Mohon tunggu...
Adhi Nugroho
Adhi Nugroho Mohon Tunggu... Penulis - Blogger | Author | Analyst

Kuli otak yang bertekad jadi penulis dan pengusaha | IG : @nodi_harahap | Twitter : @nodiharahap http://www.nodiharahap.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengubah Derita Menjadi Gelimang Harta

4 September 2018   00:03 Diperbarui: 4 September 2018   00:16 898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengubah Derita Menjadi Gelimang Harta | Sumber gambar : slidemodel.com (diolah dan disajikan kembali dalam bentuk infografis).

Jika ditanya siapakah sosok paling inspiratif di Indonesia yang patut dicontoh dalam meraih kesuksesan? Tanpa ragu saya pasti menjawab : Tung Desem Waringin.

Derita menakdirkan saya mengenal sosoknya. Ketika itu saya hampir putus asa. Sama seperti kebanyakan orang, penderitaan yang saya alami disebabkan karena salah mengelola harta.

Mungkin ini juga terjadi pada diri kalian, khususnya yang berprofesi sebagai karyawan. Belum lama gajian, kok sudah habis tidak karuan. Alih-alih menebalkan tabungan, malah mencari pinjaman kepada teman jelang akhir bulan. Niat punya kendaraan jadi tertunda, karena terpaksa mengencangkan ikat pinggang demi sesuap makan.

Terhitung sudah tujuh tahun saya bekerja. Selama itu pula, saya hidup mandiri. Namun ketika melihat kembali, ternyata saya belum menghasilkan apa-apa. Jangankan rumah, kendaraan saja belum punya.

Ah, saya kan sudah menikah,setidaknya saya mampu menghidupi anak orang, batin saya mencari pembenaran.

Tapi, justru itulah persoalannya. Setiap suami pasti ingin membahagiakan istrinya. Saya pun demikian.

Istri saya tidak bekerja. Sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, saya ingin menghadirkan 'istana' untuknya. Ingin menyediakan 'kereta kuda' yang terbaik untuk transportasi bagi dirinya dan anak-anak kami kelak. Ingin pula mewujudkan cita-citanya melanjutkan studi hingga pasca sarjana.

Jika saat ini Tuhan memanggil saya, apa jadinya dia nanti? Batin saya berkecamuk.

Beruntung Ada Pak Tung

Pertanyaan itu terus menghantui benak saya. Hingga suatu ketika, saat sedang asyik bermain YouTube, tidak sengaja saya melihat sebuah video. Judulnya sangat menarik untuk di-klik, 'Bagaimana Mempunyai Peternakan Uang?'

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun