Mohon tunggu...
NOVIYANTI PRIHATIN 121211083
NOVIYANTI PRIHATIN 121211083 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kampus Universitas Dian Nusantara

Mahasiswa Kampus Universitas Dian Nusantara Program Studi Akuntansi Mata Kuliah Akuntansi Forensik Dosen Pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendekatan 5W dan 1H untuk Memory-Enchancing Techniques for Investigative Interviewing: The Cognitive Interview Fishe, Geiselman (1992)

2 Juli 2024   23:26 Diperbarui: 2 Juli 2024   23:46 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : mediaindonesia.com

MENINGKATKAN MEMORI SAKSI DENGAN PENDEKATAN 5W1H: SEBUAH  TEKNIK WAWANCARA KOGNITIF

Salah satu prinsip utama sistem hukum adalah melakukan wawancara investigasi menyeluruh. Hasil dari proses hukum dapat sangat dipengaruhi oleh validitas dan reliabilitas keterangan saksi. Wawancara Kognitif (Cognitive Investigation), yang diciptakan oleh Fisher dan Geiselman pada tahun 1992, adalah salah satu teknik yang telah menunjukkan potensi dalam meningkatkan kualitas ingatan saksi. Dengan menggunakan konsep psikologi kognitif, metode ini meningkatkan kemampuan saksi dalam mengingat kembali ingatan. Untuk meningkatkan daya ingat selama wawancara investigatif, makalah ini mengkaji integrasi pendekatan 5W1H---Siapa, Apa, Di Mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana - dengan Wawancara Kognitif.

Tiga tujuan utama dari penelitian investigasi, yang merupakan jenis penelitian deskriptif, adalah mengkarakterisasi kondisi alamiah saat ini, mendeteksi dan membandingkan kondisi saat ini secara statistik, dan menetapkan korelasi antara kejadian-kejadian tertentu. Menurut Sukardi (2004), pendekatan penelitian ini dianggap paling berhasil dalam memperoleh dan mengumpulkan data yang unik dan mewakili masyarakat.

Namun, melakukan penelitian investigasi setidaknya membutuhkan tiga hal: tujuan yang spesifik, populasi yang relevan untuk ditargetkan, dan sumber daya yang memadai. Secara umum, syarat yang paling sulit dipenuhi adalah keuangan. Menurut Isaac dan Michael (1983), ada empat persyaratan yang harus dipenuhi untuk penelitian investigasi: strategi studi yang sistematis, populasi yang representatif, data yang dapat diperiksa secara objektif dan eksplisit, dan data yang dapat dideskripsikan secara kuantitatif. Dengan menjamin bahwa data yang dikumpulkan tepat, tidak memihak, dan dapat dipercaya, persyaratan ini memvalidasi validitas dan ketergantungan penelitian.

Untuk meningkatkan akurasi penelitian, terutama dalam analisis dan penilaian kebijakan, sangat penting untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas penelitian. Sering kali, penelitian dilakukan tanpa memperhitungkan faktor validitas, seperti proporsi responden yang dapat memahami dengan benar topik yang diteliti, yang menghasilkan kualitas data yang meragukan atau kurang valid.

Kuesioner biasanya digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian investigasi. Namun demikian, ada beberapa kelemahan dalam menggunakan kuesioner, termasuk responden memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, menjawab dengan cara yang secara sosial dapat diterima, atau menjawab berdasarkan apa yang mereka yakini daripada apa yang sebenarnya. Pertanyaan yang membingungkan sering kali menyebabkan jawaban yang salah atau parsial, sehingga membuat instrumen menjadi tidak valid.

Banyak pelaku wawancara yang mengeluhkan penggunaan kosakata yang tidak jelas, tidak tepat, atau tidak biasa dalam pertanyaan, yang menyebabkan salah tafsir dan jawaban yang tidak akurat. Untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas data, wawancara dan observasi sering kali ditambahkan ke dalam kuesioner. Tujuan dari kombinasi ini adalah untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang hasil penelitian.

Pendekatan wawancara kognitif merupakan salah satu cara yang telah terbukti meningkatkan kualitas investigasi dengan meningkatkan validitas dan reliabilitas pengukuran serta menurunkan bias dan kesalahan. Validitas dan reliabilitas penelitian pendidikan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode ini, yang secara efisien memeriksa dan memperbaiki item-item kuesioner. Kesulitan dalam merencanakan penelitian yang luas untuk mencakup sudut pandang substantif dan isu-isu kebijakan pendidikan-keduanya dapat dicapai dengan metode ini-ditunjukkan oleh metode wawancara kognitif.

Wawancara Kognitif: Sebuah Gambaran Umum

Salah satu teknik yang memungkinkan untuk menganalisis setiap pertanyaan dengan sangat rinci adalah wawancara kognitif. Wawancara ini menguji kebenaran jawaban-jawaban ekspresif yang berasal dari proses mental para partisipan. Teori-teori kognitif yang dikembangkan oleh Herbert Simon dan rekan-rekannya merupakan dasar dari teknik wawancara ini (Ericsson & Simon, 1980).

Sebuah teknik khusus yang baik untuk mencegah bias yang dapat membahayakan validitas investigasi adalah metode wawancara kognitif. Sumber utama dari bias validitas adalah fenomena rumit yang kini dipelajari oleh para akademisi dalam instrumen penelitian, seperti responden yang memberikan jawaban yang dapat diterima secara sosial atau secara tidak sengaja memberikan jawaban yang menipu karena mereka tidak memahami pertanyaannya. Wawancara kognitif membantu mengurangi kemungkinan prasangka ini. Wawancara kognitif menjelaskan motivasi responden dan menyoroti pertanyaan-pertanyaan penelitian yang mengabaikan konsep-konsep penting atau memberikan perspektif yang salah mengenai masalah yang sedang dibahas.

Tujuan dari wawancara kognitif adalah untuk mengurangi kemungkinan ingatan yang salah sekaligus meningkatkan ingatan akan ingatan yang sebenarnya. Ini memiliki beberapa langkah, yang semuanya dimaksudkan untuk meningkatkan cara pengambilan data yang disimpan. Tiga strategi utama---pengembalian konteks, penarikan kembali yang terdiversifikasi, dan pengambilan yang ditargetkan---sejalan dengan teori psikologi kognitif.

Mengembalikan konteks fisik dan emosional dari peristiwa yang dilihat secara mental dikenal sebagai restorasi konteks. Pewawancara dapat memperoleh ingatan terkait dari saksi yang mungkin tidak dapat mereka akses dengan meminta mereka mengingat secara spesifik tentang lingkungan dan perasaan mereka. Berikutnya adalah varied recall. Metode ini mengajak saksi untuk mengingat kembali kejadian tersebut dengan cara yang berbeda atau dari sudut yang berbeda. Menceritakan kembali suatu peristiwa, misalnya, dapat membantu untuk mengingat elemen-elemen yang mungkin lewatkan saat menceritakannya ke depan. Terakhir, pengambilan terfokus. Dalam teknik ini, perhatian saksi diarahkan pada fakta atau aspek tertentu dari kejadian tersebut. Saksi dapat fokus pada pemulihan rincian tertentu dengan membatasi ruang lingkup penarikan kembali.

Selain itu, peneliti dapat memastikan apakah ada beberapa atau interpretasi yang rumit terhadap ide-ide dasar dan kerangka konseptual penelitian dengan memberikan kesempatan kepada responden untuk menjelaskan bagaimana mereka memahami pertanyaan-pertanyaan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan harus segera diperbarui jika ditemukan masalah seperti itu. Wawancara kognitif dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesalahpahaman yang mengakibatkan respon yang tidak akurat. Dengan melihat pengalaman responden, wawancara kognitif sangat membantu untuk menilai validitas dan reliabilitas penelitian. Empat tahap pemrosesan respons menjadi landasan teoritis dari wawancara kognitif (Tourangeau, 1984).

Sesuai dengan paradigma ini, proses kognitif responden dibagi menjadi empat tahap: memahami pertanyaan, mencari informasi terkait, membentuk kesimpulan berdasarkan pengetahuan tersebut, dan memetakan respons mereka menggunakan sistem pelaporan. Sangatlah mungkin untuk mengubah pertanyaan wawancara menjadi format terbaik untuk studi dengan menganalisis fakta secara cermat.

Salah satu aspek terpenting dalam wawancara kognitif adalah teknik "think-aloud", di mana orang yang diwawancarai menggunakan proses otak mereka sendiri untuk menghasilkan jawaban. Responden diperbolehkan mengomentari kebenaran, ambiguitas, kejelasan, dan kesenjangan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Setelah menyelesaikan satu pertanyaan, responden diberikan pertanyaan tambahan yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa baik mereka memahami pertanyaan asli dari pewawancara. Beberapa contoh wawancara kognitif ditunjukkan di bawah ini:

Contoh 1: Siswa berpartisipasi dalam wawancara kognitif dengan seorang peneliti yang sedang meneliti keampuhan strategi pengajaran baru. Siswa diundang untuk berpikir dengan lantang saat menjawab pertanyaan mengenai pengalaman mereka dengan metodologi pengajaran selama wawancara. Hal ini membantu peneliti untuk menemukan pertanyaan yang kurang jelas dan memahami proses mental siswa.

Contoh 2: Teknik wawancara kognitif digunakan untuk mengevaluasi pemahaman pasien tentang instruksi resep selama wawancara pasien dalam studi kesehatan. Ketika mereka memahami instruksi, pasien mengekspresikan ide-ide mereka secara verbal, yang membantu peneliti mengidentifikasi kesalahpahaman dan membuat instruksi menjadi lebih jelas.

Contoh 3: Untuk meningkatkan kuesioner tentang perilaku pelanggan, pengembang survei menggunakan wawancara kognitif. Responden diminta untuk memberikan lebih banyak rincian dan justifikasi atas jawaban mereka. Prosedur ini membantu pengembang dalam menemukan dan mengklarifikasi pertanyaan yang tidak jelas atau menipu.

Peneliti dapat meningkatkan ketepatan dan ketergantungan studi mereka dengan menggunakan wawancara kognitif untuk memastikan bahwa tanggapan responden secara akurat mencerminkan pengetahuan dan pengalaman mereka.

Pendekatan Wawancara Kognitif 5W1H

sumber gambar : olah penulis
sumber gambar : olah penulis

Metode yang efektif untuk mengatur wawancara investigatif adalah strategi 5W1H. Ini menawarkan kerangka menyeluruh untuk memeriksa semua aspek dari suatu insiden, memastikan bahwa tidak ada elemen penting yang terlewatkan. Mengingat dapat menjadi lebih sukses dengan menggabungkan strategi ini dengan Wawancara Kognitif.

  • Siapa: Pada awal investigasi apa pun, menentukan siapa yang terlibat sangatlah penting. Pewawancara mungkin mengajukan pertanyaan seperti "Siapa lagi yang Anda temui?" atau "Siapa yang hadir di tempat kejadian?" selama wawancara kognitif. Ini membantu menciptakan gambaran akurat tentang setiap orang yang terlibat dalam acara tersebut.
  • Apa: Ini menyangkut kegiatan dan peristiwa yang terjadi. Pertanyaan seperti "Apa yang terjadi selanjutnya?" atau "Apa yang kamu lihat?" membantu saksi berkonsentrasi pada alur peristiwa dan memungkinkan mengingatnya secara menyeluruh.
  • Dimana: Lokasi kejadian dapat memberikan informasi latar belakang yang penting. Mengajukan pertanyaan seperti "Di mana kejadian tersebut berlangsung?" atau "Di mana kamu berdiri?" memfasilitasi pengambilan memori dengan membantu menciptakan kembali lingkungan fisik peristiwa tersebut.
  • Kapan: Informasi tentang waktu seringkali penting. Pertanyaan pewawancara seperti "Kapan hal itu terjadi?" dan "Kapan Anda menyadari sesuatu yang tidak biasa?" dapat membantu saksi dalam menempatkan ingatannya ke dalam konteks kronologis.
  • Mengapa: Memperoleh pemahaman tentang motivasi yang mendasari tindakan mungkin dapat mengungkapkan maksud dan tujuan. "Menurutmu mengapa ini terjadi?" dan "Mengapa kamu pergi ke tempat itu?" adalah contoh pertanyaan yang mendorong saksi untuk mempertimbangkan unsur-unsur yang menyebabkan kejadian tersebut dan mungkin memunculkan lebih banyak kenangan.
  • Bagaimana: Prosedur dan informasi metodologis dapat diungkapkan melalui cara terjadinya sesuatu. Pertanyaan seperti "Bagaimana kejadiannya?" atau "Bagaimana tanggapan Anda?" memperoleh deskripsi rinci dari saksi, sering kali mengungkapkan detail-detail kecil

Konteks Khusus Prosedur: Metode Integrasi Prosedural

Metode yang digunakan dalam Wawancara Kognitif melengkapi pendekatan 5W1H dalam konteks keadilan prosedural, menjamin konsistensi dan ketergantungan dalam ingatan. Beberapa langkah penting yang terlibat dalam integrasi prosedural:

  • Persiapan pewawancara meliputi peninjauan rincian kasus dan pemanfaatan teknik 5W1H untuk merencanakan kerangka wawancara. Dengan mempersiapkan sebelumnya, pewawancara dapat memastikan bahwa mereka siap untuk membimbing saksi melalui recall peristiwa.
  • Membangun hubungan baik: Suasana santai dan dapat dipercaya harus diciptakan dengan menjalin hubungan baik dengan saksi. Hal ini mengurangi kegugupan saksi dan meningkatkan kesediaan mereka untuk mengingat rincian spesifik.
  • Mengembalikan konteks: Pewawancara memulai dengan meminta saksi merekonstruksi secara mental konteks peristiwa, dengan menekankan pada aspek emosional dan sensorik. Tindakan ini sesuai dengan komponen 'Di Mana' dan 'Kapan' dalam metodologi 5W1H.
  • Pertanyaan terbuka: Dengan mengajukan pertanyaan terbuka yang sesuai dengan komponen "Apa" dan "Bagaimana", Anda dapat mendorong saksi untuk menceritakan apa yang terjadi. Akun pertama ini memberikan ringkasan umum dan menyoroti informasi penting untuk penyelidikan lebih lanjut.
  • Teknik pengungkapan fakta: Mengungkap lebih banyak fakta akan bermanfaat jika pewawancara mendorong saksi untuk mengingat kejadian tersebut dalam urutan yang berbeda atau dari sudut pandang yang berbeda. Metode ini sejalan dengan strategi recall yang digunakan dalam wawancara kognitif.
  • Pernyataan penutup dibuat oleh pewawancara, yang juga menanyakan saksi apakah mereka mempunyai informasi lebih lanjut untuk diberikan. Hal ini memberikan saksi kepastian dan jaminan bahwa semua data terkait telah dicatat.
  • Revisi: Evaluasi ahli, pengujian ulang, dan penyesuaian akhir merupakan langkah-langkah dalam proses revisi item survei. Setelah tahap wawancara kognitif pertama, setiap pertanyaan survei diperiksa secara rinci, bersama dengan analisis transkrip dari proses kognitif responden dan mencermati setiap masalah yang muncul selama wawancara yang relevan dengan pertanyaan. Pewawancara dan tim pengembang survei kemudian menyarankan perubahan berdasarkan analisis data dari wawancara kognitif. Responden juga memberikan masukan secara bersamaan, yang akan dipertimbangkan pada tahap terakhir peninjauan.

Kesimpulan 

Ketika digunakan bersama dengan metode 5W1H, Wawancara Kognitif memberikan landasan yang kuat untuk meningkatkan ingatan saksi selama wawancara investigasi. Melalui penerapan konsep psikologi kognitif dan strategi 5W1H yang menyeluruh, peneliti dapat memperoleh kesaksian yang lebih tepat dan menyeluruh. Efektivitas dan keadilan sistem hukum secara keseluruhan ditingkatkan melalui integrasi ini, yang juga meningkatkan kualitas pernyataan saksi. Metode-metode ini dapat diperbaiki seiring kemajuan penelitian untuk meningkatkan penggunaannya dalam berbagai jenis situasi investigasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun