Mohon tunggu...
Nizar Risqy Andhreawan
Nizar Risqy Andhreawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mount Guide

HA HA HI HI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengharmonisasikan Musik Dan Merek: Strategi Jkt48 Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Erigo

31 Oktober 2023   07:46 Diperbarui: 31 Oktober 2023   08:00 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum Wr.wb

Salam Sejahtera untuk kita semua. Halo sahabat setia Kompasiana, Kembali lagi dengan saya Nizar Risqy Andhreawan yang merupakan seorang mahasiswa semester akhir dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bagaimana kabar sahabat setia Kompasiana? Semoga tetap diberikan Kesehatan dan tetap dilancarkan segala aktivitasnya.

Dalam artikel ini saya ingin membahas mengenai Manajemen Web dan Media Sosial, dan berhubung saat ini Idol Group JKT48 dan Erigo sedang melakukan kerja sama, saya ingin memberikan judul artikel saya yaitu "Mengharmonisasikan Musik dan Merek: Strategi JKT48 Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Erigo".

Sebelumnya saya ingin memberi tahu apa Manajemen Web dan Media Sosial itu?

Manejemen Web dan Media Sosial merupakan pengaplikasian dan strategi yang digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan kehadiran online sebuah entitas, seperti sebuah Perusahaan, kelompok organisasi, atau individu yang melalui situs web dan berbagai platform media sosial. Beberapa tujuan utama dari Manajemen Web dan Media Sosial yaitu untuk membangun, memelihara, dan meningkatkan reputasi secara online, dan berinteraksi dengan target audiens.

Berikutnya, apakah teman-teman tahu tentang JKT48?

JKT48 merupakan salah satunya Idol Group dari Indonesia yang merupakan cabang Idol Group dari Jepang yaitu AKB48, awal dikenalkannya JKT48 yaitu pada tahun 2011 dan dikenalkan langsung oleh pendiri 48Group yaitu Yasushi Akimoto. JKT48 juga Idol Group yang pertama kali berdiri diluar negara Jepang.

Kolaborasi antara industri musik dan dunia bisnis sudah membuktikan sebagai kerja sama yang sukses dalam mempromosikan suatu merek dan produk. Salah satu contoh kerja sama yang paling mencolok untuk saat ini yaitu kerja sama antara Idol Group JKT48 dan merek terkenal Erigo. Kedua pihak saat ini telah melakukan strategi yang dibilang unik dalam menggabungkan seni musik dan bisnis untuk mencapai kesuksesan yang mengesankan. Dalam artikel ini, saya ingin membahas bagaimana JKT48 mengharominisasikan music dengan merek Erigo dalam meningkatkan penjualan produk.

Mengembangkan Identitas merek yang kuat

Salah satu tujuan utama dari kerja sama JKT48 dan Erigo adalah membangun identitas merek dan meningkatkan penjualan produk. Karena JKT48 merupakan salah satu Idol Group yang ada di Indonesia, hal ini dapat memberikan nilai jual produk yang signifikan ke merek Erigo. JKT48 memberikan citra merek yang anak muda banget hal ini sangat sesuai dengan beberapa produk Erigo yang target pasarnya adalah kalangan muda. Langkah ini merupakan Langkah yang relevan dan telah menciptakan kecocokan antara brand dan music.

Memanfaatkan Media Sosial dan E-commerce

Strategi berikutnya yang digunakan oleh Erigo dan JKT48 adalah pemanfaatan media sosial. Pemanfaatan media sosial ini digunakan semaksimal mungkin oleh Erigo karena pihak Erigo juga sangat aktfi berinteraksi dengan penggemar JKT48 melalui media sosial Twitter dan Instagram. Selain itu Erigo juga membuat beberapa konten menarik yang menampilkan member JKT48 di media sosial Tiktok dan Instagram Reels untuk menarik penggemar dari JKT48 maupun bukan penggemar JKT48. Selain melakukan promosi dimedia sosial Erigo juga melakukan promosi melalui live di platform E-Commerce yaitu Shopee dan Tiktokshop. Tercataat saat ini sudah ribuan produk Erigo yang berkolaborasi dengan JKT48 sudah terjual hingga ribuan produk di aplikasi E-Commerce seperti Tiktokshop, Shopee, dan Tokopedia. Erigo melakukan penjualan melalui E-Commerce merupakan salah satu efektivitas dalam melakukan penjualan dan memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi dan dengan penggunaan E-Commerce pembeli juga merasa aman dalam melakukan transaksi.

Produk Khusus Kolaborasi Erigo dan JKT48

Erigo dan JKT48 telah mengeluarkan beberapa produk khusus yang terinspirasi dari member JKT48 yang terdiri dari T-Shirt, Hoodie, dan Jeans Jacket. Produk kolaborasi ini ditujukan kepada penggemar JKT48 dan kolaborasi produk ini diharapkan dapat menarik antusiasme penggemar JKT48 untuk membeli produk dari Erigo. Tidak hanya sebagai keluaran produk tambahan dari Erigo, akan tetapi juga digunakan oleh Erigo sebagai alat promosi yang kuat untuk meningkatkan daya tarik produk Erigo.

Dapat Menciptakan Kesetiaan Penggemar

Salah satu tujuan dari kerja sama Erigo dan JKT48 ini diharapkan daapt menciptakan kesetiaan dari penggemar JKT48 untuk terus menggunakan beberapa produk dari Erigo. Seluruh Penggemar JKT48 secara pribadi merasa terlibat dengan merek Erigo, dan hal ini dapat menciptakan peluang besar bagi Erigo untuk penjualan berulang produk. Dengan terus menerus memperkenalkan produk dan beberapa konten menarik untuk penggemar JKT48 yang diunggah di sosial media, Secara tidak langsung Erigo telah berhasil membuat membuat kesetiaan dari penggemar JKT48 dan hal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Kerja sama antara Erigo dan JKT48 merupakan kerja sama yang sukses tentang bagaimana sebuah Idol Group dengan merek produk dapat menjalin kerja sama untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dengan memanfaatkan Identitas merek yang kuat, media sosial, e-commerce, produk khusus, dan membangun kesetiaan penggemar dari JKT48, strategi marketing ini telah membantu untuk meningkatkan penjualan dari produk Erigo dan kerja sama ini dapat juga memberikan feedback yang baik untuk JKT48 untuk terus berkembang di industri musik. Contoh kerja sama ini dapat diterapkan oleh beberapa Perusahaan produk yang ingin meraih kesuksesan. Dengan melalui kerja sama Erigo dan JKT48 telah menciptkan kerja sama yang telah menguntungkan antara kedua belah pihak dan meraih kesuksesan bersama.

Saya ucapkan mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel.

Sekian dan Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun