Mohon tunggu...
NOVELA RIZKA
NOVELA RIZKA Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa

saya merupakan seseorang yang termotivasi untuk melangkah maju di bidang apapun yang saya geluti, yang dapat memberikan ruang bagi saya untuk berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Topik 4 - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

17 Desember 2023   17:00 Diperbarui: 17 Desember 2023   17:42 953
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran kooperatif learning dengan metode TGT

Manfaat mempelajari ZPD untuk kesiapan saya sebagai seorang guru yaitu, dengan memahami ZPD maka saya dapat mengidentifikasi tingkat kemampuan dan pemahaman peserta didik, dan dapat menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat ZPD mereka, sehingga dengan begitu, maka saya akan dapat merancang aktivitas belajar yang sesuai dengan tingkat ZPD peserta didik untuk memaksimalkan potensi mereka dan memungkinkan pertumbuhan yang optimal. Serta memungkinkan saya untuk memberikan bantuan yang sesuai bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat berkembang secara mandiri, memperluas pemahaman mereka dengan panduan yang tepat.

Untuk menilai kesiapan diri saya sendiri dalam skala 1 – 10 sebagai seorang calon guru, saya memberi diri saya di skala 7. Alasannya bahwa meskipun saya memiliki pemahaman dasar tentang ZPD dan bagaimana pendekatan tersebut diterapkan dalam pengajaran, tetapi saya masih perlu untuk meningkatkan kesiapan diri saya.

Hal - hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut seperti mengembangkan potensi diri dengan mempelajari dan membaca tentang konsep ZPD dalam konteks pendidikan Indonesia dan bagaimana hal tersebut terkait dengan kurikulum yang berlaku. Melakukan praktek mengajar di kelas untu mengamati dan mempraktikkan strategi yang terkait dengan ZPD dalam keadaan nyata di lapangan saat PPL, meningkatkan keterampilan komunikasi untuk dapat mengidentifikasi ZPD secara efektif pada beragam tingkat pemahaman peserta didik. Terus merefleksi pengalaman belajar dan mengidentifikasi area dimana saya bisa memperbaiki pendekaran pengajaran saya, serta berdiskusi dengan guru yang lebih berpengalaman dan teman sejawat untuk mendapatkan wawasan dan saran dari pengalaman mereka dalam menerapkan konsep ZPD itu sendiri. Sehingga dengan mempersiapkan diri lebih lanjut saya yakin bahwa saya akan dapat mengimplementasikan konsep ZPD dengan lebih baik dalam pengajaran saya, memungkinkan saya unyuk lebih efektif membantu peserta didik dalam mencapai potensi belajar mereka secara optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun