Pada era digital ini teknologi dan sistem informasi terus berkembang secara pesat. Perkembangan ini telah memudahkan kita sebagai manusia untuk mengerjakan tugas-tugas yang bersifat biasa sampai yang bersifat kompleks, yang dulunya dikerjakan secara manual namun sekarang dapat dilakukan melalui Personal Computer (PC) yang sudah beredar secara gamblang.
Perkembangan teknologi dan sistem informasi banyak dibutuhkan disetiap elemen masyarakat yang salah satunya adalah rumah sakit. Pada rumah sakit bukan hanya yang milik pemerintah melainkan juga dengan rumah sakit milik swasta juga ikut menggunakan sistem informasi dalam membantu tugasnya dalam pelaksanaan teknis dalam kegiatan di rumah sakit. Teknologi informasi dan komunikasi yang memadai secara optimal sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan rumah sakit karena dapat membuat peyanan menjadi efektif dan efisien. Contohnya adalah layanan telemedis untuk berkonsultasi terkait halyang bersifat medis, sistem informasi manajemen rumah sakit untuk pengelolaan system rumah sakit serta rekam medis elektronik.
Perkembangan ini banyak disambut positif oleh masyarakat, terutama dengan popularitas layanan rekam medis elektronik. Dikarenakan perkembangan tersebut banyak muncul perusahaan aplikasi sistem informasi kesehatan untuk rumah sakit. Peran pemerintah juga yang telah membuat strategi untuk transformasi digital kesehatan di Indonesia untuk mendukung perkembangan ini secara langsung.
Aspek penting digitalisasi rumah sakit
Salah satu cara untuk menghadapi tuntutan era modern digitalisasi khususnya dalam sistem pelayanan kesehatan yaitu manajemenyang berbasis digitalisasi rumah sakit. Transformasi digital tidak hanya memperbaharui cara rumah sakit untuk mengelola data-data di rumah sakit, melainkan juga melakukan perubahan cara untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang lebih cepat.
Berikut adalah beberapa aspek kunci peran penting digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan pasien:
1. Efisiensi operasional
Dengan sistem pelayanan kesehatan berbasis digital, rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi pada proses administrasi, penjadwalan, dan pengelolaan sumber daya yang ada. Sistem sudah terintegrasi secara digital dapat mengurangi waktu tunggu pasien yang menjadi lebih singkat serta mempercepat proses pendaftaran, dan juga dapat mengurangi kesalahan administrasi.
2. Pengelolaan data pasien
Dengan sistem pelayanan kesehatan berbasis digital, rumah sakit dapat menyimpan data pasien dan mengelolanya secara elektronik yang meminimalkan penggunaan kertas. Dengan adanya hal ini memungkinkan akses yang lebih cepat dan akurat terhadap riwayat medis pasien, diagnose medis, dan rencana perawatan yang akan dilakukan. Sistem informasi yang mudah diakses membantu tenaga medis ataupun tenaga Kesehatan lainnya dalam memberikan perawatan yang lebih personal karena banyak waktu luang untuk merawat pasien dan juga memadai untuk kefektifan untuk meningkatkan kebutuhan pasien.
3. Peningkatan kualitas pelayanan