Pemanfaatkan media pembelajaran audio visual
Novita
Abstrak
Istilah media mula-mula dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audiovisual aids (alat bantu pandang/dengar). Selanjutnya disebut instructional materials (materi pembelajaran), dan kini istilah yang lazim digunakan dalam dunia pendidikan nasional adalahinstructional media (media pendidikan atau media pembelajaran). Dalam perkembangannya,sekarang muncul istilah e-Learning. Huruf "e" merupakan singkatan dari "elektronik".Artinya media pembelajaran berupa alat elektronik, meliputi CD Multimedia Interaktifsebagai bahan ajar offline dan Web sebagai bahan ajar online.
Pendahuluan
pembelajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantumenyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. Asosiasi TeknologiKomunikasi Pendidikan (AECT) memberikan definisi yaitu segala sesuatu yang digunakanorang untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang peserta didik untuk lebih semangat belajar. Contoh media pembelajaran: buku, Overhead projector (OHP), televisi, kaset danlain.
Pembahasan
Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Dari yang palng sederhana dan murahhingga yang canggih dan mahal. Ada yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada yangdiproduksi pabrik. Ada yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan danada yang sengaja dirancang. Berbagai sudut pandang untuk menggolongkan jenis- jenis media. Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dangerak):
- Media audio
- Media cetak
- Media visual diam
- Media visual gerak
- Media audio semi gerak
- Media visual semi gerak
- Media audio visual diam
- Media audio visual gerak
Disini saya menggunakan media ajar yaitu amedia audio yang bisa diaplikaiskan menggunakan
- Media vidio
- Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak dikembangkanuntuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.
- Media rekaman
- Merupakan salah satu jenis media audio visual, yang biasanya digunakan untuk keperluan mendia pembelajaran dengan cara guru memeutarkan audio tersebut menggunakan sound system dan siswa mendengar dan memahaminya
- Â
- Media komputer
- Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampumenampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan internet dapat memberikankeleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber belajar yanghampir tanpa batas.
Kesimpulan
Media audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan.Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran.contoh media yang dapatdikelompokkan dalam media audio diantarany : radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain. Media ini biasnaya digunakan agar siswa dengan mudah memahami dan siswa tidak bosan saat kegiatan MBKM.
Daftar pustaka
Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Di Sdn 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Al Ibtida: Jurnal
Pendidikan Guru Mi, 4(2), 179-188. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.24235/Al.Ibti Da.Snj.V4i2.1526.
Irfani, A. N., Sulistiani, I. R., & Ardiansyah, A. (N.D.). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Wahid Hasyim Malang.
Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Index
Kasminah, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1264-1272. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i 6.7886
Dr.Aida Azizah, S.Pd., M.Pd
Novita ( Universitas Islam Sultan Agung Semarang )
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H