Mohon tunggu...
Noenky Nurhayati
Noenky Nurhayati Mohon Tunggu... Guru - Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Saya adalah seorang penulis lepas, teacher trainer, MC, pendongeng dan kepala sekolah yang senang mengajar Karena memulai Dunia pendidikan dengan mengajar mulai dari Play group TK SD hingga SMP. Sampai sekarang ini. Saya masih aktif mengajar disekolah SD N BARU RANJI dan SMP PGRI 1 Ranji , Merbau Mataram. Lampung Selatan. LAMPUNG. Saya juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantarainya Kepala sekolah TK terbaik Se Kabupaten Bekasi, Kepala Sekolah Ramah Anak Se Kabupaten Bekasi, Beasiswa Jambore Literasi Bandar Lampung Tahun 2023 dan Beasiswa Microcredential LPDP PAUD dari Kemendiknas tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pencerahan Diri sebagai Guru PAUD dengan Mengikuti Kegiatan Beasiswa LPDP Microcrential

11 Februari 2023   19:25 Diperbarui: 11 Februari 2023   19:36 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENCERAHAN DIRI SEBAGAI GURU PAUD DENGAN MENGIKUTI KEGIATAN BEASISWA MICROCREDENTIAL GURU PAUD DENGAN METODE CONTEXTUAL PLAYWORLD

(Sebuah catatan pengalaman mengikuti kegiatan Beasiswa Microcredential LPDP untuk Guru PAUD, 15 OKTOBER 2022 -- 22 OKTOBER 2022)

Oleh : Nurhayati S.Sos, M.Pd

Pada saat mendaftar sebagai peserta dalam kegiatan BEASISWA MICROCREDENTIAL LPDP PAUD, hal yang terpikirkan pada saat itu adalah hanya terbatas pada bagaimana diri sebagai Guru PAUD dapat me-recharge pengetahuan dan pemahaman akan ilmu-ilmu baru tentang pendidikan anak usia dini setelah sekian lama melakukan pembelajaran yang sama setiap tahunnya.

Namun pada akhir pertemuan ternyata banyak sekali yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. Kemampuan seorang guru dalam mendidik khususnya anak usia dini pastilah dituntut untuk bagaimana ianya dapat melarung bersama anak-anak dengan dunia bermainnya dalam pembelajaran beragam yang berorientasi pada siswa dan ini merupakan hal yang penting dalam mencapai profil pelajar Pancasila.

Berbekal persyaratan yang pada akhirnya memenuhi kriteria penerimaan Beasiswa, maka berangkatlah saya pada hari yang telah ditentukan untuk bertemu bersama rekan-rekan lainnya dari daerah lain yang juga memiliki keinginan dan tujuan yang sama dalam memperbaharui ilmu yang kami miliki. Dengan moda transportasi yang beragam mulai dari pesawat, kereta api, bis maupun moda transportasi lainnya, bertemulah kami ditempat yang sudah ditetapkan ; HOTEL SYAHID JAKARTA, pada tanggal 15 Oktober 2022.

Saya pribadi memilih melalui jalur darat dengan Bis Damri  menyeberangi selat sunda menggunakan kapal laut dan tiba dengan selamat pada Subuh pagi di stasiun Gambir pada Sabtu tanggal 15 Oktober 2022. Setibanya di Stasiun Gambir saya menghubungi teman-teman dari daerah lain untuk bersama-sama sharecost menggunakan moda transportasi taxi on line untuk menuju ke Hotel secara bersama-sama.

Setibanya kami di hotel, kami juga bertemu dengan rekan-rekan lain yang lebih banyak lagi. Karena waktu check in yang belum dibuka, kesempatan ini kami manfaatkan untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman serta cerita seru yang masing-masing miliki sebagai pengisi waktu serta tak lupa berfoto ria untuk mengabadikan kegiatan ini.  

Setelah panitia memberi kesempatan registrasi hotel dan mendapat pengarahan lalu kami juga diberi kesempatan untuk berisitirahat sejenak dan membersihkan diri untuk kemudian akan dilakukan acara pembukaan pada pukul 04.00 sore, namun kami diberi kesempatan untuk makan siang terlebih dahulu yang difasilitasi pula oleh hotel. Lalu setelah memperoleh kamar, saya bersiap-siap mandi dan berganti pakaian dan sholat dhuhur dan ashar terlebih dahulu, untuk kemudian menunggu acara pembukaan dimulai.

Pada acara pembukaan ini, kami saling berkenalan dengan serunya. Ada beberapa permainan yang kami mainkan secara bersama-sama maupun group juga yel-yel pemberi semangat yang nantinya akan sering kami lakukan secara bergantian untuk saling memberi semangat. Untuk memudahkan kegiatan kami juga telah dibagi berdasarkan kelompok-kelompok dengan nama yang lucu-lucu dan seru. Ada kelompok kacamata, kelompok tinggi/ pendek (berdasarkan ukuran tubuh), kelompok heboh, kelompok pemalu dan lain-lain. 

Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Direktur Guru PAUD dan Dikmas. Setelah pembukaan secara resmi, kami mendapat materi awal "Understanding terms in early childhood Education and Inclusive Education (Gambaran umum Playful Pedagogy dan Inklusi)" yang disampaikan oleh Ibu Ade Dwi Utami. Untuk sesi pembukaan ini, kegiatan selesai pada jam 06.00 sore sehingga kami dapat kembali ke kamar masing-masing dan beristirahat untuk memulai kembali kegiatan pada keesokan harinya.

Di hari kedua, acara dimulai pada pagi hari pada jam 08.00 pagi waktu Jakarta. Setelah sarapan dan berbincang-bincang serta berkenalan dengan peserta lain, kami mulai hari kami dengan berdiskusi, mendengarkan pengarahan dari narasumber, tanya jawab dan ice breaking yang sangat memacu semangat kami. Pada kegiatan ini kami dipandu oleh Ibu Nindyah Rengganis dan Ibu Ade Dwi Utami yang menyampaikan materi "PLAYFUL LEARNING AND PEDAGOGY (Pengantar Merdeka Bermain/ Pedagogi bermain)" hingga pukul 10.00 pagi. 

Waktu tanpa terasa berjalan dengan cepat karena pada sesi ini kami terus bergerak dan saling berbagi ide untuk memunculkan kegiatan bermain untuk anak usia dini yang penuh dengan keceriaan. Kegiatan dilanjutkan kembali setelah Coffe Break pada pukul 10.30 dengan materi "Inclusive Education in early Childhood" oleh ibu Hani Yulindrasari dan Ibu Nindyah Rengganis. Pada materi ini dikupas tentang Pendidikan inklusif pada anak usia dini. 

Kegiatan diisi dengan terus memancing rasa ingin tahu kami melalui diskusi, tanya jawab dan praktek secara langsung untuk menggambarkan pendidikan inklusif dan bagaimana pendidikan inklusif berbeda dari pendidikan terintegrasi.

Kemudian setelah coffee break dan istirahat sejenak dilanjutkan dengan Classroom need assessment. Classroom Need Assesment merupakan kegiatan evaluasi yang dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang diperoleh sebelum dan sesudah kegiatan. Dengan mengerjakan Classroom need assessment ini diharapkan peserta dapat meningkat kemampuan dan pemahamannya dengan lebih baik lagi.

Pada Senin 17 Oktober 2022, setelah sarapan pagi yang luar biasa nikmatnya kegiatan dilanjutkan dengan bersiap dan memasuki ruangan belajar. Kegiatan pagi ini akan membahas mengenai 'Gambaran dan pengenalan pembentukan lingkungan belajar yang inklusi' yang disampaikan oleh  Graham Parr, Megan Adams, dan Gloria quinones. Sesuai dengan agenda yang telah dipersiapkan, maka kami mulai hari ini sampai dengan hari-hari berikutnya, dimulailah pelatihan yang akan diberikan langsung oleh team pengajar dari MONASH UNSIVERSITY, AUSTRALIA. 

Betapa antusiasnya kami pada awal bertemu dan memulai pelatihan ini. Teknis kegiatan yang dilaksanakan pada sesi ini adalah dengan menggunakan Zoom Meeting. Namun hal yang paling membuat kami tertantang adalah setiap pembahasan kami selalu berkesempatan untuk melakukan kerjasama dan praktik secara langsung serta berinteraksi dengan menggunakan Bahasa inggris sehingga kemampuan kami dalam hal speaking skill dapat terasah dengan baik sekaligus menambah pengetahuan.

Belajar bersama dosen dari MONASH UNIVERSITY, Australia, Mrs. Gloria quinones selama 2 (hari) di awal kegiatan lalu pendalaman bersama pada akhir kegiatan memberikan banyak ilmu kepada kami bagaimana memahami tentang Pendidikan Inklusi dan bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang inklusi. Lalu kami juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengarahan pembelajaran dari Ms. Megan Adams tentang Regulasi dan kebijakan, Desain pembelajaran yang universal.

Kerangka Pendidikan dan standar dalam pendidikan yang inklusi serta Guru sebagai agen perubahan pada dua hari berikutnya yang kesemuanya disampaikan dengan sangat menarik dan interaktif dimana kami tidak hanya selalu mendengarkan apa yang disampaikan namun kami juga terlibat aktif untuk membuat program pembelajaran, kegiatan interaktif, praktik pembelajaran di kelas hingga membuat yel-yel sebagai intermezzo kegiatan yang kesemuanya sangat menyenangkan dan penuh tawa.

Disela-sela kegiatan, saat kami sedang berisitirahat atau belum memasuki kelas, kami juga diajak melakukan kegiatan bersama seperti senam pagi yang diadakan rutin setiap pagi dan berlokasi di dekat kolam renang hotel. Kegiatan senam pagi yang diselenggarakan oleh panitia ini lebih tepatnya adalah kegiatan kebersamaan dimana kami saling bertukar kegiatan ice breaking untuk anak didik yang kami lakukan dengan riang gembira.

Lalu tibalah kegiatan puncak yang kami laksanakan dimana pada kegiatan ini kami belajar tentang dunia permainan untuk anak dan mengajarkan konsep Playworld sesuai dengan materi yang disampaikan oleh kedua narasumber dari MONASH UNIVERSITY yaitu Ms. Megan Adams dan Mrs. Gloria Quionones. Pada kegiatan ini kami diminta memilih sebuah cerita yang bisa diambil dari buku-buku bacaan anak yang memang sudah ada atau membuat sebuah cerita yang menarik yang dapat ditampilkan dalam sebuah penampilan drama.

Bakat dan kemampuan peserta yang memang mumpuni memukau kami semua saat kami saling beradu acting memerankan tokoh yang kami bawakan masing-masing pada cerita yang telah kami pilih sehingga saat perpisahan tiba, hal ini membuat kami semua haru dengan pengalaman yang telah kami lalui.

Setelah melewati banyak hari bersama akhirnya kami harus pulang untuk membagikan kembali pengalaman kami ini disekolah masing -- masing dan menerapkan ilmu yang telah kami peroleh. Kegiatan akhir ini dikemas sebagai projek kerja dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan untuk kemudian dapat dipresentasikan pada kegiatan zoom mmeting kembali untuk melihat sejauh mana kami telah menerapkan semua ilmu yang telah kami serap khususnya pada materi Conceptual Playworld. Dengan demikian maka kami telah dapat pula menyebarkan semangat kepada guru-guru lainnya melalui kegiatan ini.

Sebagai penutup saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama kepada panitia penyelenggara yang tak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah dengan sangat baik hati membimbing kami mulai dari proses awal perekrutan hingga selesai pelaksanaan kegiatan dengan penuh semangat dan keceriaan tanpa kenal lelah. Semoga apa yang telah dilakukan dapat diikhlaskan untuk kami dan semoga pahala berlipat dari Alloh SWT yang akan membalasnya. Amin YRA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun