Mohon tunggu...
Novita Rahmawati
Novita Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Meningkatkan Daya Tarik Kemasan dan Logo UMKM Petis Kupang Ibu Senipa

6 Juni 2024   09:23 Diperbarui: 6 Juni 2024   10:12 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan kemasan dan logo Baru oleh KKN Universitas 17 Agusrtus 1945 Surabaya

Sabtu, 11 Mei 2024 - Bertempat di Desa Balonggabus,Kec Candi,Sidoarjo. KKN NR-05 SUB 8 yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan kegiatan kkn dan bertemu dengan narasumber umkm Petis Kupang,yang menjadi salah satu warisan kuliner kabupaten yang pernah menyabet gelar "Adipura" oleh pemerintah yaitu Kabupaten Sidoarjo berupa "Petis Kupang" yang bekerja sama dengan pengusaha UMKM di Desa Balonggabus ,yang bertujuan untuk mengenalkan serta meningkatkan nilai branding petis kupang di kalangan masyarakat hingga generasi millenial.

Setelah kami melakukan riset dan survei ke para pelaku UMKM petis kupang,di Desa Balonggabus, Candi Sidoarjo, Jawa Timur, terdapat UMKM Petis Kupang bernama Ibu Senipah yang telah lama dikenal dengan kelezatan petisnya. Namun, dalam era modern ini kami menyadari bahwa kemasan yang digunakan Ibu Senipa kurang menarik dan kurang aman karena hanya menggunakan kantong plastik kiloan dan karet. Tidak hanya rasa yang penting tetapi juga daya tarik visual dari produknya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk meningkatkan daya tarik produknya lewat logo dan variasi kemasan baru.

Dapat diketahui bahwa petis kupang tetap memiliki tempat di hati penggemarnya. Menurut survei, Petis Kupang jarang diminati masyarakat karena Tidak bisa bertahan lama, Tidak tahu cara pengolahan dalam bentuk jadinya, Memicu alergi, dan juga tidak tahu tempat untuk membelinya/langka. Oleh karena itu, solusinya yaitu lebih gencar dalam hal promosi dan juga aspek pemasaran sangat di perhatikan supaya dapat menjangkau semua masyarakat.

Membangun Identitas Merek yang Unik

Langkah pertama yang kami lakukan mendesain logo baru untuk petisnya. Logo tersebut menampilkan gambar kupang, yang merupakan bahan utama petis, dengan warna-warna cerah dan menarik. Logo ini mencerminkan cita rasa petis yang lezat dan kaya rempah,komposisi,juga cara penyimpanan agar lebih lezat dan aman dikonsumsi.

Kemasan yang Modern dan Praktis

Selain logo, kami juga mendesain kemasan baru untuk petisnya. Kemasan baru ini terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan, serta dilengkapi dengan logo yang berisi informasi tentang produk, Kemasan ini juga dirancang agar aman dikirim/dibawa dalam pejalanan ,juga gampang dibuka dan disimpan, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.

Pendaftaran izin Nomor Induk Berusaha Petis Kupang Ibu Senipa di OSS
Pendaftaran izin Nomor Induk Berusaha Petis Kupang Ibu Senipa di OSS

Petis Kupang Ibu Senipa adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual petis kupang, yaitu makanan khas Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari udang rebon. UMKM ini ingin meningkatkan usahanya dengan mendaftarkan NIB di OSS (Online Single Submission).

Tujuan:

Tujuan dari pendaftaran NIB ini adalah:

  • Memperoleh legalitas usaha
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Memperluas akses ke pasar
  • Mempermudah akses ke perizinan dan pendanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun