Mohon tunggu...
Aris Setya
Aris Setya Mohon Tunggu... Administrasi - Seniman

Seniman dari tanah Jawa yang tinggal di benua Eropa

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih

Kecewa dengan Pelayanan Kartu Kredit Bank Mega!

30 Agustus 2015   02:36 Diperbarui: 30 Agustus 2015   18:22 3809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Saya adalah pemegang kartu kredit dari Bank Mega ada dua kartu yang saya punya yaitu Mega Silver dan Mega Carrefour, selama ini  saya belum pernah mengalami keluhan atau kendala dengan apapun dengan dua kartu kedit saya ini. Karena saya orang yang tidak neko-neko dan selalu bayar tepat waktu.

Nah kemudian pada bulan Mei saya mendapatkan tagihan untuk kartu Mega Carrefour saya sebesar tujuh ratus ribu sekian, saya kaget karena saya merasa tidak melakukan transaksi apapun. Lalu saya menghubungi call centernya dan laporan sanggah tranksaksi pun di buat dan kartu kredit saya harus di blokir guna menghindari hal buruk lainnya.

Guna menghindari bunga dari tagihan tersebut, lalu saya melakukan pembayaran sesuai tagihan .Saya diinformasikan proses sanggah transaksi kurang lebih sampai 40 hari saya pun mengerti dan nanti akan ada petugas yang akan melakukan konfirmasi ke saya, kemudian ketika sudah 40 hari saya belum mendapat informasi atau konfirmasi apapun dari pihak Bank Mega.

Saya kembali menghubungi call centernya lalu call centernya menginformasikan jika prosesnya masih berjalan, saya menanyakan kalau sebelumnya di informasikan maksimal 40 hari, kemudian saya menanyakan bagaimana dengan kartu kredit saya yang di blokir apakah bisa di aktifkan sekarang karena saya ingin menutup saja kartu kredit tersebut, oleh call centernya diinformasikan untuk melakukan penutupan kartu kredit ,saya harus menunggu sampai proses sanggah tranksaksi selesai dan saya harus mengaktifkan dulu kartu yang di blokir dan kartu bisa di tutup setelah semua tagihan selesai.

Saya pun kembali mengerti penjelasan dari call centernya, setelah 60 hari saya kembali menghubungi call center Bank Mega dan mereka menginformasikan bahwa sudah ada kredit sebesar yang saya bayarkan sebelumnya, ini artinya uang saya di kembalikan ke kartu kredit saya secara sementara sampai sanggah transaksinya selesai, saya kembali menanyakan sampai kapan saya harus menunggu sampai proses ini selesai? Lalu diinformasikan kembali kalau saya harus menunggu selama 3 bulan.

Setiap petugas call center yang saya hubungi selalu memberikan jawaban yang berbeda dan terkesan mencari aman, lalu dia menginformasikan jika kartu kredit saya yang baru akan dikirim sebelum lebaran tapi saya lupa tanggal berapa dan kartu akan sampai di tangan saya paling lama sepuluh hari kerja yang mana ini tidak dihitung libur lebaran dan sabtu minggu.

Setelah lebaranpun kartu kredit yang baru itu belum sampai ke tangan saya. Kemudian saya mendapat sms dari bank mega yang isinya 'Yth. Pemegang Mega Visa, Kartu Anda belum berhasil kami kirim. Guna mempercepat pengiriman ulang, mohon hub. 021-29533977 pada hari dan jam kerja.'

Kemudian saya menghubungi nomor tersebut untuk menanyakan tentang pengiriman kartu saya lalu petugasnya menginformasikan akan mengirim kembali kartu tersebut pada tanggal 7 Agustus, dan kembali saya harus menunggu selama 10 hari kerja, waktu itu saya di informasikan alasan mengapa kartu kredit saya belum berhasil dikirim, alasanya rumah saya kosong padahal saya selalu ada dirumah dan juga orangtua saya, karena sudah setahun ini saya bekerja di rumah.

Kemudian saya menghubungi kembali call center pada tanggal 7 dan waktu itu di layani oleh Mbak Dewi, saya sudah mulai hilang kesabaran dan saya informasikan kalau kebetulan saya akan pergi ke luar negeri dalam waktu yang lama dan waktu itu saya di jadwalkan berangkat tanggal 15 Agustus . Saya mohon kepada Mbak Dewi agar sebisa mungkin kartu pengganti itu saya terima sebelum tanggal 15 Agustus. Lalu dibuatkan laporan oleh Mbak Dewi dan dia memberikan janji bahwa kartu akan saya terima sebelum tanggal 15 Agustus yaitu tanggal 14 Agustus paling lama sampai jam 18:00 WiB, lalu telpon saya terputus kemudian saya menghubungi kembali call center dan ingin kembali disambungkan ke Mbak Dewi kemudian call center tersebut mengatakan jika Mbak Dewi nya sedang melayani pelanggan lain lalu customer tersebut menanyakan permasalah saya dan sayapun harus mengulang dari awal.

Cust Service tersebut mengecek data yang tadi sempet saya sampaikan ke Mbak Dewi dan ternyata Mbak Dewi salah memasukkan data  yang seharusnya saya ingin pergi ke luar negeri tanggal 15 Agustus oleh Mbak Dewi di infokan tgl 15 Juli padahal saya menelpon tanggal 7 Agustus. Kemudian laporan sudah di input dan saya harus menunggu sampai tanggal 14 Agustus paling lama sampai jam 18:00 batas waktunya.

Tanggal 14 Agustus saya kembali menghubungi petugas call centernya dan kembali diinformasikan saya harus menunggu selama 10 hari dari tanggal 7 Agustus dan saya sudah marah-marah dan saya infokan jika besok saya harus keluar negeri. Pada saat itu saya tersambung dengan petugas call center yang sangat tidak membantu dan tidak bisa memberikan saya informasi apa-apa selain jawaban saya harus tetap menunggu selama 10 hari kerja karena itu sudah peraturan dari perusahaan.

Terus apa gunanya pada tanggal 7 saya di buatkan laporan sama dua petugas sebelumnya, dan perlu diketahui saya tidak pernah di berikan berapa nomor laporan saya setiap kali mereka membuat laporan atas permasalahan saya.

Tanggal 19 saya kembali menghungi call centernya untuk kembali menanyakan kelanjutan kasus saya lalu tetap saya harus menunggu karena kartu kredit pengganti yang baru sudah di tangan kurir. Dan petugas tersebut menginformasikan akan melanjutkan laporan saya agar cepat di proses. Karena masih penasaran saya kembali menghubungi ke nomor 021-29533977 yang mana itu adalah bagian yang mengurusi pengiriman kartu dan bagian yang kurirnya.

Saya waktu itu berbicara dengan petugas wanita setelah lebih dari 12 kali telpon dari saya tidak dijawab padahal nyambung. Oleh mbak-mbak tersebut saya diinfokan tetap harus menunggu. Saya tanyakan kepada mbak tersebut sekarang ini posisi kartu saya di bawa oleh siapa? Kurir yang membawa kartu saya itu siapa? Petugas tersebut manjawab jika mereka tidak mengetahui dan tidak ada datanya. Lho kok bisa tidak ada datanya bukanya ini bagian yang bertanggung jawab atas pengiriman kartu dan bertanggung jawab atas kurir mereka. Bayangakan kalo misalnya satu kurir membawa 50 kartu kredit baru atau pengganti terus mereka tidak ada datanya lalu jika terjadi apa-apa bagaimana?

Petugas tersebut meminta maaf dan menginformasikan jika saya harus tetap harus menunggu selama 12 hari kerja, beda lagi dengan yang diinformasikan oleh petugas call centernya yaitu 10 hari kerja. Saya pernah mengeluh melalui akun Twitter dari Bank Mega yaitu di @BankMegaID kemudian mereka jika saya harus mengisi form keluhan dan diberikan link yang bisa saya klik untuk mengisi form keluhan tersebut tapi sayangnya ketika link tersebut saya klik tidak bisa terbuka baik melalui HP saya maupun laptop saya.

Sampai tanggal 21 Agustus saya belum menerima kartu kredit pengganti dan tidak ada konfirmasi apapun dari Bank Mega, lalu dengan sedikit emosi saya menghubungi kembali call center Bank Mega di 60010 dan di layani oleh Mas Peter, jika pada pengiriman pertama saya mendapat sms pemberitahuan jika kartu kredit saya gagal dikirim pada pengiriman kedua ini saya tidak mendapatkan informasi apapun dari Bank Mega. Lalu saya menanyakan kepada Mas Peter apa gunanya saya di buatkan laporan sebelumnya oleh beberapa petugas call center yang sudah saya hubungi? Apakah mereka tidak ada skala prioritas mana nasabah yang sudah hard complaint, mana customer yang urgent dll? Saya harus mengulang dari awal lagi dan saya jelaskan kembali jika tujuan saya adalah agar kartu kredit saya yang baru itu segera saya terima karena jika nanti saya sudah di luar negeri dan kartu sampai di rumah ya buat apa

Saya tidak bisa menggunakan kartu kredit tersebut? Saya juga tidak bisa menutup kartu tersebut karena proses sanggah transaksinya belum selesai. kemudian diinformasikan oleh Mas Peter jika nanti saya sudah di Luar Negeri kartu saya bisa di kirim kerumah dengan di kuasakan lepada orang rumah, saya jelaskan jika orangtua saya sudah tua dan mereka tidak mengerti urusan seperti ini dan lagi jika kartu dikirim kerumah dan saya di luar negeri untuk apa? Kartunya untuk apa? Mas Peter dengan suara agak tinggi mengatakan 'yah terserah kartunya buat apa ajah itu terserah nasabah' apa itu jawaban dari seorang call center? Mas Peter juga dengan judes menginformasikan jika tugas dia sebagai seorang customer service adalah hanya membuat laporan.

Lalu saya kembali menanyakan sampai kapan saya harus menunggu dan apa yang harus saya lakukan? Mas Peter dengan suara yang sudah naik mengatakan jika akan meneruskan laporan saya dengan menyertakan note: URGENT! Mas Peter ini salah satu petugas call center yang kurang sopan karena suka memotong pembicaraan dari saya, bukannya di dengarkana dulu, dipahami tapi di potong. Hasil dari pembicaraan saya dengan Mas Peter sore itu adalah laporan saya di tambahkan kata- kata 'URGENT'.

Pada tanggal 24 Agustus saya kembali menghubungi Call Center Bank Mega dan berbicara dengan Mas Nando, saya kembali harus menjelaskan dari awal dan untungnya Mas Nando agak sedikit lebih pintar di banding petugas-petugas lainnya yang pernah saya hubungi. Mas Nando menginformasikan jika laporan saya yang dibuatkan oleh Mas Peter sebelumnya masih dalam proses. Saya menjelaskan kembali jika saya akan ke luar negeri pada tanggal 5 September karena sebelumnya ada perubahan jadwal dari tanggal 15 Agustus.

Mas Nando memberi penjelasan jika sebenernya saya tidak perlu menerima kartu kredit pengganti saya jika nanti akan menutup kartu tersebut tapi dengan catatan saya harus menunggu sampai proses sanggah transaksi selesai dan sudah melunasi semua tagihan.Oleh Mas Nando saya diinfokan nomor laporan saya adalah 895227 itu diberikan ketika saya complain jika selama ini saya tidak pernah dibrikan nomor laporan selama saya berkali-kali menghubungi call center Bank Mega.

Lalu berdasar laporan pada tanggal 21 Agustus saya harus menunggu maksimal sampai tanggal 3 September. Lalu apa yang harus saya lakukan jika sampai pada tanggal 5 September saya belum menerima kartu pengganti tersebut? Saya Harus menghubungi call center lagi? Di buatkan laporan kembali? Menunggu 10 hari kerja lagi? Begitu seterusnya? Saya sebagai nasabah merasa sangat kecewa karena saya diberikan janji-janji palsu, diberikan informasi yang berbeda-beda, di persulit dengan proses yang bertele-tele. Sampai hari inipun saya belum menerima konfirmasi apapun dari Bank Mega dan kartu penggantinya pun belum saya terima. Sebagai Nasabah saya harus mengadu kemana lagi? Karena ketika saya menanyakan apakah saya bisa datang ke kantor bank mega pusat diinformasikan jika jika saya kesanapun hasilnya akan sama. Menunggu dan menunggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun