Mohon tunggu...
Nova Elisa
Nova Elisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

Saya Nova Elisa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang suka berkarya dan berimajinasi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Strategi-Strategi Layanan Dasar Bimbingan Konseling Beserta Penerapannya dalam Bidang Pendidikan

1 Agustus 2024   14:11 Diperbarui: 1 Agustus 2024   14:17 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bimbingan konseling merupakan layanan penting yang mendukung perkembangan individu di berbagai lingkungan seperti pendidikan, sosial, dan professional dengan melalui interaksi antara konselor dan konseli. Tujuan utamanya adalah untuk membantu individu mengatasi masalah dan tantangan serta mengembangkan potensi diri mereka menuju masa depan yang aktif dan berpositif.

Di bidang pendidikan sendiri bimbingan konseling diartikan sebagai layanan yang difungsikan untuk membantu peserta didik yang mengalami permasalahan dengan berbagai tantangan dan tekanan mental dalam proses pemberian pembelajaraan dan perkembangan pribadi. Tantangan dan tekanan mental tersebut bisa berupa positif maupun negatif, contoh negatif seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas, kekerasan/bullying, pelecehan seksual atau dalam contoh positif seperti perencanaan masa depan/karir, pemilihan kampus dan jurusan favorit peserta didik.

Dalam proses memberikan bimbingan konseling diperlukan adanya strategi layanan dasar bimbingan konseling guna dimudahkannya proses interaksi konselor dengan konseli. Sama halnya dengan bidang pendidikan di sekolah, seperti pengajar bimbingan konseling atau disebut guru BK memerlukan adanya strategi layanan dasar bimbingan konseling. Berikut adalah beberapa strategi layanan dasar bimbingan konseling beserta penerapannya dalam bidang pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal.

1. Layanan Klasikal

Menurut Depdiknas (2008: 224-225).

Layanan klasikal merupakan program bimbingan yang dirancang dengan mengadakan pertemuan secara tatap muka dengan konseli, berbasis kelas. (Dalam https://web.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/bk/BAB-III-Bimbingan-Klasikal-dan-Kelompok.pdf )

Penerapan Layanan klasikal ini biasanya dilakukan dengan mengadakan kelas bimbingan antara konselor atau guru BK yang memberikan informasi seperti:

  • Pendidikan dan Motivasi Pembelajaran
  • Pengarahan Karir
  • Pengembangan Personal/Pribadi
  • Keterampilan Problem Solving/ Pemecahan masalah sosial
  • Edukasi Remaja
  • Edukasi Kesehatan mental

Layanan klasikal ini bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilan dalam belajar, mampu menyelesaikan masalah, perencanaan masa depan yang aktif dan berpositif, melatih kemandirian, kepribadian, dan mampu beradaptasi di lingkungan dengan baik.

2. Bimbingan Kelompok

Menurut prayitno

Layanan bimbingan kelompok adalah suatu layanan bimbingan yng diberikan kepada konseli secara bersama-sama atau kelompok agar kelompok itu menjadi besar kuat, dan mandiri. Layanan bimbingan kelompok dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri konseli. ( Dalam http://repository.uin-suska.ac.id/16629/7/7.%20BAB%20II_2018372BPI.pdf )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun