Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda serta rencana yang akan dilakukan dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:Â
Mulai Dari Diri
yang saya pikirkan mengenai topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah apa yang dimaksud dengan Zone of Proximal Development (ZPD) dan bagaimana pendekatan, stategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada Zone of Proximal Development.
Eksplorasi Konsep
Yang saya pelajari dari Eksplorasi Konsep pada topik ini adalah tentang konsep Umum zona perkembangan proksimal (ZPD), kritik terhadapat konsepsi umum, asumsi umum, asumsi bantuan, asu,si potensial(Vygotsky).
Ruang Kolaborasi
Saya dan rekan kelompok pada Ruang Kolaborasi adalah kami mendiskusikan tentang pendapat masing-masing anggota mengenai Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dan kesiapan mengajar dari masing-masing anggota dengan memperhatikan pembelaajran pada Zona perkembangan Proksimal (ZPD).
Demontrasi Kontektual
Hal penting yang saya pelajari dengan rekan kelompok pada Demonstrasi kontestual adalah saya jadi mengetahui pandangan dari masing-masing anggota tentang ZPD dan kesiapan mengajar mereka dengan memperhatikan pembelaajran pada ZPD. Tentu hal tersebut membuat sedikit banyaknya diri saya menjadi termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan ZPD siswa agar peserta didik dapat mengembangkan potensi secara maksimal.
Elaborasi Pemahaman
Hal baru yang saya pelajari adalah tentang ZPD yaitu ZPD menurut saya sangat penting bagi guru untuk mengetahu zona atas dan bawah kemampuan peserta didik, sehingga guru dapat memberikan pembelajaran di kelas, agar saya dapat memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.