Seiring dengan globalisasi di dunia, penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Dunia menjadi terasa sempit, dan kalimat 'seakan isi dunia berada digenggaman tangan' nampaknya memang bukan hal yang berlebihan dimasa sekarang ini, melihat dari bertumpuknya berbagai informasi dengan kemudahan aksesnya.Â
Globalisasi terjadi pada semua bidang, tidak terkecuali termasuk mempengaruhi media. Media tidak lagi hanya berorientasi pada pemirsa lokal atau dalam negeri, tetapi mulai menjangkau lebih luas yakni pasar dunia. Dalam hal ini terjadi globalisasi pada media yang memunculkan media global.Â
Media global merupakan istilah mengenai sistem media yang telah berhasil mendistribusikan muatannya baik informasi, pendidikan, maupun hiburan pada tingkat global atau internasional.Â
Media global memiliki karakteristik yang berbeda dari media lain (dalam hal ini media lokal), yakni media ini memiliki cabang dibanyak negara bahkan mendunia. Media global bersifat ekspansif, artinya akan terus melakukan perluasan distribusinya. Hal tersebut disebabkan oleh globalisasi, dimana pembaharuan-pembaharuan teknologi turut mempengaruhi proses bisnis media secara global.
Deregulasi dan liberalisasi sektor komunikasi internasional pada tahun 1990-an disejajarkan dalam industri media dan bersama dengan teknologi komunikasi baru dari satelit dan kabel telah menciptakan pasar global untuk produk media.Â
Konvergensi dari media dan teknologi serta proses integrasi vertikal dalam industri menghasilkan konsentrasi kekuatan media ditangan beberapa perusahaan transisional dengan implikasi untuk demokrasi global.
Sebelum terjadinya globalisasi, sebagian besar perusahaan media memiliki bidang bisnis yang berbeda. Kemudian privatisasi penyiaran diseluruh dunia ditambah dengan metode baru penyampaian konten media dan komunikasi yaitu satelit, kabel dan internet. Misalnya British Broadcasting Company (BBC), media kenamaan asal Inggris telah memasuki pasar media dunia yang kompetitif tidak hanya menjadi milik atau berkantor di Inggris saja namun hampir secara global, termasuk Indonesia. Menyiarkan beritanya dalam 32 bahasa dunia dan memberikan situs berita yang sesuai dengan wilayah regional para penggunanya.Â
Lantas sejauh mana media Indonesia berada di pasar global?Â
Berbicara mengenai media Indonesia, baik media cetak, elektronik, maupun digital juga tidak terlepas dari konglomerasi. Artinya hanya segelintir orang yang mendominasi kepemilikan perusahaan media. Konglomerat media ini cenderung mengembangkan model bisnis konglomerasi yang hampir sama, yakni berusaha menjadi perusahaan multiplatform, dan untuk mencapai hal tersebut mereka memusatkan produksi beritanya.Â
Konglomerasi ini sangat erat kaitannya dengan kapitalisme dalam bisnis, dimana masing-masing perusahaan media ini berusaha untuk menguasai sebanyak mungkin platform, serta membangun "ekosistem" media, dari konten yang disajikan sampai dengan infrastruktur komunikasinya. Disisi lain, dirasakan pula bahwa para konglomerat ini bukan hanya berpengaruh besar terhadap media, namun juga mulai terlibat dalam panggung politik dan ekonomi dengan memanfaatkan kekuatan medianya masing-masing.Â
Konglomerasi media akan sangat berbahaya ketika telah bercampur dengan dunia politik. Di Indonesia saat ini sedang hangat terlebih di tahun-tahun politik. Para konglomerat media bekerja dibalik layar yang bergerak dengan aksi saling dukung dan saling pukul. Publik disajikan dengan konten berita yang tidak berimbang, dan diikuti kepentingan politik yang sangat kentara didalamnya. Bahkan terkadang berita politik yang disajikan justru bukan fakta namun hanya opini semata.