Mohon tunggu...
NOSHI VELLILA
NOSHI VELLILA Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hobi memancing dan bercerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

kuliah telaah kurikulum Media pembelajaran audio visual, menyimak teks pidato. Kemampuan menyimak (audio visual) dalam teks pidato

19 Juli 2024   22:10 Diperbarui: 19 Juli 2024   22:16 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Disusun untuk memenuhi UAS mata kuliah telaah kurikulum 

Media pembelajaran audio visual, menyimak teks pidato.

Kemampuan menyimak (audio visual) dalam teks pidato.

Pengampu: Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd.

Disusun oleh:Nosi vellila/34102200007

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas keguruan ilmu pendidikan, universitas Islam Sultan agung.

Pendahuluan 

Audio mengacu pada penggunaan elemen-elemen suara untuk menyampaikan pesan atau informasi.hal Ini mencakup kombinasi dari elemen-elemen seperti suara dan teks ,(mufarikha,2022).

Manfaat utama dari penggunaan audio adalah Kombinasi antara suara dan teks dapat membantu orang memahami informasi dengan lebih baik,Audio dapat membantu meningkatkan daya ingat karena dapat merangsang berbagai indera, seperti pendengaran sehingga pesan atau informasi yang disampaikan lebih mudah diingatkan,Dengan menggunakan suara, pesan atau informasi yang disampaikan dapat menjadi lebih menarik dan menggugah emosi, sehingga lebih efektif dalam mempengaruhi audiens,Dalam konteks pendidikan atau pelatihan, audio memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.penggunaan audio dalam presentasi dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik presentasi, serta membantu dalam persuasi dan pengambilan keputusan,Secara keseluruhan, audio adalah alat yang sangat efektif dalam berbagai konteks untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik, mudah dipahami, dan mengesankan.(Kustiawan,2023).

Penelitian pendahuluan 

Dalam konteks menyimak teks pidato, penggunaan audio dapat mencakup berbagai elemen untuk meningkatkan pengalaman pendengar dan pemahaman terhadap cerita yang disampaikan seperti desain musik dan efek suara, subtitle atau penerjemahan.

METODE 

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode dokumentasi pendekatan untuk pengumpulan data yang menggunakan sumber-sumber yang sudah ada, dengan dokumen, catatan, atau materi lain yang telah direkam sebelumnya. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan akurat tentang topik pidato.

Analisa 

Menyimak audio, atau mendengarkan dengan penuh perhatian, memiliki beberapa hal penting seperti Pemahaman dan Interpretasi Mendengarkan dengan baik membantu dalam memahami konten audio.Pengembangan Keterampilan Bahasa,Peningkatan Konsentrasi, Mendengarkan audio dengan fokus dapat meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan perhatian dan konsentrasi dalam jangka waktu yang lebih lama,Penyampaian Pesan yang Lebih Efektif, karena dapat menyesuaikan gaya dan konten sesuai dengan respons pendengar.

Koneksi Emosional dan Kebersamaan,Menyimak dengan baik juga dapat membangun koneksi emosional antara pembicara dan pendengar.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan, Menyimak dengan baik memungkinkan pendengar untuk mengevaluasi informasi,Menghormati Pembicara atau Penyiar, menunjukkan bahwa pendengar menghargai waktu dan usaha yang dihabiskan untuk berbagi informasi atau cerita.

Pemecahan

Untuk membangun kemampuan menyimak, diperlukan strategi dan praktik yang tepat. Selain itu, penggunaan teknik pemecahan masalah dapat membantu dalam melatih kemampuan menyimak dengan baik, sementara penekanan pada literasi informasi di seluruh kurikulum dapat membantu individu dalam mengembangkan kemampuan menilai kebenaran dan kredibilitas informasi yang mereka temui.

Dalam konteks menyimak audio ini merupakan media pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mengembangkan kemampuan menyimak yang baik, audio tidak hanya menyajikan suara saja tetapi juga memberikan informasi yang penting yang dengan mudah dipahami dalam format yang menarik dan interaktif,siswa dapat melibatkan diri dalam teknik pemecahan masalah dengan mengajukan pertanyaan setelah mendengarkan audio ,menganalisis isis Audio, dan mengevaluasi sumber informasi dari audio yang telah mereka simak.

Daftar pustaka 

Kustiawan, Winda, et al. "Rekaman Audio Dalam Penyiaran Radio." Innovative: Journal Of Social Science Research 3.2 (2023): 13313-13321.

 https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1740

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47-66.

 http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Muchsinun, Amalia, and Mohammad Salehuddin. "Pengaruh rekaman audio terhadap kemampuan menghafal pada anak usia dini." SELING: Jurnal Program Studi PGRA 9.2 (2023): 171-181.

https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1715

Mufarikha, Mufarikha, and Susi Darihastining. "Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya. Vol. 1. No. 2. 2022.

 https://doi.org

/10.55606/mateandrau.v1i2.106

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun