Mohon tunggu...
NOR DEWI SARI
NOR DEWI SARI Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 IPA kelas C ULM

Saya adalah mahasiswa PPG Prajabatan gel 1 tahun 2023 semester 2 dari jurusan IPA kelas C kesempatan yang sangat saya tidak menyangka bisa menjadi bagian dari perkuliahan ini dan tugas-tugas mata kuliah yang di upload di blog ini semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi ke depannya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

8 Mei 2024   16:29 Diperbarui: 8 Mei 2024   16:47 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

TOPIK 5 AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

 

Nama : Nor Dewi Sari, S. Si 

NIM : 2330111720080 

Prodi : Pend. Ilmu Pengetahuan Alam 

Kelas : IPA C PPG Prajabatan Gel. 1 Tahun 2023 

Univesitas Lambung Mangkurat

 

LK INDIVIDU 24

Merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya

M Mulai dari diri

E Eksplorasi Konsep

R Ruang Kolaborasi

D Demontrasi Kontekstual

E Elaborasi Pemahaman

K Koneksi Antar Materi

A Aksi Nyata

M Mulai dari diri

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

Topik saat ini membahas mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalan pendidikan di Indonesia. Sebelum mempelajari topik ini saya memikirkan akan mempelajari mengenai penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang belum merata. Sebab -sebab belum meratanya pendidikan di Indonesia dilihat dari faktor budaya, ekonomi dan politik. Cara yang diberikan guru kepada peserta didik dilihat dari perbedaan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.

E Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?

Pada topik ini,  mempelajari mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dab pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya dan ekonomi dan politik. Perspektif setiap orang berbeda-beda dipengaruhi oleh latar belakang setiap peserta didik. Guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik yang memiliki pemahaman yang berbeda guru memberikan pembelajaran dalam menyelesaikan maslaah sesuai dengan kemampuan peserta didi. Setelah peserta didik memberikan kesempatan peserta didik untuk bereksplorasi secara mandiri.

R Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?

Ruang kolaborasi pada topik ini yang saya pelajari dengan rekan-rekan dalam ruang kolaborasi adalah pengadaan penddiikan di indonesia yang belum merata terutama daerah yang memiliki kondisi yang belum merata terutama daerah yang kurang berkembang yaitu daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Tertinggi). Mengakibatkan banyak anak yang tidak mendapatkan pembelajaran yang layak serta kurangnya biaya hidup mereka dan mengharuskan anak untuk ikut bekerja, banyak masyarakat yang tidak memenuhi administrasi sebagai warga negara (tidak memiliki akta, KK dan KTP). Sehingga daerah tersebut tidak terjamin bantuan dari pemerintah. Selain itu sebagai guru dituntut untuk siap menghadapu perbedaan yang terjadi dalam pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

D Demontrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demontrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri) ?

Hal penting yang saya pelajari dari proses demontrasi kontektual yang saya jalani bersama kelompok adalah mempelajari isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan di Indonesia bahwa selain guru bertugas untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik, guru juga memberikan beban tugas lainnya sebagai contoh sebagai administrasi sekolah. Hal ini dapat memperhambat guru dalam memberikan pembelajaran yang optimal kepada peserta didik.

E Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimukai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?

Hubungan antara sosial, budaya, ekonomi dan politik sangatlah berpengaruh dalam keberlangsungan pendidikan di indonesia. Isu pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai perspektif menghasilkan keberagaman karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik sehingga mempengaruhi metode yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu muncul banyak strategi, model dan metode pembelajaran yang beragam. Terdapat tantangan dan hambatan guru dalam menentukan strategi yang tepat. Selain itu menerapkan solusi pada permasalahan di kehidupan nyata. Untuk lebih lanjutnya saya ingin mempelajari mengenai bagaimana cara guru dalam menghadapi peserta didik yang memiliki semangat belajar yang kurang dan ditambah dengan kurangnya fasilitas Yang ada.

K Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru ?

Saya mempelajari bahwa koneksi antar materi pada topik ini dengan topik lainnya saling memiliki keterkaitan dalam memahmi peserta didik, penerapan pembelajaran seperti pembelajaran berdiferensiasi, prinsip pengajaran dan asesmen dan pemahaman sosiokultural. Setelah memahami topik ini dan keterkaitan dengan matakuliah lain, hal selanjutnya adalah menerapkannya pada mata kuliah PPL. Pembelajaran dengan memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi, budaya dan politik untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

A Aksi Nyata

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10 ? Apa alasannya ?

Dengan mempelajari topik ini saya menjadi tahu bahwa dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik perlu memperhatikan isu-isu penndidikan berdasarkan perspektif sosial,ekonomi, budaya dan politik. Sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik melalui media, strategi, model pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Seorang pendidik diharapkan siap menghadap apapun tantangan yang ada. Bik dalam mempersiapkan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun