Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era (4.0) kini semakin beragam baik bentuk maupun fungsinya. Ciri khasnya adalah munculnya berbagai teknologi informasi dan komunikasi baru di pasaran. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi pengguna berupa kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Teknologi komunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat di masyarakat. Saat ini, teknologi media semakin maju dalam kehidupan sosial masyarakat, seperti penyebaran Internet dan telepon seluler, dan perkembangan teknologi ini seharusnya membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah dalam banyak hal. Salah satu yang paling populer adalah YouTube.  Ketertarikan masyarakat terhadap kemudahan akses melalui perangkat teknologi smartphone telah menggeser media televisi, terbukti dengan maraknya pengguna internet di Indonesia dan munculnya SmartTV. Dan semakin banyak pemain di industri TV memasuki platform internet YouTube. Dengan munculnya teknologi SmartTV, ini berarti TV menawarkan layanan untuk memutar platform internet Youtube. Pelaku industri TV sedang mengembangkan area untuk menjangkau audiens mereka di media sosial YouTube. Karena masyarakat saat ini sangat membutuhkan fleksibilitas waktu dan hiburan yang dapat dinikmati dengan nyaman.
     Di antara tv dan YouTube, keduanya mempunyai peminatnya masing-masing. Untuk remaja, mungkin sebagian besar dari mereka akan lebih memilih Youtube dibandingkan televisi. TV banyak diminati oleh orang dewasa yang belum sepenuhnya paham akan adanya YouTube maupun situs serupa. Anak muda cenderung melakukan hal-hal yang baru, lebih lagi terkait perkembangan teknologi masa kini. YouTube mengumumkan bahwa pengguna di seluruh dunia menghabiskan 1 miliar jam menonton video setiap hari. Meskipun masih jauh dari 1,25 miliar jam TV yang ditonton di Amerika Serikat, penayangan YouTube meningkat sepuluh kali lipat pada periode yang sama tahun 2012 dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya, menurut data Nielsen. YouTube terus berkembang, dan TV melakukan sebaliknya. Tidak dapat disangkal bahwa suatu hari YouTube akan menyalip TV sebagai pilihan utama untuk melihat konten video.  Yang menarik dari tren ini adalah bagaimana (YouTube) menciptakan peluang untuk gaya konten baru dan menyediakan outlet kreatif untuk semua orang," kata Neistat. Jadi perannya sebagai faktor penentu tidak relevan, bukan industri televisi itu sendiri. Lalu lintas satu arah di masyarakat.  Mirip dengan YouTube, pengguna dapat bergiliran bertukar informasi dengan media yang sama. Anda bahkan dapat membentuk forum. Saya suka fitur komentar yang memungkinkan Anda mengirim komentar langsung ke YouTube saat video diputar.  Selain itu, YouTube tidak hanya menawarkan pengguna kesempatan untuk menonton video orang lain, tetapi juga mengunggah video mereka sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah alamat email dan akun YouTube untuk mengunggah konten kreatif apa pun.  Tidak seperti YouTube, TV menyiarkan program melalui saluran TV tertentu. Oleh karena itu, sebagai penggemar TV, Anda tidak bisa begitu saja menyiarkan video yang Anda inginkan di TV Anda. Â
     Dunia industri pertelevisian sepertinya sudah mulai merambah media internet, dan banyaknya stasiun TV yang membuka channel di Youtube menunjukkan adanya pergeseran media untuk mendapatkan penonton. Inilah sebabnya mengapa minat publik terhadap kenyamanan Internet dalam mengakses informasi telah ditutup dari media televisi. Di masa lalu, orang-orang menunggu acara setelah waktu tayang yang ditentukan, dan industri TV jarang melihatnya lagi. Namun, hal ini tidak berlaku untuk media internet Youtube. Jika pemirsa ingin menontonnya kembali pada saat waktu tayang, atau jika tidak sempat menontonnya, dengan mengakses Youtube, pemirsa dapat menonton sesuai dengan preferensi dan waktu luangnya. Evolusi teknologi perangkat, seperti TV masa kini, menuju SmartTV juga menandai pergeseran minat pemirsa TV massal. Karena SmartTV menyediakan layanan yang memungkinkan Anda untuk mengakses Internet melalui TV Anda. Aplikasi yang biasa diakses oleh masyarakat atau pemirsa adalah media Youtube, dan Youtube juga dapat diakses melalui SmartTV. Karena kebutuhan akan mobilitas yang tinggi dan kebutuhan akan hiburan masyarakat, para pelaku industri pertelevisian mengunggah produknya ke media internet seperti YouTube agar pemirsa dapat menikmati layanannya dan memperoleh penghasilan dari layanan periklanan YouTube. Menurut temuan APJII, pengguna internet akan tumbuh pesat pada 2020, dengan perkiraan 196,7 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Potensi pengguna internet aktif ini juga menjadi alasan para pelaku industri TV beralih ke media internet untuk menarik penontonnya. Saat ini, media internet harus mampu merespon dengan cepat kebutuhan masyarakat, dan perkembangan konten terus meningkat. Kemajuan teknologi tersebut telah meningkatkan keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan terus menerus, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Media penyiaran televisi juga harus mengikuti perkembangan teknologi, beradaptasi dengan kondisi sosial, dan membuat konten dapat diakses untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Â
      Youtube adalah sebuah platform media sosial yang menyimpan dan mendistribusikan postingan dalam bentuk video yang dapat diakses di mana saja di jaringan internet. Seluruh orang bisa mengunggah video kedalam platform Youtube dengan syarat mempunyai akun google dan digunakan sebagai akun Youtube, Youtube saat ini adalah Aplikasi dibawah layanan Google.  Upload gratis, dan Anda juga bisa dibayar (monetisasi) oleh layanan Google Adsense dengan mengizinkan iklan diputar di video yang Anda unggah, tetapi pada tahun 2019, semua video yang diputar di media Youtube akan ditambahkan iklan otomatis. video gratis di YouTube, pemirsa harus berlangganan layanan bebas iklan di platform ini. Youtube memiliki kelebihan karna dapat diakses dimana saja asal memiliki jaringan internet, dan juga konten di Youtube dapat diputar berulang- ulang dan dapat juga dijeda dan di lanjutkan (pause and play). Hasil dari tingkat kepuasan tentang konten dan keberadaan Youtube serta Televisi masuk Youtube, Youtube banyak digunakan dalam rentang waktu yang lama untuk berbagai hal dalam pencarian informasi dan hiburan. Dan untuk konten televisi masuk Youtube juga direspon dengan baik oleh masyarakat, karena dengan masuknya televisi ke Youtube mempermudah mereka dalam mengatur jadwal tonton mereka, karna konten yang ditayangkan di tv juga bisa diakses di dalam Youtube dan dapat diputar berulang-ulang.
      Secara keseluruhan, tidak dapat dikatakan bahwa TV akan digantikan oleh platform Youtube, tetapi masuknya materi dan konten TV di Youtube setidaknya berarti industri TV telah mulai mencari pangsa pemirsa di media lain.  Perkembangan teknologi telah mengubah pola hidup manusia. Sekarang sudah menjadi kebutuhan utama di media sosial. Sumber informasi yang hanya mengandalkan media arus utama saja tidak cukup lagi, dan media sosial dengan menggunakan internet kini juga digunakan sebagai sumber informasi.  Dalam kesederhanaan akses konten dan penetrasi smartphone. Hal ini membuat orang lebih cenderung menggunakan smartphone mereka untuk mencari informasi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan penggunaan media sosial sebagai persentase pengguna smartphone.  Dengan jumlah pengguna yang besar dan YouTube #1, ia memiliki potensi untuk ditonton. Untuk alasan ini, TV juga menawarkan layanan dan konten di saluran Youtube-nya. Pengguna media sosial YouTube menghabiskan 25,9 jam di media sosial YouTube per bulan per pengguna. Pergeseran televisi ke YouTube telah membuat industri televisi lebih luas, lebih akurat dan fleksibel dalam cakupan siarannya dan kemanfaatan informasi yang disampaikan. Dengan memproduksi TV di bidang Youtube, kami juga meningkatkan kualitas informasi dan penayangan di Youtube. Pelaku industri kreatif juga menghadapi tantangan untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Â
      Pandemi COVID-19 juga berdampak pada masyarakat umum dan pengguna media sosial dalam mengakses media sosial. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah karena pertemuan sosial, penangguhan kegiatan belajar mengajar, dan pembatasan pekerjaan kantor. Dan itulah mengapa media sosial, terutama Youtube, meledak. Saya sering ke YouTube dan ketika saya melakukannya, sebagian besar waktu terbatas (PSBB) karena saya memiliki SmartTV dan selalu menyala.  Meskipun sebagian besar konten di YouTube diunggah oleh individu, perusahaan media dan organisasi lain mengunggah materi ke situs sebagai bagian dari Program Mitra YouTube. Media sosial YouTube populer di kalangan masyarakat untuk berbagi berbagai fasilitas. Cocok untuk menonton video dengan mudah dan mengunggah video ke YouTube.  Youtube sendiri memiliki banyak kelebihan seperti mencari film, melihat musik dan video terbaru. Selain itu, YouTube untuk merekam dan mengunggah dalam bentuk video, dan tidak ada batasan khusus untuk mengunggah secara bebas ke YouTube.  Kekuatan media baru adalah kemudahan akses ke teknologi komunikasi tertanam komputer dan kemudahan akses informasi dari Internet yang tersedia di mana saja tanpa komputer. . Perkembangan teknologi informasi dewasa ini menciptakan budaya populer di masyarakat global, tak terkecuali masyarakat Indonesia.  Sebagai media alternatif baru untuk hiburan publik, YouTube bisa menjadi begitu penting sehingga keberadaannya dapat digolongkan sebagai sumber pendapatan bagi sebagian orang. Â
     YouTube sebenarnya adalah media baru sebagai saluran informasi dari seluruh dunia dan telah terbukti tidak hanya menjadi media berita yang cukup efektif, tetapi juga sumber penghidupan bagi mereka yang menggunakan media ini sebagai ladang penghasil uang. .  Banyak Volgers membuat konten yang sangat menarik, sehingga orang-orang mengikuti gaya mereka dengan baik dan menyukai orang tersebut sampai mereka menonton video yang menarik. Penduduk pedesaan juga lebih tertarik dengan YouTube dibandingkan dengan media TV.  Ada banyak YouTuber terkenal di Indonesia seperti Atta Halilintar, Raditya Dika, Ria Ricis dan Deddy Corbuzier. Menjadi seorang YouTuber sangat menguntungkan dan bisa membuat seseorang populer dalam waktu singkat. Semua YouTuber berlomba-lomba membuat konten yang menarik, dan semakin bagus kontennya, semakin banyak penontonnya.  Pada awalnya, hanya sedikit orang yang menjadi YouTuber, tetapi sekarang banyak orang telah memutuskan bahwa YouTuber bisa mendapatkan gaji tinggi, dan banyak orang mencoba menjadi YouTuber. YouTuber adalah orang yang membuat konten yang muncul di YouTube. Karena skala fenomena ini, cita-cita baru telah muncul di dunia anak-anak. Jika anak-anak ditanya apakah mereka ingin tumbuh dewasa, yang merupakan jawaban dari pilot, dokter, guru, dan astronot, tidak sedikit anak-anak sekarang menjawab YouTuber. Â
     Fitur-fitur yang tersedia di Youtube juga sangat menarik. Ini memiliki satu fitur interaktif yang tidak dimiliki TV. Pemirsa dapat mengomentari acara dan pengunggah dapat membalas. Selain itu, Anda dapat menonton program YouTube kapan saja, di mana saja dengan komputer, smartphone, tablet, atau lingkungan internet. Baru-baru ini, YouTube meluncurkan fitur baru yang disebut Live Streaming. Anda hanya dapat menyiarkan langsung di ponsel cerdas Anda. Konten Youtube benar-benar gratis. Kebebasan ini bisa menjadi kekuatan sekaligus kelemahan. Kelebihannya adalah sebagai viewer kamu bisa melihat semua yang ada di Youtube dan sebagai content creator kamu bisa berkreasi tanpa batas tidak seperti kebanyakan TV Indonesia yang disensor. Kelemahannya adalah anak-anak terlalu bebas sebagai penonton untuk melihat hal-hal negatif seperti pornografi. Sebagai pembuat konten, ada pembuat konten yang tidak bertanggung jawab. B. Membuat konten yang dapat menghasilkan informasi palsu, pornografi, atau pelanggaran hak cipta.  Dilihat dari jumlah pemirsa dan pengguna YouTube yang sangat banyak, tidak perlu dikatakan lagi bahwa YouTube adalah bagian dari budaya Internet. Hiburan gratis untuk semua orang di Youtube memungkinkan kami menyajikan informasi dari perspektif yang lebih beragam dan interaktif. Terhubung ke Internet, Youtube memungkinkan pengguna untuk mencari video apa pun dan berinteraksi langsung dengan pengguna lain melalui bagian komentar yang disediakan, membuat komunikasi massa lebih interaktif dan menyenangkan daripada media massa tradisional. Umpan balik yang terjadi di media massa Youtube sebenarnya bukanlah kontak fisik secara langsung, melainkan memungkinkan komunikator berinteraksi langsung dengan komunikator (video uploader) dan berinteraksi dengan komunikator lain secara online melalui kolom komentar. Â
       Keberadaan situs Youtube membuat aktor-aktor yang berperan dalam komunikasi global, seperti penyiar, baik di surat kabar, radio, maupun televisi, seolah-olah berkurang perannya. Siapapun bisa menyebarkan berita di Youtube. Bahkan, ada beberapa berita yang hanya tersebar di YouTube karena orang bebas mengunggah videonya sendiri. Tujuan utama Youtube adalah menjadi tempat di mana siapa saja (terlepas dari tingkat keahliannya) dapat mengunggah dan berbagi pengalaman rekaman mereka.
Referensi :
Mulyadi, E. (2019). Industri Media Televisi Di Tengah Era Digitalisasi Dan Konvergensi Media Baru. Journal Visioner: Journal of Television, 32-44.
Hartanti, L. E. P. (2015). Kebijakan Media Televisi Di Era Media Baru. Jurnal Interact, 4(1), 37-46.
Hanana, A., Anindya, A., & Elian, N. (2020). Transformasi Media Youtube Dan Televisi (Analisis Fungsi Dan Konsumsi Media Youtube Dan Televisi Di Kota Padang). Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 4(2), 186-194.
Meifitri, M., & Susanto, E. (2020). Perubahan Dari Media Lama Ke Media Baru: Telaah Transformasi Platform Multimedia. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 9(1), 302-311.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H