Matematika merupakan pembelajaran yang sampai saat ini oleh para siswa dianggap sulit, padahal disisi lain matematika berperan penting pada kehidupan manusia. diindonesia hasil tes dan evaluasi  khususnya pada aspek pendidikan.Â
Pada hasil tes dan evaluasi yang dilakukan pada tahun ketahun penguasaan materi . oleh karena itu perlu media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung seseorang salah satu yang biasa menjadi solusi yaitu sempoa.
Sempoa merupakan alat hitung kuno yang dipakai untuk berhitung yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang bisa digesergeserkan. Alat sempoa ini biasa digunakan untuk menghitung operasi aritmetika. Contoh operasi aritmetika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian.Â
Alat bantu sempoa sepuluh hanya digunakan untuk tingkat pemula, sempoa dapat meningkatkan kemampuan kerja otak anak, seperti ingatan, pengertian, ketekunan, kemandirian, dan penglihatan. sederhana yang terbuat dari kayu atau plastik.Â
Sempoa yang kita kenal dan banyak digunakan untuk belajar berhitung dengan cepat dan benar adalah sempoa yang berpola empat satu. . Manik-manik yang berada di bawah garis pembatas adalah manikmanik bernilai satu sedangkan manikmanik yang berada diatas garis pembatas adalah manik-manik bernilai lima.
Sempoa berpola empat terdiri dari : (1) bingkai atau kerangka; (2) tiang sempoa, sebagai tempat manikmanik; (3) garis pembatas, sebagai garis pemisah antara manik nilai lima dan satu (4) manik-manik, untuk menunjukkan nilai bilangan yang akan dihitung; (5) titik period/titik penentu, sebagai tanda untuk memulai perhitungan
Tujuan penggunaan media pembelajaran sempoa adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa
indicator dalam pembelajaran sempoa :Â
1. Menyebutkan urutan bilangan 1 sampai 20
2. Menunjukkan urutan bilangan 1 sampai 20
3. Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan sampai 10
4. Menyebutkan benda berdasarkan warna
5. Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 20
Konsep awal penggunaan sempoa adalah dengan mengenalkan bagian-bagian sempoa yang memiliki fungsi yang berbeda pada tiap bagiannya. Pada manik-manik memiliki fungsi sebagai pengoperasian nilai untuk berhitung dengan keterangan pada manik-manik bawah bernilai satu dan manik-manik atas bernilai lima.Â
Dengan menggunakan sempoa, secara tidak langsung kemampuan kognitif anak dalam berhitung dan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan jemari tangan akan terlatih dengan seimbang     Â
Sempoa membantu kemampuan berhitung lebih cepat, melatih daya imajinasi dan kreativitas, menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan, meningkatkan konsentrasi belajar, koordinasi antara tangan dan otak, melatih kesabaran, meningkatkan motivasi berprestasi
cara penggunaannya:dapat m
Semula pembagian bilahnya terisi 2 butir (limaan) dan 5 (satuan) disesuaikan menjadi 1 butir (limaan) dan 4 butir (satuan). Sedangkan cara penggunaanya, semula diletakkan secara vertikal (terhadap tubuh) dengan pergerakan butir ke kanan dan ke kiri diubah sebaliknya diletakkan horizontal dengan pergerakan ke atas dan ke bawah. Adanya inovasi yang sepintas kecil, abacus mengalami evolusi yang cukup mengagumkan.
Dampak dari penggunaan media sempoa antara lain:
1) Aktivitas siswa dan guru menunjukkan bahwa penggunaan media sempoa pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hal tersebut terlihat aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan guru dalam proses pembelajaran.
 2) Hasil belajar siswa meningkat
Peranan media sempoa sebagai media pembelajaran matematika sangatlah berperan penting. Terutama dalam menamamkan konsep dasar penjumlahan dan pengurangan kepada siswa. Melalui kegiatan permainan menggunakan media sempoa siswa akan merasa tertarik, siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama mata pelajaran matematika. Dan ketika anak sudah senang matematika, anak akan beranggapan bahwa matematika itu menyenangkan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa media sempoa dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk berhitung sesuai dengan perkembangan kognitif anak kelas rendah. Sempoa sebagai benda nyata disampaikan oleh guru ekstra dengan bertahap dengan tujuan agar anak mampu memahami setiap bagian dari sempoa kemudian menerapkan sempoa sebagai media dalam berhitung
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H