Mohon tunggu...
NOVA ELIZA
NOVA ELIZA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

implementasi paradigma integrasi -kolaborasi joyful learning

16 Januari 2025   17:35 Diperbarui: 16 Januari 2025   21:57 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ice breaking di kelas

Oleh NOVA ELIZA 

 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Institut Islam Nahdlotul Ulama Temanggung

Joyful Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, penuh semangat, dan melibatkan emosi positif. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat rasa ingin tahu, serta menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Kegembiraan adalah sikap kepuasan dan kenyamanan batin yang terus-menerus dan berbeda dari pengalaman 'kebahagiaan' yang sekilas dan ilusi. Kegembiraan dapat didefinisikan sebagai perasaan atau keadaan pikiran yang ditopang oleh rasa damai atau antusiasme. Pembelajaran yang menyenangkan adalah serangkaian pengalaman belajar yang menyenangkan dan menyenangkan di mana guru serta siswa berpartisipasi dalam episode pembelajaran yang aktif, memuaskan secara pribadi, dan sukses. Pembelajaran yang menyenangkan memaksimalkan kepribadian, emosi dan indra peserta didik guna membangun hasil belajar yang lebih positif dan bertahan lama.

Pengajaran yang steril akan melibatkan ketergantungan yang berlebihan pada buku teks yang disertai dengan periode latihan dan praktik. Meskipun metode ini pada akhirnya dapat mencapai hasil dalam hal hasil belajar siswa, namun hal ini mengorbankan imajinasi, daya cipta, dan humor.Musuh dari pembelajaran yang menyenangkan adalah kecemasan, stres, kebingungan,

Ciri-ciri Joyful Learning:

1. Berpusat pada Siswa: Fokus pada kebutuhan, minat, dan potensi siswa.
2. Lingkungan yang Nyaman: Suasana kelas diciptakan agar ramah, aman, dan bebas tekanan.
3. Interaktif dan Variatif: Menggunakan berbagai metode, seperti permainan, diskusi, eksperimen, atau aktivitas seni.
4. Belajar Melalui Pengalaman: Siswa terlibat langsung dalam kegiatan yang relevan dengan kehidupan mereka.
5. Memberikan Penguatan Positif: Guru memberikan apresiasi, pujian, dan dorongan yang membangun.

6. Melibatkan Emosi Positif: Mendorong perasaan senang, antusias, dan bersemangat selama proses pembelajaran.

prinsip-prinsip Joyful Learning:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun