Sekolah adalah sebuah wadah bagi siswa untuk belajar, belajar merupakan sebuah proses perubahan dari tidak tahu menjadi tahu,dari tidak bisa menjadi bisa dan terpenting adalah perubahan tingkah laku siswa,dari tingkah laku yang kurang baik menjadi manusia yang beradab dan berilmu.Â
Guru adalah sumber utama untuk meningkatkan mutu pendidikan,guru  adalah fasilitator bagi siswa. untuk mnigkatkan mutu pendidikan ada beberapa upaya yang harus dimiliki dan diapliksikan dalam dunia pendidikan melalui proses pembelajaran yaitu guru harus mampu menggunakan model pembelajaran inovatif, media pembelajaran berupa alat peraga yang sesuai dengan materi ajar dan karakteritik siswa.Â
Pada tingkat Sekolah Dasar mata pelajaran Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi sebagian besar siswa, karena mereka menganggap matematika sulit dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. salah satu faktor yang menjadi titik letaknya kesulitan bagi siswa untuk belajar matematika adalah gurunya, Guru yang tidak terampil dalam menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga, salah satu materi matematika yang bisa menggunakan alat peraga adalah menetukan volume balok dari kubus satuan.Â
Alat peraga ini merupakan media kongret (asli) yang bisa diamati dan digunakan oleh siswa dalam membentuk Bangun balok kemudian siswa terlibat secara langsunga untuk menemukan rumus sederhana dari volume balok. siswa sangat tertarik, antusias dan maau mencoba dalam penggunan media kubus satuan tersebut.Â
cara penggunaan kubus satuan dalam menetukan volume balok yaitu siswa menyusun beberapa kubus satuan, dengan jumlah yang berbeda untuk bisa membentuk balok, kubus satuan yang menyusun panjangnya, kubus satuan yang menyusun lebarnya dan tingginya. setelah balok tersebut terbentuk hitunglah rumus volume balok tersebut dengan rumus panjangnya (kubus satuan)X lebarXtinggi, setelah itu terbentuklah balok yang volumenya dari beberapa kubus satuan. seperti pada gambar berikut ini.
Manfaat yang dirasakan oleh peserta didik dalam menggunakan kubus satuan diantaranya:
1. motivasi siswa meningkat
2. pembelajaran menjadi bermaknaÂ
3. terciptanya rasa ingin tahu siswa untuk menemukan rumus sederhana
4. keterlibatan siswa secara langsung dalam menggunakan kubus satuan terciptanya"siswa yang aktif"
5. hasil belajar meningkat
Jadi untuk meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari  tingkat dasar  yaitu melalui gurunya yang kreatif dan terampil dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang inovatif, maka permasalahan kejenuhan, monoton, dan rendahnya motivasi belajar dapat diatasi.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H