Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda serta rencana yang akan dilakukan dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:Â
Mulai Dari Diri
yang saya pikirkan mengenai topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah apa yang dimaksud dengan Zone of Proximal Development (ZPD) dan bagaimana pendekatan, stategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada Zone of Proximal Development.
Eksplorasi Konsep
Yang saya pelajari dari Eksplorasi Konsep pada topik ini adalah tentang konsep Umum zona perkembangan proksimal (ZPD), kritik terhadapat konsepsi umum, asumsi umum, asumsi bantuan, asu,si potensial(Vygotsky).
Ruang Kolaborasi
Saya dan rekan kelompok pada Ruang Kolaborasi adalah kami mendiskusikan tentang pendapat masing-masing anggota mengenai Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dan kesiapan mengajar dari masing-masing anggota dengan memperhatikan pembelaajran pada Zona perkembangan Proksimal (ZPD).
Demontrasi Kontektual
Hal penting yang saya pelajari dengan rekan kelompok pada Demonstrasi kontestual adalah saya jadi mengetahui pandangan dari masing-masing anggota tentang ZPD dan kesiapan mengajar mereka dengan memperhatikan pembelaajran pada ZPD. Tentu hal tersebut membuat sedikit banyaknya diri saya menjadi termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan ZPD siswa agar peserta didik dapat mengembangkan potensi secara maksimal.
Elaborasi Pemahaman
Hal baru yang saya pelajari adalah tentang ZPD yaitu ZPD menurut saya sangat penting bagi guru untuk mengetahu zona atas dan bawah kemampuan peserta didik, sehingga guru dapat memberikan pembelajaran di kelas, agar saya dapat memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Koneksi Antar Materi
Saya merasa pada Koneksi antar materi adalah materi dalam perspektif sosiokultural selalu memiliki ketertarikan dengan mata kuliah lain. terlebih pada topik ini membahas mengenai penerapan ZPD dalam pembelaajran yang erat kaitannya dengan mata kuliah pemahaman peserta didik dan pembelaajrannya, dimana saya sebagai seorang guru harus memperhatikan pemahaman siswa dan memberikan bantuan apabila peserta didik mengalami kesulitan dan juga membantu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal.
Aksi Nyata
Manfaat yang saya dapatkan berpengaruh terhadap kesiapan saya sebagai guru adalah memahami tentang ZPD yang akan berguna ketika saya akan menetukan zona atas dan vawag pemahaman peserta didik dan menetukan bantuan yang tepat untuk saya berikan sebagai solusi kepada peserta didik. Saya menilai kesiapan saya saat ini adalah 7, karena saya masih perlu banyak memahami dan mengetahui cara meimplementasikan ZPD dengan tepat agar Peserta didik dapat diberikan bantuan yang tepat dengan bantuan tersebut akan mempengaruhi potensinya.
okey terimakasih dulu ini pendapat saya tentang aksi nyata topik 4 SELÂ
Semoga Bermanfaat dan selalu semangat menulis artikel nya hehe
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI