Di dalam dunia kerja tentunya kita sangat paham mengenai posisi dan jabatan, ada atasan dan bawahan, atau pimpinan dan anggota. Dalam organisasi atau perusahaan selalu ada pohon strata jabatan dimana biasanya jika perusahaan memiliki banyak karyawan dan banyak divisi atau tim tentunya disana ada pimpinan yang memimpin tiap tim atau divisi tersebut. Ada kepala bagian, manager, supervisor, dan sebagainya itu adalah jabatan-jabatan yang memimpin suatu bagian, divisi atau tim.
Untuk bisa menjadi pimpinan di berbagai level jabatan tentunya bukan hal mudah, karena banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi seseorang dianggap layak untuk mengemban jabatan sebagai seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus memiliki jiwa leadership yang tinggi, dan harus memiliki mentalitas yang baik juga.
Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk bisa menjadi seorang leader panutan yang baik :
1. Memiliki Jiwa dan Kemampuan Leadership
Leadership menjadi kunci utama yang harus dimiliki setiap leader atau pemimpin. Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin karena kemampuan leadership ada untuk tidak hanya memberi perintah, namun juga dapat memberikan arahan, kontrol, pemahaman kepada timnya, sehingga antara leader dengan anggotanya dapat bekerja bersama-sama dan saling membantu agar tidak hanya anggotanya saja yang bekerja.
2. Menjadi Contoh Anggota
Menjadi seorang leader tentunya setiap hal yang dilakukan akan menjadi perhatian anggota, bahkan juga akan ditiru dan dicontoh. Oleh karena itu, seorang leader yang baik harus bisa menjadi panutan yang baik pula bagi anggotanya.
3. Menguasai Kompetensi Bidang Yang Dipimpin
Memimpin suatu divisi atau tim tentunya seorang leader harus memahami apa yang dikerjakan tim tersebut, bagaimana prosedurnya, bagaimana ekosistemnya. Sehingga leader dapat memberikan keputusan dan mampu memimpin tim tersebut agar dapat membantu mencapai visi dan tujuan perusahaan dengan baik dan benar.
4. Memahami Anggota Tim
Sebagai leader, tidak hanya memikirkan tentang bagaimana pekerjaan dijalankan, namun juga dibalik itu harus bisa memperhatikan dengan jeli setiap anggotanya dari sisi personal, apakah ada yang memiliki problem, atau membutuhkan bantuan. Bagaimana menjaga lingkungan anggota tetap kondusif dan nyaman. Hal tersebut harus menjadi perhatian leader, karena yang dipimpin adalah manusia yang memiliki perasaan dan bukannya robot.
5. Memiliki Tujuan Yang Jelas
Seorang leader harus memiliki tujuan yang jelas dan tegas, ibarat sebuah kapal yang berlayar di laut, seorang leader adalah nahkodanya, dialah yang menentukan arah tim ini dan bagaimana tim ini dapat menjalankan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan. Jika leader tidak memiliki tujuan maka pekerjaan dalam timnya juga tidak jelas dan tidak akan memberikan hasil apapun.Â
Nah, bagaimana nih menurut pembaca sekalian tips dari saya? Semoga bermanfaat and have a good day!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H