Pekerjaan menjadi admin media sosial saat ini banyak diincar loh! Terutama bagi pekerja yang fokusnya pada industri media digital. Pekerjaan ini juga banyak dicari oleh perusahaan juga karena media sosial saat ini dapat dipakai oleh perusahaan untuk membangun citra dan meraih perhatian masyarakat.Â
Seorang admin media sosial biasanya bertugas untuk bertanggung jawab atas media sosial perusahaan atau brand tersebut, seperti dalam mengupdate informasi terbaru mengenai trend atau yang berkaitan dengan produk yang dijual, serta juga menjadi perantara perusahaan dengan audiens.
Kali ini kita akan mencoba untuk meneliti admin media sosial dari akun official Instagram Shopee @shopee_id. Nah untuk kalian yang berminat untuk menjadi admin media sosial, yuk simak tips-tips untuk menjadi admin media sosial yang baik dan sukses!
1. Membuat konten yang menarik
Sebagai admin media sosial, tentunya kita perlu memperhatikan dan mengembangkan kreativitas kita dalam membuat sebuah konten.
Dalam hal ini tentunya seorang admin media sosial perlu memahami profil perusahaan dan produk perusahaan dengan tepat agar media sosial yang dibangun juga sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Seperti pada akun media sosial Instagram dari Shopee ini, admin terlihat memahami profil perusahaan yang memiliki branding warna identik dengan warna orange yang diterapkan sebagai warna dasar dari hampir keseluruhan kontennya.
Admin @shopee_id juga mengerti produk yang diusung oleh perusahaan, seperti terlihat dalam konten yang diunggah yaitu mempromosikan adanya voucher gratis ongkir yang dikemas dalam konten yang menarik mengikuti trend.
2. Kenali target pasar perusahaan
Seorang admin media sosial tentunya perlu mengenali dan memahami target pasar perusahaan, karena hal ini dapat membantu admin tersebut dalam membangun konten yang diminati pasar.
Melihat dari akun Instagram @shopee_id, admin media sosialnya telah mengenali target pasar Shopee dengan tepat. Shopee menargetkan pasar pada kalangan remaja dan dewasa muda, jadi konten yang dibangun merupakan konten interaktif yang kekinian yaitu seperti dengan menggunakan meme seperti pada gambar 1.2.
3. Membangun komunikasi yang baik dengan audiens
Interaksi yang baik tentunya perlu dibangun oleh seorang admin media sosial dengan audiens media sosial perusahaan tersebut.Â
Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat membangun citra yang baik di masyarakat dan dapat mengeratkan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat.
Pada akun Instagram @shopee_id, admin media sosialnya terlihat membuat konten interaktif yang mengajak partisipasi audiens, yaitu dengan membuat konten yang berisi pertanyaan pendapat audiens.
Dari konten ini terbukti bahwa banyak masyarakat yang antusias berpartisipasi aktif yaitu dilihat dari komentar yang sudah mencapai angka ribuan.
Admin media sosial ini juga tidak lupa untuk membalas komentar audiens dengan menggunakan bahasa yang ramah.
Hal ini menunjukan bahwa admin media sosial tersebut benar-benar membangun komunikasi dengan audiens sebaik mungkin.
4. Membuat jadwal penayangan konten yang efektif
Sebagai seorang admin media sosial harus membuat jadwal penayangan konten yang tepat. Hal ini dapat dilakukan mulai dari melihat insight atau engagement followers, yaitu seperti hari dan jam aktif dari followers.
Penjadwalan ini dilakukan agar waktu pengunggahan konten bisa tepat sasaran dan dilihat oleh banyak audiens.
Dari akun Instagram @shopee_id, waktu pengunggahan konten biasanya sering dilakukan pada waktu pagi - sore dan setiap harinya konten yang diunggah berkisar diantara 6-10 konten, dengan selang waktu pengunggahan ada yang berjarak satu jam dan ada yang lebih.Â
Waktu pengunggahan konten yang dilakukan oleh Shopee cukup konsisten setiap harinya dilihat dari waktu unggahan - unggahan yang telah ada.
Secara keseluruhan, admin media sosial dari akun Instagram @shopee_id ini telah menjalankan tugasnya dengan baik dan juga dapat mempertahankan citra Shopee dengan baik, karena sampai saat ini tidak ada berita kasus menyangkut admin tersebut.
Untuk kalian yang juga berminat menjadi admin media sosial, perlu juga untuk menjadi teliti ya! Karena kalau kurang teliti, bisa saja terjadi kesalahan seperti yang mengharuskan kamu untuk menggunggah ulang konten atau dapat menimbulkan kasus yang merugikan perusahaan.
Sekian tips - tips untuk menjadi admin media sosial yang baik dan tentunya profesional, semoga bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H