Mohon tunggu...
Niwayan lahaina Michelle
Niwayan lahaina Michelle Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Periklanan dari Produk Kemasan Minuman Segar

7 Juli 2024   19:15 Diperbarui: 7 Juli 2024   20:54 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dosen Pengampu Agus Hermanto, S.I.K, M.I.Kom
Mata Kuliah Pengantar Advertising

Ni Wayan Lahaina Michell // 23010400185
Nasywa Rahmadhita // 23010400193
Syahna Muffarihah Siregar // 23010400198

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi.

Menganalisis Periklanan dari Produk Kemasan Minuman Segar

Produk kemasan minuman inisial "N" adalah salah satu produk pertama dan unggulan dari Nutrifood. Nutrifood merupakan perusahaan makanan dan minuman di Indonesia yang didirikan pada tahun 1979. Pada awalnya produk ini merupakan minuman serbuk rasa yang menyediakan rasa buah jeruk saja. Namun pada perkembangannya produk ini terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau dengan kata lain mengeluarkan rasa-rasa baru. Selain jeruk, produk ini juga menggunakan berbagai macam buah pada varian produknya, seperti jambu,mangga, rujak yang biasanya dikonsumsi dengan kita makan sekarang bisa kita minum, dan varian rasa lainnya. Bahkan sayuran juga digunakan sebagai varian rasa baru pada produk ini. Produk ini juga mengeluarkan produk baru yaitu, dengan kombinasi rasa antara buah dan sayuran. Pada perkembangan selanjutnya, produk ini tidak hanya berupa minuman kemasan yang harus diseduh terlebih dahulu, tetapi sekarang produk ini juga memiliki poduk yang dapat langsung diminum.

Produk ini sangat populer di kalangan masyarakat karena praktis, murah, mudah dibuat dan kualitasnya yang sangat baik, bahkan menjadi minuman kemasan favorit karena banyaknya varian rasa. Banyak orang yang menggunakan produk ini sebagai minuman sehari-hari yang dikonsumsi kapan pun dan dimana pun. Karena produk ini sudah mengeluarkan produk yang dapat langsung diminum, jadi tanpa perlu khawatir tentang cara membuatnya yang enak dan seimbang.

  • Target Khalayak Produk ini

1)  Remaja

Karena kebanyakan remaja ingin mengonsumsi minuman yang praktis, murah dan mudah dibuat. Apalagi produk ini mempunyai varian rasa yang sangat banyak jadi mudak untuk memilih apa yang ingin diminum dan ditambah produk ini varian rasanya sangat menyegarkan.

2)  Ibu rumah tangga dan keluarga

Karena biasanya dirumah pasti ada keluarga, ada tamu yang pastinya akan disajikan minuman yang pas untuk mereka bersantai dirumah.

  • Pesan yang Disampaikan dari Produk ini

1)   produk ini berfokus pada kelezatan dan kesegaran buah-buahan bahkan sayuran dalam bentuk minuman instan yang terkandung dalam produk mereka.

2)  Produk ini juga 100% vitamin C, tetapi bukan cuma vitamin C ada juga vitamin A, B1, B3, B6, B9, E, fosfor dan kalsium.

3)  Produk ini juga menekankan kemudahan dalam menikmati minuman buah dan sayur dengan kemasan yang praktis, murah dan mudah disajikan. Pesan ini menyoroti bahwa produk ini adalah pilihan yang cocok untuk dinikmati kapan pun dan dimana pun, serta memberikan kepuasan tanpa harus sulit mempersiapkan minuman buah-buahan dan sayur-sayuran segar secara manual.

  • Untuk Kepentingan Konsumen yang Bagaimana?

Konsumen yang ingin menikmati minuman buah dan sayuran segar tanpa harus sulit mempersiapkan secara manual karena mudah disajikan dan bisa didapatkan dimana saja.

  • Keunikan Iklan dan Produk ini yang Membuatnya Menonjol dan Mampu Menarik Perhatian Konsumen

1)  Pada iklan produk ini sering kali menampilkan visual yang menarik dan penuh warna, sesuai dengan varian rasa yang mereka tawarkan. Warna-warna cerah seperti orange, kuning, dan merah yang menjadi dominan didalam iklannya, hal tersebut mencerminkan rasa buah-buahan sebar yang menjadi bahan dasar produk ini.

2)  Iklan produk ini juga biasanya mengusung tema cerita dan energik, yang sesuai dengan tujuan produk ini sebagai minuman penyegar. Seperti musik yang upbeat, tarian, dan aktivitas-aktivitas menyenangkan sering ditampilkan untuk menggambarkan kesegaran dan semangat yang ditawarkan produk ini.

3)   Cerita  yang digunakan mengunggah emosional berada didalam iklan produk ini. Misalnya, cerita tentang kebersamaan keluarga, momen-momen kebahagian bersama teman-teman, momen ramadhan, atau pengalaman-pengalaman sehari-hari yang menjadi lebih spesial dengan hadirnya produk ini.

4)  Produk ini menekankan manfaat kesehatannya dalam iklan, seperti kandungan vitami C yang tinggi, manfaat hidrasi, dan vitamin lainnya. Pesan-pesan ini disampaikan dengan cara yang mudah dipahami dan menarik, sehingga konsumen dapat mengingat manfaat dari produk ini.

5)  Karakter jeruk yang bisa berbicara. Ini juga menjadi bagian menarik dalam iklan produk ini. Dia ditokohnya yang selalu berharap bisa menikmati kesegaran produk ini dengan tingkah polahnya yang lucu.

6)  Iklan produk ini mempunyai slogan iklan yang unik yaitu "jeruk kok minum jeruk!". Hal ini dapat selalu didengar oleh masyarakat dan pastinya akan mengingat produk ini.

7)  Iklan produk ini biasanya menampilkan tokoh-tokoh populer atau selebriti sebagai bintang iklan. Bahkan, dibeberapa iklan nya selalu menampilkan tokoh Joshua yang merupakan artis cilik yang terkenal dimasanya. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian lebih banyak orang dan memberikan kesan bahwa produk ini adalah pilihan  minuman tang disukai banyak orang, termasuk para idola mereka.

8)  Salah satu keunikan utama dari produk ini adalah keberagaman varian rasa yang mereka tawarkan, seperti jeruk, mangga, jambu dan varian rasa lainnya. Iklan produk ini sering kali menyoroti berbagai rasa ini, memberikan kesan bahwa ada banyak pilihan yang bisa dinikmati oleh konsumen sesuai dengan selesa mereka, bahkan sekarang produk ini memiliki sekitar 45 varian rasa.

9)  Iklan produk ini juga sering menonjolkan kepraktisan produk mereka. Karena produk ini berupa serbuk yang mudah dibawa kemana-mana dan hanya perlu dicampur dengan air dan es untuk dinikmati, bahkan sekarang produk ini mengeluarkan produk yang dapat langsung diminum tanpa diseduh terlebih dahulu, hal tersebut menjadikan peroduk ini pilihan yang praktis untuk berbagai situasi, baik di rumah, di kantor, maupun saat berpergian.

10)  Keunikan produk ini terletak pada kreativitas visual, tema cerita emosional, pesan kesehatan, penggunaan tokoh populer, varian rasa yang beragam, penekanan pada kepraktisan, dan interaksi dengan konsumen. Semua elemen ini secara efektif berkontribusi untuk menciptakan iklan yang menarik, menghibur dan informatif. Sehingga mampu membangun citra positif dan loyalitas konsumen terhadap produk ini.

11)  Produk ini juga sering kali berintraksi dengan konsumen, dalam mengadakan kampanye nteraktif melalui media sosial, seperti kompetisi foto dan video, yang mengajak konsumen untuk berbagi pengalaman mereka dengan produk ini. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan konsumen tetapi juga memperkuat hubungan antara merek dan pelanggannya.

12)  Selain itu, produk ini juga kerap memberikan penawaran-penawaran menarik yang membuatnya semakin menarik misalnya, ketika Anda membeli suatu produk, Anda mungkin menerima penawaran khusus gratis atau diskon pada waktu-waktu tertentu, seperti hari libur atau ulang tahun perusahaan.

Tujuan Iklan dan Produk ini

1)  Mempromosikan produk dengan varian rasa baru produk ini yang ditunjukan kepada masyarakat.

2)  Meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk ini.

3)  Meningkatkan penjualan produk ini

Kesimpulan

Iklan produk ini selalu diingat oleh masyarakat karena dengan segala keunikannya, tidak heran jika produk ini menjadi salah satu pilihan utama banyak orang, karena iklan yang kreatif, citra rasa yang senantiasa inovatif, harga yang terjangkau dan penyajian yang praktis membuat produk ini semakin digemari banyak orang. Cita rasa yang inovatif dari produk ini dengan banyak nya manfaat yang terkandung dalam produk nya membuat para konsumen tidak ada bosennya terus mencoba varian rasa dari produk ini. Karena produk ini hadir dengan berbagai varian rasa yang banyak dapat disesuaikan dengan selera pribadi, sehingga sangat cocok digunakan berbagai situasi dan kondisi apapun. Keunikan-keunikan yang sudah disebutkan diatas, dapat menbantu produk ini untuk membedakan dengan produk lainnya di antara persaingan di pasar minuman dalam varian rasa dan kemasan. Dengan demikian, cara produk ini menyampaikan pesan dalam iklan atau produk nya, konsumen akan semakin merasakan manfaatnya dan semakin loyal terhadap produk tersebut.

Namun, produk ini juga jangan terlalu sering dikonsumsi karena produk ini adalah produk kemasan yang walaupun mempunyai banyak manfaat vitamin dan lain-lain, tetapi kita juga harus lebih memperhatikan kesehatan kita. Sesekali untuk kita konsumsi tidak apa-apa.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun