Tulisan Reflektif Krisis
 A. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
 Pemikiran KH Dewantara tentang pendidikan yang saya dapat ambil adalah "pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya".
Ki Hajar Dewantara memberikan pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut KHD, Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, baik kodrat alam maupun kodrat zaman agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.
Seorang pendidik harus bisa menerapkan apa yang sudah menjadi falsafah dari Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani.
B. Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
Relevansi Pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah adalah falsafah Ki Hajar Dewantara (Ing ngarso sung tulodho) sudah terlihat dan terlaksana dengan guru-guru memberikan contoh-contoh adab ketika memasuki bengkel otomotif sehingga siswa melihat langsung contohnya tanpa harus banyak diberi arahan.
      Ing madyo mangun karso, tampak disaat para siswa mendapatkan penguatan-penguatan, motivasi dan wawasan yang digali saat belajar baik melalui contoh atau literasi digital difasilitasi guru.
      Tut Wuri handayani, tampak ketika siswa kami melakukan magang/Praktek mandiri, maka support dari fasilitator yaitu guru dan stake holder selalu beserta mereka.
C. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Sebagian sudah sesuai dalam penerapan falsafah ki hajar dewantara
2. Harapan dan EkspektasiÂ
A. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?Â
Setelah mempelajari modul ini, saya ingin melihat diri saya menjadi seorang pendidik yang dapat memerdekakan belajar dengan alternatif pelaksanaan pembelajaran disertai asesment yang sesuai dengan kodrat siswa. Sebagai pendidik yang dirindukan siswa dalam pembelajaran.
B. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Saya ingin melihat siswa saya terbentuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur, memiliki hard skill, soft skill dan karakter yang baik dan menjadi bekal kesuksesan dimasa sekarang dan yang akan datang.
C. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan couching yang dapat menginspirasi dan menggali ide tiap peserta dalam mewujudkan merdeka belajar.
Materi -materi disajikan dalam suasana kondusif dengan konten yang memotivasi kami dalam melaksaakn pembelajaran yang memerdekakan
Bermanfaat bagi peserta dalam memperbaiki diri sebagai personil transformasi pendidikan dan berdampak positif dalam pelaksanaan pembelajaran kepada siswa serta membawa siswa dalam kesuksesan yang berkelanjutan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H