Mohon tunggu...
Novis Fouriandi
Novis Fouriandi Mohon Tunggu... Bankir - Saat ini saya bekerja di Bank Indonesia

Suka berteman dengan semua orang yang baik

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Makmur Dengan Teknologi Finansial, Why Not?

7 Mei 2020   19:43 Diperbarui: 7 Mei 2020   19:41 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ambo sangat terpukau dengan kemajuan teknologi saat ini. Karena geliatnya yang anggun dan mempesona, membuat kehidupan Ambo terasa  begitu mudah, ringan, efisien dan tidak terlalu beresiko. Jika ditanyakan perasaan Ambo mengenai teknologi, "tentu saja Saya sangat senang dengan kehadirannya. Hari demi hari, usaha Saya bertambah maju, sejalan dengan peningkatan teknologi tersebut", ujar Ambo.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasakan hal yang sama dengan Ambo?

Jika tidak, mungkin Anda masih belum mengetahui manfaat substansial dari teknologi, dan butuh lebih banyak penyuluhan akan hal itu.

Jika Ya,    silahkan baca wacana ini sampai selesai, hingga Anda merasakan betapa menyenangkannya hidup di era digitalisasi, yang orang-orangnya didominasi oleh generasi Y dan generasi Z, yang begitu hidup nyaman dan sangat mengandrungi teknologi.

Ambo, yang seorang pengusaha minang, mempunyai karakter open minded dan sangat mendukung penuh segala kebijakan pemerintah demi kemajuan bangsanya. Dan dalam rangka penerapan ekonomi inklusif dan penggalakan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) oleh Bank Indonesia, membuat Ambo juga termotivasi menerapkan prinsip cashless di usaha restoran Padangnya.

Dengan masakannya yang mempunyai cita rasa khas dan kemudahan yang didapatkan bila berada di restoran Ambo, membuat para pelanggan tidak bisa melupakan dan pindah ke lain hati. Masakan Ambo selalu no.1 bagi yang sudah pernah mencicipi. Dan pelanggan tersebut selalu berusaha untuk datang berkali-kali dalam setiap waktu. Salah satu kemudahan yang disediakan dalam pelayanan restoran Ambo, yaitu ketika pelanggannya selesai menyantap menu yang disajikan dan hendak membayar ke kasir. Maka kasir akan mencetak tagihan dengan hanya menekan satu tombol di software yang telah disediakan. Kemudian sistem secara otomatis menghitung harga menu-menu yang dipesan pada nomor meja yang telah ditandai, berikut promosi dan diskon yang sedang ditawarkan. Dengan demikian, kasir dapat dengan mudah melayani banyak meja sekaligus disaat restoran sedang sibuk, tanpa adanya antrian yang signifikan.

Untuk pilihan pembayaran yang ditawarkan, Ambo juga bekerjasama dengan beberapa bank dalam negeri, dalam menggunakan Electronic Data Capture (EDC) dengan kartu debet ataupun kartu kredit. Selain itu, Ambo juga memperkenalkan pembayaran lewat elektronik Near Field Communication (NFC) melalui smartphone milik pelanggan. Dengan itu, pelanggannya akan menjadi lebih mudah bertransaksi, dapat mempersingkat waktu saat bertransaksi, pelanggan tidak kerepotan lagi menghitung uang kembalian dan merchant tidak perlu lagi kesulitan mengelola uang tunai.

Cukup simple bukan?

Karena itulah, pelanggan Ambo seolah-olah merasa dimanjakan dengan kemudahan yang diperoleh, sehingga membuat ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

Untuk menggaet pelanggan baru dan mempromosikan restorannya ke masyarakat luas, Ambo juga tidak gaptek menggunakan Instagram, facebook ataupun Line. Tiap sebentar, Ambo meng-upload hasil masakannya yang selalu menggugah selera.

Mmmmm...Yummy...!!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun