Mohon tunggu...
Muhammad NizarZamroni
Muhammad NizarZamroni Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

saya adalah mahasiswa semester akhir di salah satu perguruan tinggi negeri islam di Malang. aktivitas saya sehari-hari yaitu kuliah dan membantu orang tua di pasar. untuk hobi saya yaitu sholawatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Kegiatan Ekonomi pada Jenjang Sekolah Dasar

18 Oktober 2023   12:53 Diperbarui: 18 Oktober 2023   16:58 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama Kelompok : Muhammad Nizar Zamroni 200103110119

                                      Septarina Dwi Rosalina 200103110049

                                      Anjani Anjarwati 200103110061 

LABORATORIUM EKONOMI

          Laboratorium di sekolah merupakan kelengkapan akademik yang menunjang kegiatan pembelajaran. Demikian juga laboratorium ekonomi, sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan. Laboratorium ekonomi di sekolah sebenarnya mempunyai peran penting baik sebagai sumber belajar maupun sebagai prasarana pendidikan yang menunjang pembelajaran ekonomi.

      Apa peranan laboratorium dalam pembelajaran di sekolah yaitu Laboratorium sangat dibutuhkan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa khususnya dalam pelajaran IPA. Laboratorium berfunsi sebagai tempat latihan siswa dalam memahami konsep yang sudah diajarkan oleh guru di dalam kelas sekaligus membuktikan teori-teori ilmiah yang diperolehnya dalam pembelajaran. Kegiatan siswa di laboratorium tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar mengajar.

- KOMPETENSI DASAR

3.3 . Kompetensi Pengetahuan

         Menganalisi peran ekonomi dalam upaya menyejakterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat persantuan dan kesatuan bangsa.

- TUJUAN

    1. Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi dengan tepat

    2. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan jenis-jenis usaha kegiatan ekonomi di indonesia

        Dengan benar.

    3. Melalui pengamatam siswa dapat menyimpulkan cara menghargai usaha ekonomi orang

        Lain dengan tepat.

- LOKASI

   -   Kelompok kami mengambil lokasi di sekolahan.

   - Materi yang di ambil 1) Kegiatan ekonomi di indonesia. 2) Jenis-jenis usaha dalam bidang

     Ekonomi. 3) Mengehargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

- KELAS

   Kelompok kami mengambil kelas V tema Berbagai Pekerjaan Ekonomi

   LEMBAR OBSERVASI

 

Tujuan 

Observasi

Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi. 

  • Jelaskan pengertian kegiatan ekonomi yang kalian ketaui dan berikan contohnya

Melalui diskusi siswa mampu menjelaskan jenis-jenis kegiatan ekonomi. 

  • Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis usaha ekonomi di bidang ekonomi minimal 5.  

Melalui pengamatan siswa dapat menyimpulkan cara menghargai usaha ekonomi orang lain.  

  • Amatilah kegiatan ekonomi di sekitar rumahmu lalu simpulkan cara kalian menghargai usaha ekonomi orang disekitar rumahmu. 

 

AKTIVITAS GURU DAN SISWA

No 

Waktu 

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

1

07.00-07.15

Guru membuka pembelajaran dengan doa bersama

Siswa membaca doa dan mempersiapkan untuk proses pembelajaran

2

07.15-07.45

Guru menyiapkan proyektor sebagai media pembelajaran

Siswa mengamati gambar kegiatan ekonomi di Indonesia yang telah guru perlihatkan melalui proyektor

3

07.45- 08.15

Guru memberi penguatan tentang gambar kegiatan ekonomi di indonesia yang sudah diperlihatkan pada siswa

Siswa mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru

4

08.15-08.50

Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang jenis-jenis perekonomian yang telah diamati

Siswa untuk berdiskusi tentang jenis-jenis perekonomian dengan panduan lembar kerja siswa dan bimbingan guru

5

08.50-09.00

Guru memberi beberapa pertanyaan terkait hasil diskusi para siswa

Siswa menjawab beberapa pertanyaan dari guru bersama anggota kelompok diskusi.

6

09.00-09.30

Guru mengarahkan siswa untuk istirahat

Siswa melakukan aktivitas pada jam istirahat

7

09.30-10.00

Guru memberikan soal untuk mengetahui pemahaman terhadap materi

Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru

8

10.00-11.00

Guru memberi penguatan dan kesimpulan terkait pembelajaran

Siswa mendengarkan yang disampaikan guru

9

11.00-11.30

Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya untuk menambah informasi

Siswa bertanya pada guru jika ada yang belum dipahami

10

11.30-11.45

Guru memberi penugasan untuk dkerjakan di rumah

Siswa menandai penugasan yang diberikan guru untuk dikerjakan di rumah

11

11.45-12.00

Guru melakukan doa penutup serta mengakhiri pembelajaran kegiatan perekonomian pada hari itu

Siswa membaca doa bersama

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun