisa, tentu negara lain pun juga bisa.

Kenapa Harus J&T Express?

Karena J&T Express #ExpressYourOnlineBusiness selalu bisa memberikan kepuasan tersendiri terhadap konsumennya, dan selalu memberikan pelayanan yang baik. Durasi waktu pengirimanya pun tergolong sangat cepat dan sangat akurat ketika ingin, mengecek resi yang telah di terbitkan, sehingga konsumen tidak merasa khawatir ketika memantau barang yang sedang dikirim.

Dan ketika hari libur pun kita tidak perlu khawatir menunggu hari kerja agar bisa mendapatkan paket barang yang di tunggu, karena sistem kerja pada J&T Express ini nonstop tanpa ada libur di akhir pekan. Terkadang karena kecepatan J&T Express dalam melakukan ekspedisi bisa hanya dalam durasi sehari atau paling telat 2-3 hari.

J&T Express sendiri memiliki banding yang sangat jauh dalam perbendaannya di bidang #LogistikdiEraIndustri4.0, masalah ketepatan waktu dan sistem kerja yang lebih sistematis dan terjadwal. Sehingga orang yang awam pun akan mudah mengerti.

Karena sangat rapi dalam bekerja dan sistematis sehingga pergerakan barang pun mudah untuk di pantau dan diprediksi. J&T Express juga unik karena membuka agen dengan sistem franchise (semua orang dapat menjadi partner untuk membuka agennya masing-masing).

Gunanya barcode yang ada di dalam kertas resi untuk melacak posisi barang, dan J&T Express selalu melakukan update ketika barang sudah sampai dari tangan ketangan setiap daerah dropshipnya. Misal ketika barang mulai dikirim dari pusat dan kemudian akan dikirim ke dropship selanjutnya maka akan selalu ada pemberitahuan.

Perkembangan jasa ekspedisi barang tentu sangat signifikan, karena dahulu ketika barang ataupun dokumen yang akan dikrimkan bisa memakan waktu bulanan. Akan tetapi sekarang semua bisa dengan sangat cepat hanya dengan hitungan minggu untuk luar negeri dan hitungan hari untuk dari kota ke kota lainya.

Terkadang barang yang dikirim dari pulau ke pulau pun hanya dalam hitungan hari, pengiriman barang yang dilakukan keluar negeri mungkin sedikit memakan waktu yang cukup lama karena akan melewati proses yang cukup panjang pula, semisal harus melalui lembaga Bea Cukai jika di Indonesia dan tentu itu sedikit menghambat sampainya suatu barang.

 Saya pribadi sangat puas dengan pelayan yang disediakan oleh J&T Express, karena kecekatan dan ketelitian. Kurir yang mengantar pun tentu sangat ramah dan sopan, dan selalu meberikan info updatenya jika barang yang di kirimkan diberi kepada wakil orang yang bersangkutan atau menghubungi penerima baik melalu telepon sellular, sms atau hanya sekedar menghubungi via wahsapp ketika alamat yang dituju tidak ada orang untuk menerima.

Harga yang di tarif oleh J&T Express sendiri terbilang normal dengan pelayanan yang super kilat dan akurat. Wajar jika banyak yang memakai jasa ini, online shop pun sudah banyak yang percaya akan jasa ekspedisinya.

Applikasi belanja online  banyak yang memakai jasa J&T Express untuk pengiriman barang keseluruh penjuru daerah, #ExpressYourOnlineBusiness . Selain itu biasanya minimal pembelanjaan agar mendapat gratis ongkir dalam applikasi belanja online yang memakai jasa ini lebih standar dan lebih memiliki nominal lebih kecil dibanding jasa ekspedisi lain.

Sehingga akan banyak konsumen yang lebih memilih jasa ekspedisi J&T Express untuk pengiriman produknya. Selain karena tarif tapi juga karena pelayanan yang meyakinkan. Kedisiplinan pada ketepatan waktu merupakan kunci sukses yang paling mendasar, dan itu penting.

Jauh sebelum adanya  J&T Express.

Jasa ekspedisi logistik tentu sejak dulu tentu sudah ada, dan jauh sebelum adanya J&T Express, banyak sekali jasa ekspedisi yang menawarkan untuk pengiriman dokumen, barang, dll. Akan tetapi terkadang sering terjadi kendala ketika melakukan pengiriman, faktornya pun beragam.

Banyak yang merasa di kecewakan ketika barang tidak sampai dan tidak ada tindak lanjut, dalam arti semua di luar tanggung jawab. J&T Express ini hadir memberi hal baru pada dunia #LogistikdiEraIndustri4.0 dengan #ExpressYourOnlineBussines.

Terkadang ketika kita ingin barang kita segera sampai ke penerima maka harus mengeluarkan uang sedikit lebih mahal dari tarif  normal, guna agar barang dikirim lebih cepat. Biasanya jenis pengirimanya berbeda dari yang standar, sedangkan J&T Express hanya dengan tarif normal pun barang akan segera di proses dan cepat sampai pada penerima.

Jauh sebelum adanya jasa ini pula, ketika ingin mengirimkan suatu barang atau pun dokumen harus melewat proses yang sedikit panjang dan memakan waktu kirim yang cukup lama juga. Terkadang jasa yang tersedia di daerah kita belum tentu ada di daerah alamat si penerima sehingga sedikit menghambat.

Dan ketika sudah ada hambatan, tentu membuat khawatir atau bahkan bisa membuat kapok pada konsumen ketika memakai jasa ekspedisi tersebut. Bahkan kadang kita tidak di hubungi oleh kurir, dan ketika barang tidak sampai maka beralasan bawah itu diluar tanggung jawab.

 Itu merupakan salah satu hal yang tidak di lakukan oleh J&T Express ini. Walaupun sudah sangat banyak jasa ekspedisi yang berdiri di zaman sekarang ini, tapi tidak  menggeser posisi J&T Express sebagai jasa yang disukai dan paling banyak digunakan pada kalangan jasa pengiriman barang #LogistikdiEraIndustrir4.0.

J&T Express juga memiliki pembedaan di banding jasa ekspedisi barang lainya yang jauh lebih dulu berdiri pada #LogistikdiEraIndustri4.0, salah satunya sang pengirim barang disebut nya sprinter bukan kurir atau semacamnya. Jika barang sudah dalam perjalan bersama pengantar maka nama (sprinter) itu akan tertera dalam hasil cek resi.

Harapan untuk J&T Express

Jasa ekspedisi ini tentu masih terbilang sangat baru, akan tetapi tidak membuatnya hilang dari pasar Indonesia. Baiknya bahkan selalu progress setiap tahunnya, sehingga meningkatkan pelayanan agar lebih baik dan lebih eksis lagi.

 Keunikan dan perbedaan lainnya yang dimilik J&T Express ini jelas menjadi salah satu hal yang terbilang khusus dan memiliki ciri khas tersendiri #ExpressYourOnlineBusiness. Walaupun berdiri di antara ketatnya persaingan #LogistikdiEraIindustri4.0 akan tetapi pelayanan dan sistem yang disediakan mudah di pahami orang yang awam akan teknologi sekalipun.

 Maka dari itu akan lebih baik lagi, jika J&T Express ini lebih memperluas jaringan nya di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Tetap mempertahankan sistem kerja yang di terapkan yang lebih mengedepankan kenyamanan dan kepercayaan konsumen #ExpressYourOnlineBussines.

Karena dengan  meperluas jaringan, maka dapat membuka agen-agen yang baru. Ketika itu pula lapangan kerja tercipta, sehingga kita dapat membantu perekonomian antara satu sama lain. Dan bisa membahagiakan satu sama lain tanpa harus mengluarkan biaya yang besar untuk menyenangkan orang lain.

 Mencari brand ambassador tambahan yang memiliki panggung seperti Dedy Cobuzer agar selalu di ingat oleh masyarakat, terutama masyarakat awam. Bisa lebih di tingkatkan lagi dalam layanan via smartphone agar slogan #ExpressYourOnlineBusiness benar-benar terealisasikan dengan tuntas, sehingga bisa lebih meringankan para pengguna jasa ini.

Bisa lebih meningkatkan kualitas, dan memberdayakan kecanggihan teknologi zaman sekarang sebaik mungkin agar dapat berguna untuk semua kalangan. Unik itu bukan berarti sebuah kelainan, tapi bisa menjadi suatu keunggulan untuk menerjang besarnya ombak persaingan dalam pasar bisnis #LogistikdiEraIndustri4.0 ini.

 Fitur yang disediakan pun bisa semakin modern, iklan yang di tampilkan bisa lebih kreatif dari sebelumnya agar bisa menjadi tanda pengenal yang mudah bagi J&T Express yang berdiri pada #LogistikdiEraIndustri4.0 untuk terus berkembang dan merambah ke daerah-daerah kecil sekalipun. Tetap jaya dan berkembang karena jasamu menebarkan kebaikan dan bahagia. Karena J&T selalu #ExpressYourOnlineBusiness

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun