Matematika seringkali dianggap sebagai obsesi bagi banyak siswa. Mitos-mitos yang melingkupi pembelajaran ini seringkali menimbulkan suasana pembelajaran yang menegangkan dan tidak nyaman. Namun, apakah  matematika harus dianggap sebagai kutukan yang sulit diatasi?
Dalam tulisan kali ini saya akanmencoba untuk mematahkan mitos-mitos tersebut dan mengeksplorasi cara membangun kepercayaan diri saat belajar matematika.
Matematika  tidak boleh dianggap sebagai tantangan yang tidak dapat diatasi. Sebaliknya, ini adalah keterampilan yang dapat dikuasai dengan pendekatan yang tepat dan kepercayaan diri yang cukup.Â
Ketika kita menghilangkan mitos-mitos seputar matematika, kita dapat membuka pintu menuju pengalaman belajar yang lebih positif dan membangun landasan yang kuat untuk pemahaman matematika yang lebih dalam.
Ulasan Mitos Matematika
1. Saya tidak akan pernah bisa memahami matematika
Prinsip pertama yang perlu kita hilangkan adalah bahwa matematika hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang tertentu. Setiap orang mampu memahami matematika pada tingkat yang sepadan dengan usaha dan keinginannya untuk belajar. Memahami konsep matematika membutuhkan waktu dan usaha, bukan hanya bakat alami.
2. Matematika selalu sulit dan membosankan
Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit. Namun, hal ini mungkin lebih berkaitan dengan metode pengajaran dibandingkan dengan sifat intrinsik matematika. Dengan pendekatan yang kreatif dan terapan, matematika dapat disajikan dengan cara yang menarik dan memikat siswa.
3. Hanya orang jenius yang bisa sukses dalam matematika.
Menyebut matematika sebagai mata pelajaran yang diperuntukkan bagi orang jenius hanya akan mengurangi nilai potensi setiap siswa. Kesuksesan dalam matematika bukanlah hak istimewa kelompok tertentu. Setiap siswa dapat berhasil dengan mengembangkan strategi belajar yang efektif dan berlatih terus menerus.
4. Membangun kepercayaan
Menemukan hubungan pribadi dengan matematika Mengembangkan kepercayaan diri terhadap matematika dimulai dengan menemukan hubungan pribadi dengan mata pelajaran. Siswa akan melihat bagaimana matematika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana keterampilan matematika dapat membantu mereka memecahkan masalah di dunia nyata.
5. Mengubah tantangan menjadi peluang
Tantangan dalam matematika hendaknya tidak dilihat sebagai hambatan tetapi sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang. Menciptakan pola pikir positif ketika menghadapi tantangan matematika membantu siswa mengatasi rasa kurang percaya diri dan siap menghadapi lebih banyak kesulitan.