Mohon tunggu...
Noviyanti Putri Lestari
Noviyanti Putri Lestari Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Saya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 bidang studi Pendidikan Matematika di Universitas Jember.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SEL.11.2-T1-8 Aksi Nyata Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan Indonesia

2 Januari 2024   21:35 Diperbarui: 2 Januari 2024   21:40 531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama saya Noviyanti Putri Lestari, saya adalah mahasiswi PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 di LPTK Universitas Jember. Disini saya akan merefleksikan pembelajaran dalam mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan di Indonesia dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. 

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran, yang saya pikirkan tentang topik ini yaitu bagaimana cara kita mengimplementasikan perspektif sosio kultural ini dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta bagaimana perspektif sosio kultural ini dapat mengarahkan kegiatan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dari konsep yang saya pelajari dalam topik ini saya dapat mengetahui tentang pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam dunia pendidikan

3. Ruang Kolaborasi 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Yang dapat saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi yaitu beragamnya perbedaan latar belakang dari peserta didik, baik lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik. Seperti yang telah ditampilkan dalam beberapa video mengenai kegiatan pembelajaran dari beberapa daerah terpencil yang ada di Indonesia. Dari video tersebut kita mendapatkan pembelajaran mengenai pentingnya pemerataan kualitas pendidikan. Selain itu hal tersebut juga memberikan pemahaman kepada saya sebagai seorang pendidik untuk selalu memperhatikan latar belakang peserta didik kita, agar kita dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, juga dapat memudahkan kita untuk menentukan media pembelajaran dan bahan ajar yang akan kita gunakan.

 4. Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang dapat saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok adalah pentingnya saling menghargai perbedaan pendapat dan perbedaan latar belakang yang dimiliki rekan-rekan kelompok saya. Dengan adanya demonstrasi kontekstual yang dilakukan secara berkelompok ini dapat memberikan peluang bagi kami untuk lebih mengenal satu sama lain, saling bertukar pikiran dan menyelesaikan suatu permaslahan secara bersama-sama. Hal ini juga dapat menjadikan diri saya sebagai pribadi yang tidak egois, melainkan belajar untuk mendengarkan dan menerima pendapat lain dari rekan-rekan.

5. Elaborasi Pemahaman 

Sejauh ini apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu terkait dengan pengaruh teori sosio kultural terhadap pendidikan yang ada di Indonesia.

Diawal sebelum pembelajaran dimulai saya berpikir bagaimana cara mengimplementasikan perspektif sosio kultural ini dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta bagaimana perspektif sosio kultural ini dapat mengarahkan kegiatan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Tetapi setelah mengikuti pembelajaran ini saya menjadi tau jawabannya. Pengimplementasian perspektif sosio kultural dalam pembelajaran melibatkan memehami konteks budaya sisiwa, mempromosikan interaksi sosial, dan menerapkan nilai-nilai budaya dalam materi pembelajaran dengan melakukan studi kasus berbasis budaya, kerja kelompok dan pemanfaatan sumber daya alam lokal. Dengan memperhatiakan budaya dan latar belakang peserta didik kita dapat mengarahkan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu faktor-faktor yang dapat mendukung motivasi belajar peserta didik dari beragamnya perbedaan latar belakang  yang dimiliki.

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Yang dapat saya pelajari dari koneksi antar materi baik dalam mata kuliah yang sama dengan mata kuliah yang lain yaitu mata kuliah perspektif sosio kultural ini memiliki kaitan dengan mata kuliah lainnya. Terutama dalam mata kuliah pemahaman peserta didik dan pembelajarannya. Dengan memperhatikan latar belakang  yang dimiliki oleh peserta didik, kita bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap peserta didik serta menentukan model pembelajarannya seperti apa yang akan kita pakai yang sesuai untuk peserta didik tersebut.

7. Aksi Nyata 

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru yaitu semakin bertambahnya pengetahuan saya dalam memahami karakteristik peserta didik yang memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda.

Dalam skala 1-10, saya menilai kesiapan saya saat ini berada pada angka 9. Alasannya karena saya sudah mengantongi pengetahuan yang saya dapat dari mata kuliah ini. Sehingga saya lebih percaya diri untuk menyatakan kesiapan diri saya sebagai guru yang memiliki beragam peserta didik dengan latar belakang yang berbeda.

Agar saya dapat menerapkannya dengan optimal saya harus terus mengikuti mata kuliah ini, mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan membaca referensi-referensi lain terkait mata kuliah ini seperti dalam jurnal ilmiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun