Jadi dapat penulis simpulkan pengelolaan keuangan merupakan cara menjalani hidup dengan kemampuan manajemen keuangan pribadi untuk mempersiapkan masa depan yang sejahterah.
Dimensi Pengelolaan Keuangan
  Dimensi pengelolaan keuangan menurut Warsono (2010) dalam (Hastuti, 2022) adalah :
1) Penggunaan Dana
Cara pengalokasian dana merupakan persoalan agar dapat memenuhi kebutuhan secara benar dan tepat, dari manapun sumber dana yang diperoleh dan dimiliki. Dana dialokasikan harus dilandansakan skala prioritas. Skala prioritas dilihat menurut keperluan yang paling dibutuhkan, tetapi harus tetap diperhatikan presentase pengalokasian dananya agar penggunaan dana tidak semuanya digunakan untuk konsumsi sehari-hari.
2) Penetuan Sumber
Sumber dana yang didapat dari pekerjaan , orang tua, dll. Selain itu individu dapat menentukan sumber dana yang didapat dari mana, dengan mampu menentukan sumber dana alternatif lain sebagai pemasukan untuk dikelola.
3) Manajemen Risiko
Seseorang harus memiliki perlindungan (proteksi) yang baik agar dapat menganitisipasi kejadian tidak terduga seperti kebutuhan mendesak, sakit, dan lain sebagainya. Seseorang bisasanya melakukan proteksi dengan cara mengikuti asurani. Yang dimaksud dengan manajemen risiko adalah pengelolaan terhadap kemungknan-kemungkinan risiko yang akan dihadapi.
4) Perencanaan Masa Depan
Perencanaan masa depan sangat diperlukan karena hal ini akan dituju oleh setiap individu. Dengan perencanaan ini maka seseorang akan dapat menganalisa kemungkinan kebutuhan yang diperlukan dimasa yang akan datang, dengan mempersiapkan investasi dari saat ini.
Indikator Pengelolaan Keuangan
Indikator dari pengelolaan keuangan menurut Perry dan Morris (2005) dalam (Yusanti 2020) meliputi :