Mohon tunggu...
Nuel Ginting
Nuel Ginting Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyukai Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Metode STAR

21 Januari 2023   12:10 Diperbarui: 24 Januari 2023   08:27 540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LK 3.1 Best Practice.                   

 Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode  Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

 Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

 

Lokasi

SMK SWASTA KARYA UTAMA KOTA TANJUNG BALAI- Provinsi Sumatera Utara.

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK  

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan literasi Peserta didik.

Penulis

IMMANUEL GINTING,SP

Tanggal

14 Desember 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar  Belakang  Masalah yang    menjadi kondisi dilakukannya praktik baik pembelajaran ini adalah :

 1. Pembelajaran di dalam kelas yang masih             Monoton

 2. Guru belum merancang pembelajaran yang       aktif  dan menyenangkan.

 3. Peserta didik tidak terbiasa melakukan                kegiatan  membaca baik di lingkungan                  sekolah maupun dirumah.

 4. Kurangnya   fasilitas        yang                                    menunjang   pembelajaran di sekolah.

 Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis menentukan solusi yang relevan untuk dilaksanakan yaitu Menggunakan model pembelajaran yang menarik Model Problem Based Learning (PBL) melalui media pembelajaran inovatif ( PPT, Video,Modul ajar dan LKPD ).

Praktik Baik Pembelajaran ini penulis merasa penting untuk dibagikan karena hal tersebut juga sering dialami oleh rekan guru yang lain. Karena modal utama seorang peserta didik untuk belajar adalah motivasi belajar yang tumbuh dari diri peserta didik itu sendiri. Berdasarkan hasil kajian literatur, wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah dan pakar maka akar penyebab masalah yaitu Guru belum merancang pembelajaran yang aktif dan  menyenangkan.

Sehingga praktik baik yang penulis sudah laksanakan selain meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan kualitas pembelajaran, penulis berharap dapat menjadi referensi bagi rekan sejawat yang memiliki permasalahan yang sama dalam pembelajaran.

Peran dan Tanggung jawab dalam praktik baik.

Dalam  pelaksanaan  praktik  baik  ini,  tentu  penulis melibatkan beberapa rekan sejawat serta tokoh-tokoh dalam          pendidikan ,    terutama   keluarga SMK SWASTA KARYA UTAMA Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara di mana penulis melaksanakan praktik baik ini.

Penulis dalam hal ini seorang guru memegang peran penting yaitu sebagai pelaksana praktik baik pembelajaran sesuai dengan perencanaan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media pembelajaran audio- visual dengan mengintegrasikan pendekatan TPACK sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan mengatasi akar permasalahan yang terjadi.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan yang dihadapi penulis saat pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu:

 1. Pemilihan media ajar yang tidak tepat

 2. Kurangnya pemanfaatan TPACK di kelas

 3. Model pembelajaran yang belum relevan             dengan kebutuhan siswa

 4.Pengelolaan kelas yang tidak tepat

Tantangan itu yang menyebabkan seorang guru  harus melewatinya dengan berbagai cara seperti  menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan  media konkret, serta model pembelajaran yang  mendukung. Dalam hal ini penulis menerapkan Model  Pembelajaran Problem Based Lerning  ( PBL).

Praktik baik pembelajaran ini penulis melibatkan beberapa rekan sejawat dan tokoh pendidikan, dari mulai menganalisis penyebab masalah, penulis mewawancarai :

Rekan Sejawat  Ibu Idawati Simbolon S.Pd, Bapak S.Pandiangan, SE.

Kepala Sekolah Bapak Bentho Herry Darwis Purba, SP.d

Pakar pendidikan yaitu Bapak Hendra Kusuma ST,Gr, Ibu Meilani S.Pd,Gr Kemudian  pada pelaksanaan     praktik   baik    pembelajaran,penulis melibatkan rekan sejawat sebagai observer yaitu Ahmad Fadli Nasution dan  ibu Selli Afrilla SIMGG, ST. membantu editing dalam pembuatan video.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapitantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan                untuk melaksanakan strategi ini.

Beberapa langkah yang dilakukan penulis untuk menghadapi tantangan tersebut diantaranya:

1. Menyusun Rencana Pelaksanaan                             Pembelajaran              (RPP) yang sistematis         lengkap dengan estimasi  waktu                               pelaksanaan sintaks.

2.Menyusun instrumen penilaian dan LKPD          yang  berbasis HOTS.

3. Menyusun bahan ajar

4. Sarana dan Prasarana.

5. Melaksanakan kegiatan pembelajaran                  menggunakan    model  pembelajaran                   Problem   Based Learning dengan metode           diskusi berbantuan     media inovatif (PPT,         video dan gambar ), dengan  sintaks                       sebagai berikut:

     a. Orientasi peserta didik pada masalah.

         Penyajian informasi dari guru berupa                    penayangan gambar dan video dan                        mengajak   peserta didik untuk                                  menganalisis setiap tampilan dengan                    tanya jawab, pemberian komentar dan                  tanggapan agar peserta didik                                     lebih  aktif.

         

                   b. Mengorganisasikan peserta didik                           untuk belajar.

               Pembentukan kelompok belajar                                beranggotakan 4 anak sehingga kelas                    terbentuk menjadi 4 kelompok belajar                  kemudian diberikan LKPD dan                                  menganalisis      peluang usaha                                 produk barang/ jasa yang ada                                   dilingkungan sekitar maupun melalui                   peluang  usaha yang ada di internet                        secara kooperatif  dengan anggota                         kelompoknya.

membagi-lkpd-63cb536c4addee4edd543372.jpeg
membagi-lkpd-63cb536c4addee4edd543372.jpeg

  

        c. Membimbing penyelidikan secara                         individu dan kelompok.

            Guru membimbing siswa berdiskusi                       untuk   mencari informasi melalui                           sumber belajar dan memberikan solusi                 pada kelompok yang mengalami                             kesulitan.

membimbing-siswa-63cb53ff08a8b5569e5933e2.jpeg
membimbing-siswa-63cb53ff08a8b5569e5933e2.jpeg

  

      d. Mengembangkan dan menyajikan hasil             karya.

          Peserta didik berdiskusi menyusun                         laporan hasil  diskusi dan membagi                       tugas presentasi kelompok.

diskusi-dalam-kelompok-63cb557b2d107e48445c2462.jpeg
diskusi-dalam-kelompok-63cb557b2d107e48445c2462.jpeg

  

      e. Menganalisis dan mengevaluasi proses              dan pemecahan masalah.

           Peserta didik meyajikan hasil diskusi                    dalam  bentuk laporan serta                                      mempresentasikannya  sebagai bentuk                partisipasi dalam pembelajaran.    Guru               melakukan observasi dan  evaluasi                          peserta didik sebagai bentuk  penilaian.

presentasi-63cb568f2d107e69cf452dd4.jpeg
presentasi-63cb568f2d107e69cf452dd4.jpeg

  

Strategi yang digunakan:

Guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif Problem Based Learning dengan strategi penayangan video Peluang Usaha Tanaman Hias sehingga dapat menarik minat peserta didik untuk belajar.

 

Subyek yang terlibat pada aksi:

Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Peserta didik kelas XI SMK Swasta Karya Utama Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara.

Sumber daya atau materi yang digunakan:

Laptop, LCD proyektor, jaringan internet, powerpoint berisi bahan materi, gambar dan video tentang sub materi  Peluang Usaha .

Refleksi hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah  hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon

orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang            menjadi           faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan            dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

1. Dampak dari praktik baik

a. Dampak dari penerapan media berbasis TPACK, media pembelajaran yang ditampilkan pada video pembelajaran, serta evaluasi menggunakan LKPD yang menarik membuat peserta  didik     aktif     dan antusias     dalam pembelajaran dibandingkan dengan peserta didik yang hanya menyimak buku dan mendengarkan ceramah dari guru.

b. Dampak dari penerapan model PBL dengan media PPT dan evaluasi dengan LKPD yang menarik, peserta didik tidak cepat bosan dan lebih termotivasi dalam pembelajaran karena setiap kelompok berdiskusi aktif mengerjakan LKPD di banding dengan metode konvensional yang berupa ceramah.

2. Faktor keberhasilan dalam praktik baik ini didukung dengan pemahaman guru tentang model pembelajaran, pengelolaan kelas yang baik, pemanfaatan teknologi penunjang pembelajaran serta kreatifitas guru dalam berinovasi.

3. Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut yaitu penulis/guru harus memiliki kreatifitas dan berinovasi dalam pembelajaran, baik merancang pembelajaran maupun pemanfaatan tekologi sebagai media penunjang pembelajaran, pemahaman guru mengenai model pembelajaran, serta pengelolaan kelas yang baik memegang peran penting dalam keberhasilan pembelajaran. Model pembelajaran Problem based learning yang digunakan penulis memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman yang nyata saat proses pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat menemukan, mengkonstruksi,  dan mengembangkan wawasan serta keterampilannya dalam berbagai aspek perkembangan secara  mandiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun