Penggunaan Hashtag bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan event dan juga selain itu untuk menarik calon pendaftar untuk mau berpartisipasi di event yang diadakan. Dalam menentukan dan menggunakan hashtag juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa step proses yang perlu dijalankan. Selain itu perlu juga kreativitas dalam mendukung kegiatan promosi
Berikut tips memanfaatkan penggunaan hashtag untuk event
Sebelum Event
- Buat Teaser
Coba Anda perhatikan, trailer film biasanya sudah keluar beberapa bulan bahkan satu taun sebelum film tersebut resmi keluar di bioskop.
- Menentukan Hashtag
Hashtag yang dibuat tentu harus relevan, sehingga nantinya akan mudah dicari oleh audiens. Memiliki hashtag yang unik tentu akan membuat para audiens lebih tertarik dan pada akhirnya mau membicarakan event Anda dengan teman-temannya, tentu itu akan meningkatkan awareness dari event yang Anda adakan.
Note: Sebelum memutuskan hashtag yang dipakai, jangan lupa untuk memastikan bahwa hashtag yang dipilih belum pernah digunakan oleh brand lain.
- Sebarkan Hashtag Anda
Setelah Anda sudah menentukan hashtag yang mau dipakai, Anda diwajibkan untuk mengenalkan dan mengunakan di semua media marketing yang Anda punya, seperti:
- Bagi-bagi hadiah
Tentu cara termudah untuk menarik orang untuk meramaikan event adalah dengan mengadakan kompetisi di media sosial dengan iming-iming sebuah hadiah. Cara paling mudahnya misalnya "Menangkan 2 tiket gratis untuk datang ke event kami dengan memberikan alasan kenapa kamu mau datang dan menggunakan hashtag "8commercewin". Promosi seperti ini adalah yang paling mudah dan tentu akan menyebarluaskan pemakaian hashtag yang Anda sudah tentukan sebelumnya.
Saat event berlangsung
- Tugaskan seseorang untuk mengelola media sosial
Saat event berlangsung, sangat penting untuk memantau apa yang terjadi di media sosial. Tugaskan media sosial  officer untuk posting apa saja yang terjadi di event itu dan jangan lupa untuk menambahkan hashtag di semua postingan.
Para pengunjung tentu menggunakan media sosial untuk mendapatkan update dan berinteraksi dengan pengunjung lainnya saat itu. Jadi kita sebagai penyelenggara juga wajib memberitahukan kepada pembawa acara untuk menyebutkan hashtag untuk mengingatkan para pengunjung.
Setelah event berlangsung
Setelah event selesai, kita juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk berinteraksi dengan para audiens, misalnya
- Ucapkan terima kasih karena sudah datang
- Post moment penting di saat event
- Repost foto, video dari para pengunjung
Banyak cara efektif yang kamu bisa gunakan dengan penggunaan hashtag di media sosial untuk membantu mempromosikan event Anda. Kuncinya adalah di perencanaan dan eksekusi akhir. Selamat mencoba!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H