Mohon tunggu...
Noviyanti Putri Lestari
Noviyanti Putri Lestari Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Saya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 bidang studi Pendidikan Matematika di Universitas Jember.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 4-Aksi Nyata-Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

6 Februari 2024   20:29 Diperbarui: 6 Februari 2024   20:40 712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SEL.11.2-T4-9 Aksi Nyata

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu bagaimana cara untuk menerapkan ZPD yang baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sementara kondisi peserta didik di kelas tentu tidak akan sama, setiap peserta didik pasti memiliki tingkat kemampuan dan latar belakang yang berbeda. 

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Yang saya pelajari dari konsep dalam topik ini adalah mengenai Zone of Proximal Development (ZPD) dalam pembelajaran. ZPD ini dapat digunakan untuk merangsang aktivitas siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas karena sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas. 

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi adalah kami berdiskusi dengan mengutarakan pandangan masing-masing mahasiswa mengenai ZPD dalam pembelajaran dan bagaimana kesiapannya mengajar dengan memperhatikan pembelajaran ZPD pada peserta didik. Dari diskusi tersebut kita harus menyimpulkan apa persamaan dan perbedaan dari pendapat dan pandangan dari seluruh anggota kelompok.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang dapat saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok adalah kita dapat saling menghargai adanya perbedaan pendapat dan pandangan yang ada mengenai pembelajaran pada ZPD yang dapat mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran pada peserta didik. 

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Sejauh ini yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah mengenai konsep ZPD yang bisa diterapkan oleh seorang guru dalam pembelajaran. Hal ini karena konsep ZPD memiliki peran penting dalam konteks pembelajaran. ZPD menekankan pentingnya peran guru untuk membimbing dan membantu peserta didik untuk mencapai potensi maksimal mereka. ZPD juga menekankan pentingnya kolaborasi dan interaksi sosial dalam proses pembelajaran. 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya pahami dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai yaitu mengenai ZPD dan Scaffolding. ZPD adalah kemampuan pemecahan masalah yang menitikberatkan pada interaksi sosial yang akan memudahkan perkembangan anak. Sedangkan Scaffolding pada konsep ZPD ini yaitu memberikan bantuan kepada peserta didik selama tahap-tahap awal pembelajaran, lalu kemudian sedikit demi sedikit mengurangi bantuan tersebut, sehingga kita dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengambil alih tanggung jawab setelah ia mampu mengerjakan sendiri. 

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah mengenai langkah-langkah penerapan konsep ZPD serta strategi dan metode apa saja yang bisa digunakan dalam menerapkan ZPD ini dalam proses pembelajaran. 

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Yang saya pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain adalah terdapat hubungan yang sangat erat antara konsep ZPD dengan mata kuliah lain. Dalam mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen, ZPD dapat mengukur potensi peserta didik baik interpersonal maupun komunikasi secara dua arah, ketika ZPD diterapkan dalam suatu pembelajaran, maka guru harus dapat menentukan asesmen yang digunakan untuk peserta didik baik secara diagnostik, formatif maupun sumatif. Pada mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, ZPD dapat menjadi sebuah petunjuk dan acuan untuk memetakan cara mengukur potensi peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga untuk kedepannya guru dapat meminimalisir kesalahan dalam implementasi strategi ataupun metode yang akan digunakan dalam pembelajaran serta dapat memudahkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya. ZPD pada Filosofi Pendidikan Indonesia mempunyai peran dalam menggiring peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Filosofi Pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara memberikan hak penuh kepada peserta didik dalam belajar secara merdeka, dengan adanya ZPD ini peserta didik dapat terfasilitasi dalam kebutuhan bimbingan belajarnya. Sedangkan dalam PPL 1 ini kita dapat menggunakan konsep ZPD dalam proses pembelajaran di kelas agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan potensi mereka sendiri, guru hanya membimbing dan menuntun peserta didik agar pembelajaran mereka menjadi lebih bermakna.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Manfaat pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD) untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu dapat membantu saya dalam mengukur kemajuan peserta didik secara lebih akurat dan mengidentifikasi area-area dimana siswa memerlukan bantuan tambahan. Hal ini memungkinkan bagi saya sebagai seorang guru untuk menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individual peserta didik sehingga dapat berpengaruh pada meningkatnya efektivitas pengajaran saya. Selain itu, memahami konsep dasar ZPD juga dapat membantu saya sebagai guru untuk mengembangkan keterampilan diferensiasi pengajaran, memungkinkan saya untuk menyajikan materi dengan cara yang sesuai dengan tingkat kesiapan dan minat peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran ZPD dapat meningkatkan kesiapan mengajar saya sebagai seorang guru dengan memberikan kerangka kerja yang kuat untuk mendukung perkembangan peserta didik secara efektif. 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Dalam skala 1-10, saya menilai kesiapan saya saat ini berada pada angka 7. Saya siap mengajar dengan konsep ZPD, tetapi saya belum sepenuhnya memahami strategi dan metode yang tepat untuk dapat saya gunakan dalam pembelajaran yang menerapkan konsep ZPD ini.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Untuk itu yang perlu saya siapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal adalah menambah atau memperdalam pengetahuan saya terkait pembelajaran dengan konsep ZPD yang juga melibatkan perspektif sosiokultural, sehingga nantinya saya dapat menerapkannya secara optimal ke dalam pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun