Mohon tunggu...
NOVIDA RIASTI
NOVIDA RIASTI Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah TK Puspita Kota Malang

Mahasiswa S2 Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bermain Klasikal dalam Pendekatan Berbasis Permainan dan Fenomena Finlandia

21 Desember 2024   05:38 Diperbarui: 21 Desember 2024   05:38 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengintegrasikan Teori Bermain Klasikal dalam Pendekatan Berbasis Permainan dan Fenomena di Pendidikan Anak Usia Dini Finlandia

Novida Riasti, S.Pd

Finlandia dan sistem pendidikannya telah menarik perhatian pendidik di seluruh dunia, dengan berbagai aspek dari fungsi dan strukturnya telah diteliti secara mendalam. Pemahaman mengenai fungsi ECEC di Finlandia mencakup pengakuan akan arti penting kesetaraan bagi Masyarakat. Kesetaraan ini diperhatikan secara menyeluruh, mencakup semua sektor dan layanan sosial, dan dihadapi melalui konsep kesetaraan. Ini berarti bukan hanya sekadar menyediakan layanan untuk semua warga negara, tetapi juga memastikan bahwa setiap individu memiliki akses terhadap layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati manfaatnya. (Ferreira, 2021)

Elemen penting lainnya dalam pendidikan profesional ECEC di Finlandia adalah pendekatan yang berbasis penelitian dan pemecahan masalah. Mengingat struktur keseluruhan sistem PAUD di Finlandia, pedoman dari kurikulum inti nasional, serta pengamatan terhadap praktik yang beragam, pendekatan berbasis permainan dan fenomena menjadi dua elemen kunci dalam pedagogi untuk mengembangkan pendidikan dan layanan perawatan yang integrative.  

Lester Russell (2010) menyatakan bahwa pembelajaran berbasis permainan dianggap sebagai metode yang melibatkan anak-anak secara aktif dalam proses belajar, di mana tujuan pedagogis seperti konten, konsep, atau keterampilan tertentu dicapai melalui cara alami anak-anak berinteraksi dengan lingkungan mereka melalui bermain. Sejak abad ke-19, para sarjana seperti Froebel (LIEBSCHENER, 1996), Montessori (1916), dan Dewey (1956) telah berkontribusi pada landasan teoritis pembelajaran berbasis permainan. Piaget (1962) dan Vygotsky (1962) melanjutkan tradisi.  Para peneliti ini telah menjelaskan secara mendalam mengenai pentingnya bermain dalam proses pembelajaran dan perkembangan anak, memberikan argumen yang kuat bahwa anak-anak di berbagai tahap masa kanak-kanak menggunakan permainan untuk memahami dan berkomunikasi dengan dunia, menyadari keberadaan serta hubungan sebab-akibat dalam interaksi mereka, serta memperluas pengalaman kognitif dan berkembang sebagai individu dalam konteks sosial dan budaya.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) di Finlandia mengadopsi pendekatan yang inovatif dan efektif, dengan pengalaman bermain sebagai metode utama dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada pengajaran formal, tetapi juga mengintegrasikan teori bermain klasikal yang memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum berbasis permainan.(Ferreira, 2021)

Teori bermain klasikal, yang diperkenalkan oleh tokoh-tokoh seperti Friedrich Froebel dan Maria Montessori, menekankan bahwa bermain adalah metode utama bagi anak-anak untuk belajar dan berkembang (Clawson, 2011). Dalam pandangan ini, bermain tidak hanya dianggap sebagai kegiatan rekreasi, tetapi juga sebagai proses pembelajaran yang sangat penting. Melalui aktivitas bermain, anak-anak dapat menjelajahi lingkungan mereka, mengasah keterampilan sosial, dan membangun pemahaman tentang dunia di sekitar mereka (Yuliantin, 2019).

Teori surplus energi, yang diperkenalkan oleh para pemikir seperti Friedrich Schiller, berpendapat bahwa anak-anak memiliki energi yang berlebih yang perlu diekspresikan melalui aktivitas fisik dan bermain. Dalam pandangan ini, bermain berfungsi sebagai sarana bagi anak-anak untuk melepaskan energi yang tidak terpakai, yang pada gilirannya mendukung perkembangan fisik dan mental mereka (Edita A. M. Pinangkaan, Ricky Alfredo Silaban, 2023).

                                 Dokumen foto koleksi pribadi

Dalam konteks pendidikan anak usia dini di Finlandia, pendekatan berbasis permainan mengakui bahwa bermain adalah metode alami bagi anak-anak untuk belajar. Dengan memberi anak-anak kesempatan untuk bermain, mereka dapat menggunakan kemampuan dan energi mereka secara konstruktif, sehingga mendorong pembelajaran dan pertumbuhan mereka . Melalui aktivitas bermain, anak-anak tidak hanya mengeluarkan energi, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kognitif (Idhayani et al., n.d.). Teori surplus energi mendukung gagasan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan saat bermain dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan memahami lingkungan mereka (Edita A. M. Pinangkaan, Ricky Alfredo Silaban, 2023).

Pendekatan berbasis permainan di Finlandia menciptakan keseimbangan antara kebutuhan anak untuk bergerak dan belajar. Dengan mengintegrasikan permainan ke dalam kurikulum, anak-anak dapat memenuhi kebutuhan fisik mereka sambil terlibat dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna (Nikkola, V., 2020).

Menurut teori relaksasi, sangat penting untuk melakukan aktivitas yang meningkatkan ketenangan dan menurunkan tingkat stress (Kleiber, 1976). Dalam sistem pendidikan anak usia dini di Finlandia, bermain dianggap sebagai alat yang berguna untuk membantu anak-anak bersantai. Lingkungan yang kondusif dan waktu bermain yang memadai memungkinkan anak-anak merasa nyaman dan bebas dari tekanan, yang sangat penting bagi kesehatan mental mereka. Dengan demikian, pendekatan berbasis permainan tidak hanya mendukung proses belajar, tetapi juga berfungsi sebagai mekanisme relaksasi yang efisien (Edita A. M. Pinangkaan, Ricky Alfredo Silaban, 2023).

Dokumen Foto koleksi pribadi

Menurut teori persiapan, anak menggunakan permainan sebagai sarana untuk bersiap menghadapi kehidupan. Pendekatan berbasis bermain yang diterapkan di Finlandia memungkinkan anak-anak mengembangkan lebih banyak keterampilan sosial, emosional dan kognitif yang secara praktis penting dalam kehidupan sehari-hari. Permainan anak-anak memungkinkan mereka memperoleh kemampuan berinteraksi dengan teman, menegosiasikan perbedaan dan mengambil keputusan, yang semuanya penting dalam kehidupan anak-anak dan juga kehidupan orang dewasa.

Teori Rekapitulasi yang dikemukakan oleh Stanley Hall mengemukakan bahwa evolusi manusia tercermin dalam proses perkembangan anak (Edita A. M. Pinangkaan, Ricky Alfredo Silaban, 2023).  Dalam konteks pendidikan Finlandia, penggunaan metode bermain memungkinkan anak melewati berbagai fase perkembangan dengan cara bermain yang menggambarkan kehidupan generasi sebelumnya. Anak-anak yang sedang bermain dapat belajar atau memahami berbagai macam pengalaman yang membantu mereka dalam pertumbuhan dan proses belajar. Pendekatan berbasis permainan di Finlandia tidak hanya mendukung proses pembelajaran anak-anak, tetapi juga berfungsi sebagai cara untuk menyalurkan energi, merelaksasi, mempersiapkan diri untuk kehidupan dewasa, dan merefleksikan pengalaman evolusi. Dengan mengintegrasikan berbagai teori ini, Finlandia berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan mendukung perkembangan optimal anak.

Bermain adalah komponen penting dalam pembelajaran, seperti yang ditunjukkan oleh sistem pendidikan anak usia dini di Finlandia yang menggabungkan teori bermain klasik ke dalam pendekatan berbasis permainan. Finlandia telah berhasil membangun lingkungan pendidikan yang mendorong pertumbuhan terbaik bagi anak-anak dengan memberikan mereka kebebasan bermain dan bereksplorasi serta memberikan mereka bantuan kurikulum yang menyeluruh dan guru yang berkualitas . Selain membantu anak-anak Finlandia, strategi ini dapat menjadi contoh bagi negara lain, seperti Indonesia, yang ingin meningkatkan standar pendidikan anak usia dini.

Mengingat pendidikan anak usia dini di Finlandia juga baru dimulai, terlihat bahwa Indonesia sudah mulai mengadopsi pembelajaran berorientasi permainan yang sejalan dengan teori bermain klasik. Meskipun terdapat permasalahan dalam penerapannya seperti kualitas guru dan akses terhadap pendidikan, kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia dapat ditingkatkan dengan melakukan upaya menuju kurikulum yang lebih berorientasi pada permainan dan terintegrasi. Melalui program pembelajaran otonom, yang memberikan kesempatan kepada guru untuk inovatif, kreatif, dan otodidak, Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pendidikan. Ide pembelajaran mandiri didasarkan pada sistem pendidikan Finlandia, yang memungkinkan guru menjadi kreatif, mandiri, aktif, dan inventif dalam rencana pembelajarannya (Muryanti & Herman, 2021).

Kajian Pustaka :

Clawson, M. A. (2011). Book Review: Playing to Learn: The Role of Play in the Early Years, by Sandra Smidt, 2011. American Journal of Play, 3(3), 410--411.

Edita A. M. Pinangkaan, Ricky Alfredo Silaban, M. R. (2023). Ojs+Ebook+Teori+Bermain.

Ferreira, J. M. (2021). Play-based learning and phenomenon-based learning in the Finnish Early Childhood Education. Olhares & Trilhas, 23(3), 1278--1306. https://doi.org/10.14393/ot2021v23.n.3.58448

Idhayani, N., Sitti Salma, Mp., & Jumiati Yusuf, Mp. (n.d.). Bermain Dan Permainan Anak Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.

Kleiber, D. A. (1976). Playing to learn. In Quest (Vol. 26, Issue 1). https://doi.org/10.1080/00336297.1976.10519870

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146--1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Yuliantin, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 200--2012.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun