Mohon tunggu...
Nova Rachmawati
Nova Rachmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMKN Prigen

Vahira Horse Stable

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

8 Desember 2023   21:22 Diperbarui: 8 Desember 2023   21:31 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam artikel kali ini, saya menuliskan pengalaman saya dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas saya, sebagai aksi Nyata saya. Saya, Nova Rachmawati, mengajar mata pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan di kelas XI dan XII di SMKN Prigen. Dalam kegiatan aksi nyata modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, saya mengamati kembali tujuan pembelajaran saya pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas XI TKJ materi Tipe data dan Variabel. Saya membuat tujuan pembelajaran untuk materi Tipe Data dan variabel:

Memahami, menganalisis, menerapkan dan membuat program dengan tipe data dan variabel sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman sesuai karakteristik dengan kreatif, mandiri dan bertanggungjawab.

  • Setelah memahami tujuan pembelajaran yang akan saya sampaikan, selanjutnya saya kebutuhan belajar murid. Untuk kebutuhan belajar murid yang beragam, maka saya akan menyiapkan dengan :
  • memberikan buku modul sebagai literasi pembelajaran, saya juga
  • menempelkan materi yang sudah saya cetak yang nanti saat pembelajaran akan saya tempel di kelas untuk menjadi sarana wisata belajar murid,
  • saya juga menyediakan file presentasi yang akan saya gunakan untuk menjelaskan materi dan soal praktik yang akan dikerjakan murid.

 Maka sarana prasaran yang saya butuhkan dalam pembelajaran saya antara lain:

  • LCD projector
  • Materi yang sudah di cetak
  • Buku Modul
  • File materi presentasi
  • Komputer/Hp
  • Aplikasi compilator C++

Kesiapan murid dalam pembelajaran ini antara lain, telah mempelajari materi sebelumnya, yaitu struktur pemrograman C++, dan apabila saat itu kita menempati kelas, bukan laboratorium komputer, maka murid menyiapkan aplikasi compilator C++ yang sudah diinstal di ponsel masing-masing murid. Pengetahuan awal tentunya sudah dimiliki murid yaitu telah mempelajari beberapa materi sebelumnya yaitu algoritma pemrograman, Bahasa pemrograman, instalasi aplikasi compilator C++ dan struktur program C++.

Berikut adalah kegiatan pembelajaran yang akan saya lakukan :

Pendahuluan:

  • Guru melakukan pengecekan kebersihan kelas.
  • Salah satu murid memimpin berdo’a & mengucapkan Salam.
  • Guru melakukan presensi.
  • Guru memeriksa dan mengingatkan kebersihan, kerapian diri, kelas dan lingkungan sekolah
  • Guru menyampaikan KD, tujuan pembelajaran dan bentuk penilaian.
  • Guru menyampaikan kesepakatan kelas
  • Guru mengaitkan materi dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti:

  • Guru memberikan pengenalan materi tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
  • Guru menempelkan beberapa materi di dinding agar murid bisa berwwisata belajar & memberikan beberapa modul untuk dapat dipelajari.
  • Murid memperhatikan dan mencatat berbagai tipe data dan sintak penulisan pemrograman, baik dari buku modul atau materi yang ditempel di dinding

Soal Keterampilan

Perhatikan pemrograman berikut:

#include

using namespace std;

int main() {

     char nama [25]=  "Andi Wicaksono";

     char Jenis_Kelamin = 'L';

     char* kelas = (char*)"X TKJ";

     int usia = 15;

     cout<<"Nama          : "<

     cout<<"Jenis Kelamin : "<

     cout<<"Kelas         : "<

     cout<<"Usia          : "<

return 0;

 

}

Analisis pemrograman di atas         

Dari hasil analisis, sebutkan tipe data, konstanta dan beberapa identifier name yang terdapat dalam pemrograman di atas!

 

Menanya

  • Masing-masing murid membuat beberapa pertanyaan tentang tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi yang kurang dimengerti kemudian saling tukar dengan teman sebangku
  • Murid saling menjawab pertanyaan yang diberikan temannya. 

    Apabila mengalami kesulitan, murid bertanya kepada guru

Menetapkan masalah (mengolaborasi)

  • Murid membuat kelompok beranggotakan 3-4 murid per kelompok
  • Murid pergi ke perpustakaan dengan kelompoknya untuk mencari beberapa buku mengenai aturan menamai sebuah variabel
  • Tiap kelompok mengidentifikasi mengeai hal-hal berikut :
  • Definisi variabel
  • Aturan menamai variabel
  • Setelah selesai mengidentifikasi hal-hal yang  disebutkan sebelumnya, tiap kelompok membuat 3 buah contoh variabel dengan aturan yang sesuai
  • Tiap kelompok menulis dengan rapi hasil identifikasi kelompok masing-masing kemudian mengumpulkan hasilnya ke guru

Mengonfirmasi

  • Guru memeriksa laporan hasil identifikasi murid per kelompok
  • Guru memberikan evaluasi hasil diskusi dan identifikasi tiap-tiap kelompok

Dalam pembelajaran pemrograman dasar, murid yang  memerlukan bantuan lebih adalah Cecario Adhitya, karena murid tersebut murid tersebut ketika praktikum harus disampaikan berulang kali agar mau untuk mencoba/ praktik materi yang disampaikan. Yang perlu diberikan tantangan adalah murid bernama Alam Nasroh, karena anaknya kurang percaya diri untuk menyampaikan/ mengkomunikasikan kegiatan diskusi atau pembelajaran yang dilaksanakan.

  • Dalam pembelajaran Pemrograman Dasar materi Tipe data dan variabel, saya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi proses, dalam memahami materi, murid setelah mendengarkan saya menyampaikan materi melalui file presentasi, selanjutnya saya mengarahkan untuk membaca buku materi yang sudah saya sediakan dan berwisata belajar dengan jalan-jalan membaca beberapa materi yang sudah saya tempel di tembok kelas, agar murid menguatkan materi yang saya sampaikan
  • Dok Pribadi
    Dok Pribadi
  • Memahami materi dengan membaca buku modul/Dok Pribadi
    Memahami materi dengan membaca buku modul/Dok Pribadi
  • Setelah memahami materi, maka saya mengatur kelas supaya efektif dengan membuat kelompok praktik dengan teman sebangku, kemudian mengerjakan praktikum pemrograman dasar melalui aplikasi Compiler C++menggunakan ponsel yang sudah diinstal di ponsel murid. Maka untuk memastikan bahwa lingkungan belajar yang saya siapkan mengundang murid saya untuk belajar, saya berkeliling untuk melihat dan memastikan murid mengerjakan praktikum yang saya sampaikan.  Setelah menyelesaikan praktikum, maka murid dengan kelompoknya menyampaikan hasil diskusi yang sudah dikerjakan di depan kelas sesuai analisis mereka.
    Mengawasi diskusi siswa/Dok Pribadi
    Mengawasi diskusi siswa/Dok Pribadi

Siswa menyampakan hasil diskusi/Dok Pribadi
Siswa menyampakan hasil diskusi/Dok Pribadi
Siswa menyampaikan hasil diskusi/Dok Pribadi
Siswa menyampaikan hasil diskusi/Dok Pribadi

Demikian, hasil penerapan pembelajaran saya di kelas XI TKJ SMKN Prigen Kabupaten Pasuruan, semoga dapat menjadi penguatan pemahaman bagi saya dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, dan dapat bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun