Mohon tunggu...
Novi Putri
Novi Putri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KB Khodijah Pembelajaran Berbasis STEAM

21 Oktober 2024   12:00 Diperbarui: 21 Oktober 2024   12:18 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KB Khodijah Pembelajaran Berbasis STEAM

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fase penting dalam perkembangan anak, di mana mereka mulai mengembangkan keterampilan dasar yang akan menjadi fondasi untuk belajar di masa depan. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Metode ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga merangsang kreativitas dan pemikiran kritis anak.

Apa itu STEAM?
STEAM adalah pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan lima disiplin: Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika. Dengan menggabungkan berbagai bidang ini, STEAM menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan menyeluruh, mendorong anak untuk berpikir secara kritis dan kreatif.

Manfaat Pembelajaran STEAM

1. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Anak-anak diajarkan untuk menganalisis, mengeksplorasi, dan menyelesaikan masalah melalui pendekatan praktis.

2. Kreativitas dan Inovasi: Dengan menyertakan elemen seni, anak-anak dapat mengekspresikan ide-ide mereka dengan cara yang unik dan inovatif.

3. Kolaborasi: Pembelajaran STEAM sering dilakukan dalam kelompok, mendorong anak untuk bekerja sama dan belajar dari satu sama lain.

4. Persiapan Masa Depan: Dengan mengenalkan konsep-konsep STEAM sejak dini, anak-anak lebih siap menghadapi tantangan di era teknologi yang terus berkembang.

Langkah-Langkah Implementasi STEAM
1. Identifikasi Tema atau Proyek: Pilih tema yang menarik dan relevan, misalnya tentang lingkungan, kesehatan, atau seni.

2. Rancang Kegiatan: Buat rencana kegiatan yang melibatkan semua elemen STEAM. Misalnya, proyek membuat model rumah ramah lingkungan.

3. Aktivitas Praktis: Ajak anak-anak melakukan eksperimen sains, menggunakan teknologi sederhana, atau berkreasi dengan seni dan kerajinan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun