Mohon tunggu...
mintchonie
mintchonie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi mendengarkan musik, memiliki kepribadian yang introvert, sebagai seorang INFP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

[Opini] Apresiasi kepada Peserta Didik untuk Menunjang Semangat Belajar

14 Desember 2022   06:00 Diperbarui: 14 Desember 2022   06:07 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

[OPINI] Apresiasi kepada Peserta Didik untuk Menunjang Semangat Belajar

Apakah peserta didik yang mampu berprestasi saja yang membutuhkan apresiasi?

Meraih prestasi dan pencapaian akademik masih menjadi salah satu patokan keberhasilan peserta didik pada pendidikan di Indonesia saat ini. Peserta didik yang mampu berhasil dalam mengikuti perlombaan pada bidang akademik dianggap hebat dan pintar sehingga menjadi patokan kepintaran seseorang. 

Tidak sedikit pula orang tua yang memiliki pemikiran bahwa keberhasilan dan kepintaran anaknya hanya ditentukan oleh ranking di kelas, sehingga pencapaian anaknya di luar hal tersebut tidak mendapatkan pengakuan. Padahal masih banyak hal yang bisa dibanggakan dari peserta didik yang patut untuk mendapatkan pengakuan dan apresiasi. 

Peserta didik yang mampu mengikuti perlombaan non akademik, mampu menjawab pertanyaan dari guru, mampu menyampaikan pendapat, mampu tampil di hadapan banyak orang dan lain sebagainya juga memerlukan sebuah apresiasi dari seorang guru atau pendidik.

Lantas apa itu apresiasi kepada peserta didik? Mengapa diperlukan apresiasi?

Apresiasi sendiri merupakan proses pengakuan atau penilaian atas suatu pencapaian yang ditujukan kepada seseorang. Apresiasi tidak hanya sebatas diberikan dalam wujud benda, tetapi juga dapat diberikan melalui sebuah kata-kata pujian, motivasi, ucapan selamat, dan ungkapan kebanggaan akan suatu hal. 

Seorang guru harus mampu memahami karakter dari setiap peserta didik yang tentunya memiliki karakter berbeda-beda antar individu. Seorang guru juga harus membangun suasana belajar yang nyaman sehingga peserta didik akan merasa senang ketika proses pembelajaran. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru atau pendidik adalah dengan pemberian apresiasi terhadap kemajuan belajar dari setiap peserta didik. 

Pemberian apresiasi kepada peserta didik memiliki peranan penting terhadap pribadi mereka. Pemberian apresiasi tidak hanya sebatas apresiasi akan prestasi yang terlihat seperti kemenangan lomba, tetapi kemajuan belajar peserta didik juga membutuhkan sebuah apresiasi untuk mendorong peserta didik lebih semangat dalam belajar. 

Bahkan peserta didik yang mengalami kegagalan baik gagal dalam suatu perlombaan, gagal dalam menyampaikan pendapat, gagal dalam menjawab pertanyaan guru juga berhak untuk mendapatkan sebuah apresiasi karena peserta didik tersebut sudah berani mencoba untuk melakukan meskipun belum mendapatkan hasil yang terbaik.

Pemberian apresiasi kepada peserta didik sama dengan memberikan dorongan dan semangat untuk berproses maju, dengan memberikan apresiasi peserta didik akan merasa dihargai dan menjadi semangat untuk belajar. Ketika mendengar guru memberikan apresiasi, peserta didik akan merasa senang, bahagia, dan didukung atas pencapaian yang sudah dilakukan. 

Segala bentuk apresiasi oleh guru akan menjadikan peserta didik merasa bangga dan antusias dalam belajar, sehingga dapat mendorong peserta didik lain untuk melakukan kemajuan dalam proses belajar bahkan sampai memperoleh sebuah prestasi. Oleh karena itu, pemberian apresiasi kepada peserta didik dalam bentuk sekecil apapun akan memiliki peranan penting dalam proses belajar.

Bagaimana bentuk apresiasi yang dapat menunjang semangat belajar peserta didik?

Apresiasi dapat diberikan dalam bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh peserta didik. Dalam situasi di dalam kelas ketika peserta didik mampu menjawab pertanyaan dari guru, apresiasi dapat dilakukan adalah dengan tepuk tangan, ucapan yang positif yang dapat membuat peserta didik senang dan percaya diri, dan memberikan acungan jempol. 

Peserta didik yang mampu berprestasi dengan nama sekolah dan peserta didik yang mampu mendapatkan nilai terbaik ketika ujian dapat diberikan apresiasi berupa pemberian hadiah dari guru. 

Sedangkan bentuk apresiasi yang sesuai untuk peserta didik yang mengalami kegagalan adalah dengan memberikan kata-kata motivasi untuk menguatkan mental peserta didik sehingga masih mau untuk berproses maju meskipun mendapatkan kegagalan. 

Bentuk apresiasi lain dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik dalam acara penting di sekolah sehingga peserta didik dapat mengembangkat potensi yang dimilikinya. Tentu masih banyak bentuk apresiasi yang bisa diberikan kepada peserta didik yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari peserta didik.

Dengan demikian, memberikan apresiasi kepada peserta didik menjadi hal penting yang perlu dilakukan dalam menunjang semangat belajar peserta didik. 

Dengan memberikan apresiasi, peserta didik akan merasa senang, bangga, percaya diri, dan dihargai sehingga mampu menumbuhkan antusias peserta didik dalam belajar. Melalui pemberian apresiasi diharapkan peserta didik percaya akan potensi yang dimilikinya, tidak takut untuk mengalami kegagalan dalam proses belajar, merasa penuh motivasi untuk kemajuan belajar, dan peserta didik akan lebih semangat dalam belajar.

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat, dan terima kasih bagi yang sudah membaca.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun