Mohon tunggu...
Novita Patty S.Pd
Novita Patty S.Pd Mohon Tunggu... Guru - Guru kelas

mendesain pembelajaran yang menarik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

3 Mei 2023   14:04 Diperbarui: 3 Mei 2023   14:25 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SD Negeri 1 kamal- Kab SBB- maluku - Dok. pribadi

PEMIMPIN DALAM PENGELOLA SUMBER DAYA - 

( Analisis tayangan vidio praktik baik & pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas belajar Murid )

Oleh : Novita patty S.Pd

CGP Angkatan 7 - Kab. Seram Bagian Barat.

Tujuan Pembelajaran Khusus

1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan vidio praktik baik yang ada

2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B- A - G - J - A dari tayangan vidio yang ada.

3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dar tayangan Vidio

4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh vidio praktik baik ini.

HASIL ANALISIS

Visi Sekolah tempat guru tersebut mengabdi

" MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERKARAKTER, KREATIF, MANDIRI, DAN KOLABORATIF "

perubahan Karsa yang diusulkan

 menciptakan kelas yang nyaman,menyenangkan dan menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan.

bagaimana meningkatkan keterlibatan murid untuk menciptakan kelas yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat belajar secara berkelanjutan.

Kegiatan atau tindakan yang dilakukan guru dalam tayangan Video

B. Buat Pertanyaan Utama

  • Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan
  • Guru berkoordinasi dengan teman sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan dilakukan 
  • meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangatbelajar
  • Meminta pendapat murid tentang apa saja yang di sukai didalam kelas
  • Mengajak murid untuk berkunjung kekelas 2 dan kelas 6 guna melihat hal-hal yang mereka sukai

A. Ambil Pelajaran

  • guru memfasilitasi untuk melakukan survey secara langsung ke kelas 2  dan kelas 6 yang memiliki karya-karya yang beragam di tempelkan.
  • Guru memberi kesempatan kepada murid untuk mencari inspirasi seluas-luasnya
  • guru menampung semua pendapat murid dan memandu murid mencari pengalaman positif dari kelas lain untuk dijadikan pelajaran.

G. Gali Mimpi

  • guru menfasilitasi kelompok untuk mengambil bahan-bahan untuk menulis kelas yang mereka impikan
  • guru meminta murid untuk membayangkan kelas impian mereka
  • guru meminta murid untuk menjelaskan design kelas yang mereka impikan sebagai penyemangat belajar
  • Guru meminta murid untuk menyampaikan / mempresentasekan gagasan dari tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan

J. Jabarkan

  • Guru membimbing murid untuk mendata hal hal yang dibutuhkan murid untuk mewujudkan kelas impiam mereka
  • murid diajak berkontribusi dalm membuat kelas impian

A. Atur Eksekusi 

  • menyepakati kapan akan dilakukan penyusuna kelas impian bersama murid

peran pemimpin yang tergambar pada Vidio tersebut

  • Guru tersebut menunjukkan sebagai pemimpin yang mandiri dan penuh inisiatif untuk melakukan prakarsa perubahan
  • Guru yang inovatif dan kreatifitas dalam mengelola kelas
  • Guru yang berpihak pada murid dan memikirkan kemajuan murid dalam belajar
  • Dalam memegang kendali dan mengambil keputusan yang bijak dalam melaksanakan keputusan
  • memastikan adanya interaksi dua arahsehingga murid merasa dirinya penting
  • terbuka untuk berkolaborasi dengan murid dan rekan sejawat

Modal Utama yang dimanfaatkan

A. Modal manusia

  • memilki guru yang kompeten dan profesionalisme yang bisa berkomunikasi baik dengan murid.
  • murid yang memilki potensi yang beragam yang siap dikembangkan
  • Adanya pemangku kepentingan yang siap mendukung program prakarsa perubahan yang direncanakan oleh guru.

B. Modal Sosial

  • bekerjasama dengan teman rekan sejawat
  • Bekerjasama dengan guru kelas 2 dan kelas 6 untuk menjadi kelas inspirasi

C. modal Fisik

  • Memanfaatkan ruang kelas sebagai media mewujudkan kelas impian
  • Lingkungann sekolah yang asri dan mendukung murid melakukan perubahan pembelajaran
  • memiliki tempat bermain yang luas untuk menumbuhkan karakter dan budi pekerti

                        Terima Kasih - Salam sehat dan bahagia Salam guru Penggerak

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun