Mohon tunggu...
Nofia Yuningsih
Nofia Yuningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Manajemen semester 7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Rekognisi UPI 2022: Pengalaman Magang MBKM Batch 2 di PT Mitra Adi Perkasa Tbk

8 November 2022   17:30 Diperbarui: 8 November 2022   17:46 968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

img-8607-636a326008a8b5166b605742.jpg
img-8607-636a326008a8b5166b605742.jpg
f57a46d8-cf7d-4ee6-a15f-097cb66f4ea4-636a328206b56a14ee74afd2.jpg
f57a46d8-cf7d-4ee6-a15f-097cb66f4ea4-636a328206b56a14ee74afd2.jpg
Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang biasa disebut sebagai MBKM merupakan program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Anwar Makarim) yang memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa dapat menguasai berbagai bidang keilmuan yang nantinya bisa digunakan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja.

Universitas pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendukung penuh program MBKM tersebut. UPI berpartisipasi aktif mengikuti empat program MBKM yang ditawarkan yaitu Magang dan Studi Independent (MSIB), Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), Kampus Mengajar, serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka. UPI memberikan konversi sks kepada mahasiswa yang melaksanakan kegiatan MBKM sebanyak 20 sks untuk mata kuliah yang sedang dikontrak pada masa MBKM berjalan, termasuk dengan KKN. UPI meluncurkan yang namanya KKN Rekognisi sebagai pengganti atau pengisi kegiatan KKN.

Program Magang Bersertifikat di PT Mitra Adi Perkasa Tbk

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program Kampus Merdeka. Program tersebut menjadi salah satu wadah yang memfasilitasi mahasiswa untuk bisa terjun langsung ke dunia kerja. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar kelas. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja yang menjadi mitra magang ini, mahasiswa tentu akan mendapatkan hardskill maupun softskill yang membantu mahasiswa agar lebih siap dalam memasuki dunia kerja nantinya.

Salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan program tersebut adalah PT Mitra Adi Perkasa Tbk. Dalam MBKM Batch 2 ini, saya Nofia Yuningsih mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari program studi Manajemen, berhasil lolos untuk mengikuti kegiatan magang di PT Mitra Adi Perkasa Tbk dengan posisi Business Administration.

mitra-adiperkasa-logo-svg-636a32a796b6805b37051b22.png
mitra-adiperkasa-logo-svg-636a32a796b6805b37051b22.png
PT Mitra Adiperkasa Tbk atau dikenal dengan MAP merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang industri retail dengan 77 subsidiaries atau anak perusahaan. MAP adalah peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 2.600 toko ritel.

Melalui program ini, PT Mitra Adi Perkasa Tbk mengajak mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan pengalaman nyata dengan terlibat langsung dalam kegiatan operasional di industri retail. Industri yang sangat dinamis baik di lapangan maupun di kantor pusat, karena harus selalu mengikuti perubahan permintaan pelanggan. Industri yang akan membantu mengembangkan kreativitas, inisiatif dan kemampuan berkolaborasi dalam keberagaman.

Pelaksanaan magang berlangsung selama 5 bulan yaitu dari 7 Februari 2022 -- 7 Juli 2022. Sebagai seorang bisnis administrasi, penulis berada dalam lingkup divisi Human Resource (HR).  Pada periode awal magang yaitu bulan Februari - April, penulis ditempatkan di bagian MAP Corporate, tetapi mulai dari bulan Mei - Juli, penulis ditempatkan di salah satu brand MAP dalam sektor Department Store yaitu The Foodhall yang dikelola oleh PT Swalayan Sukses Abadi.

Berikut beberapa tugas yang saya kerjakan selama magang:

  • Membantu HR dalam mengerjakan administrasi karyawan
  • Memasukkan & Mengelola data pribadi karyawan (kantor pusat dan toko) ke dalam website perusahaan
  • Berkoordinasi dengan HR terkait kelengkapan data karyawan
  • Mengisi dan mendistribusikan surat kerja
  • Melakukan perekapan data yang diperlukan seperti payroll dan reimbursement

Sesi Pematerian Bersama MAP Retail Academy

screenshot-2519-636a32d196b6804b76549832.png
screenshot-2519-636a32d196b6804b76549832.png
screenshot-2579-636a32faa51c6f2bea08cf62.png
screenshot-2579-636a32faa51c6f2bea08cf62.png

Innovation Project: Survey Pelanggan di salah satu store The Foodhall dengan menggunakan media kuesioner

thefoodhall-supermaket-ajak-pelanggan-berdonasi-sembako-wwy-636a332006b56a32e6718223.jpg
thefoodhall-supermaket-ajak-pelanggan-berdonasi-sembako-wwy-636a332006b56a32e6718223.jpg

Pelaksanaan rencana survey pelanggan yang dibuat oleh penulis ditujukan untuk salah satu brand PT Mitra Adiperkasa Tbk dalam sektor Department Store yaitu The Foodhall yang dikelola oleh PT Swalayan Sukses Abadi tepatnya pada salah satu store mereka yaitu Foodhall Plaza Senayan.

Foodhall Plaza Senayan sendiri merupakan salah satu store Foodhall dengan konsep tempat yang premium. Konsep tersebut tentu didukung juga dengan kualitas pelayan yang baik dari staff yang bertugas. Kualitas pelayanan staff menjadi salah satu faktor yang membangun terbentuknya kesan belanja yang dirasakan konsumen. Untuk itu, perlu diketahui lebih lanjut mengenai penilaian pelanggan terhadap pelayanan staff agar dapat menentukan apa yang perlu ditingkatkan.

Dengan adanya urgensi tersebut, penulis memutuskan untuk membuat media yang bisa digunakan untuk pelaksanaan survey pelanggan di Foodhall Plaza Senayan. Media yang digunakan adalah kuesioner yang dibuat dengan google form. Adanya survey ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada staff yang mendapatkan penilaian terbaik. Apresiasi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan semangat staff dalam bekerja

Tahapan Pembuatan Project:

  • Menentukan Urgensi Survey Pelanggan
  • Menentukan Tujuan Survey Pelanggan
  • Menentukan Dasar Survey Pelanggan
  • Menentukan Pertanyaan yang Sesuai
  • Membuat Kriteria Penilaian
  • Membuat Contoh Perhitungan Hasil Akhir
  • Membuat Poster Kuesioner (Dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Inggris)
  • Survey langsung ke Foodhall Plaza Senayan untuk menentukan penempatan poster
  • Membuat Desain Sertifikat untuk Reward Divisi Staff Terbaik
  • Menentukan Vendor untuk Pembuatan Poster dan Sertifikat
  • Membuat Rencana Anggaran Biaya

Kesimpulan

Setelah melaksanakan magang selama 5 bulan di Divisi Human Capital PT Mitra Adiperkasa Tbk sebagai Business Administration, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah: Peran seorang bisnis administrasi dalam divisi Human Resource (HR) sangat membantu pengelolaan administrasi data karyawan, menambah softskill dan hardskill baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya, mengetahui cara koordinasi yang tepat baik dengan sesama intern maupun dengan atasan. Terakhir, kuesioner sebagai media survey pelanggan yang telah dibuat diharapkan bisa menjadi acuan bagi pihak manajemen untuk pelaksanaan survey pelanggan dikemudian hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun