Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mobil Andalannya Toyota Sienta, Lustig Fashion Jadi Favoritnya

10 Desember 2016   14:24 Diperbarui: 10 Desember 2016   14:47 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ressa Latifah/berhijab, adalah creative designer dari Lustig (Dokpri)

Pangan, sandang, dan papan merupakan 3 kebutuhan pokok setiap orang.  Urusan sandang alias pakaian kini terus berkembang hingga menjadi gaya hidup (lifestyle).  Istilah ‘tren busana’ (fashion trend) sekarang bahkan lebih dari sekedar lifestyle karena telah menjadi salah satu bagian dalam bidang ekonomi kreatif.  Mudahnya, bisa dilihat dari jenis barang yang paling laris manis saat dijual via Instagram (IG).  Yup! Produk fashion jadi juaranya, seperti baju, sepatu, hijab, hingga aksesoris.  Akrab dengan kalimat promo paling populer di IG, “Buruan di-order barangnya, Sis!” Hehehe…

Seiring kemajuan zaman, selain pangan, sandang, dan papan, maka keberadaan kendaraan menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan.  Memang sih, sempat ada masanya ketika kendaraan termasuk jenis barang mewah yang membuat pemiliknya berbangga diri saat dikendarai.  Tapi, peningkatan pendapatan dalam suatu rumah tangga – dengan suami isteri yang keduanya bekerja – membuat kepemilikan kendaraan, khususnya mobil sudah bergeser fungsinya dari kemewahan menjadi kebutuhan.  Bahkan bagi masyarakat perkotaan, hari kerja mereka seringnya lebih banyak dihabiskan dalam mobil daripada di rumah.  Kepemilikan mobil kini telah menjadi bagian penting untuk menunjang aktifitas keseharian.   

Irit bensin, kabin yang luas, tampilan menawan, harga terjangkau, pusat servis tersebar luas, termasuk ke dalam pertimbangan utama banyak orang saat menyeleksi jenis mobil yang akan dibelinya kelak.  Tambahkan pula jaminan mutu dari merek mobil yang diminati.  Umumnya orang relatif lebih memilih merek mobil yang sudah teruji mutunya selama ini dibandingkan dengan mencoba-coba merek pendatang baru di bidang otomotif.  Maklumlah, dana untuk membeli sebuah mobil baru jumlahnya sama sekali tidak kecil.  Salah beli kan berujung gigit jari, hiks!

Kombinasi fashion dan Sienta terbukti memiliki harmoni yang serasi (Dokpri)
Kombinasi fashion dan Sienta terbukti memiliki harmoni yang serasi (Dokpri)
Sabtu 3 Desember 2016, saya bersyukur karena terpilih sebagai satu dari 50 orang Kompasianer yang dapat meliput acara “Kompasiana Coverage : Sienta Pop Up Playground – Unlock Your Weekend Fashion Bazaar” setelah seminggu sebelumnya bertempat di Summarecon Mal Bekasi.  Berlokasi di The Plaza Flavor Bliss Alam Sutera, Serpong – Tangerang, acara outdoor yang disponsori Toyota Indonesia tersebut menghadirkan sederet aktivitas menarik yaitu fashion bazaar (accessories& crafts), fashion show oleh Lustig Designer dan Namirah The Label, Toyota Sienta Test Drive, dan Instagram Photo Competition.

Nah, berikut ini adalah hasil liputan setelah saya menghadiri event Sienta Pop Up Playground di Flavor Bliss Serpong seminggu lalu.  Selain mencermati detil dua buah unit display mobil Toyota Sienta yang terdapat di sana – sebagai bahan info dan rekomendasi bagi teman sekantor yang berencana membeli mobil baru di tahun 2017 – saya juga menyaksikan fashion show oleh Lustig Designer dan mengunjungi stand bazaar fashion yang dipamerkan.  Koleksi mereka termasuk yang tidak pasaran alias customized lho!  

Kompasianer Dewi Puspa menengok salah satu stand peserta bazaar fashion (Dokpri)
Kompasianer Dewi Puspa menengok salah satu stand peserta bazaar fashion (Dokpri)
Toyota Sienta, Mobil Prima Bagi yang Berjiwa Muda

Usia boleh bertambah namun semangat ala jiwa muda harus tetap bergairah.  Itulah konsep yang diusung oleh mobil All New Toyota Sienta yang mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2016 ini.  Jika dilihat dari tampilan luar atau eksteriornya, Toyota Sienta lumayan mirip mobil bergaya sporty. Saat melihat warna Orange Metallic Toyota Sienta yang diparkir di dekat pintu masuk utama bazaar fashion,otomatis saya teringat akan kesegaran segelas jus orange yang rasanya semakin manis dan menyejukkan ketika buahnya sudah matang, bukan sebaliknya.

Di situlah keunikan dari Toyota Sienta yang termasuk ke dalam MPV (Multi Purpose Vehicle).   Lekukan yang ada pada body Sienta memang lebih aktraktif dan eye-catching daripada tampilan mobil keluarga pada umumnya.  Kerennya, Sienta ternyata lebih dari sekedar mobil keluarga.  Sienta juga termasuk kendaraan multifungsi dalam setiap kesempatan dan keadaan (MAV/Multi Activity Vehicle) yang bisa dikendarai sendiri saat bekerja, liburan bersama keluarga, maupun jalan-jalan bareng teman.  Berkapasitas hingga tujuh orang penumpang (7 seaters), Sienta cocok dibawa ke kantor, undangan resepsi pernikahan, perjalanan mudik, hingga saat akan berolahraga dengan menaiki sepeda.

Bagasi Sienta yang lapang jelas membuat penumpang senang (Dokpri)
Bagasi Sienta yang lapang jelas membuat penumpang senang (Dokpri)
Tak sekali dua kali saya melihat, pencinta olahraga bersepeda mengikat sepeda mereka di atas atap mobil atau menggantungnya di bagian pintu bagasi mobil.  Sepeda yang berukuran besar jelas tak muat ketika harus dimasukkan ke dalam mobil.  Namun bagi pemilik Sienta, kabin yang lapang ternyata dapat memuat bahkan hingga sebuah sepeda tanpa harus melipatnya, wow! Ditambah lagi dengan fitur dive-in seat yang memungkinkan kursi penumpang baris ketiga bisa dilipat dan dimasukkan ke baris kedua semakin membuat kapasitas bagasi Sienta bertambah luas.  Wah, jangan-jangan mesin cuci juga bisa masuk ke dalam bagasinya Sienta ya? #PenasaranBanget

Para pria ternyata juga tertarik dengan bazaar fashion lho! (Dokpri)
Para pria ternyata juga tertarik dengan bazaar fashion lho! (Dokpri)
Tampilan sporty Sienta juga semakin mantap dengan kehadiran pintu geser atau fitur power sliding door sehingga baik penumpang maupun barang lebih leluasa keluar masuk mobil.  Saya termasuk orang yang menggemari pintu geser pada mobil karena faktor kepraktisan dan kenyamanan. Bukan apa-apa.  Saat berada di tempat parkir yang sempit sementara pada saat yang bersamaan harus bolak-balik menaik-turunkan penumpang ataupun barang, pintu geser pada mobil jelas sangat memudahkan mobilitas tanpa harus khawatir pintu menghalangi jalan.  Sienta memang anti ribet, top!

Sienta menawarkan konsep mobil yang 'fun, active, & social' (Dokpri)
Sienta menawarkan konsep mobil yang 'fun, active, & social' (Dokpri)
Sebagai MAV yang sangat optimal untuk dikendarai bersama keluarga, khususnya anak-anak, Toyota Sienta juga menyediakan fitur keamanan maksimal bagi penggunanya.  Fitur 3 points seatbelts dan headrests memberikan perlindungan selama perjalanan.  Selain fitur keamanan, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan fitur advance entertainment yaitu Voice Command dan Mirror link untuk smartphone tipe Andoid atau Airplay untuk iOS. Bagi pengendara mobil yang sering membawa barang kecil atau perintilan, maka Toyota Sienta adalah pilihan tepat dengan hadirnya sejumlah ruang penyimpanan yang sangat fungsional, terutama di bagian dashboard seperti cup holder & cooler box. Bagi sport lovers, Toyota Sienta bisa jadi kendaraan setia setiap kali akan pergi berolahraga pastinya.  

Artis Olivia Jensen berpose bersama fansnya di belakang Toyota Sienta Orange Metallic (Dokpri)
Artis Olivia Jensen berpose bersama fansnya di belakang Toyota Sienta Orange Metallic (Dokpri)
Bazaar Fashion, Dari Pesohor hingga Blogger jadi Penonton

Saat tiba di Flavor Bliss sekitar jam 3 sore, hujan lumayan deras mengguyur Serpong dan sekitar Tangerang.  Maka para Kompasianer meneduh terlebih dahulu sebelum menjelajahi lokasi bazaar fashion.  Setengah jam kemudian, hujan semakin reda dan benar-benar berhenti.  Maka, para blogger dan pengunjung umum lainnya pun bisa melihat-lihat dan mengunjungi satu per satu stand bazaar yang ada di sana.

'SW Heart Official', label fashion milik pesohor Sarwendah (Dokpri)
'SW Heart Official', label fashion milik pesohor Sarwendah (Dokpri)
Saya mendapati antara lain stand busana, sepatu, aksesoris, bantal kepala dan juga makanan ringan atau cemilan untuk ibu serta anak mengisi area Pop Up Playground Sienta.  Barang-barang tersebut tentunya seringkali dibawa saat seseorang ataupun satu keluarga menaiki mobil.  Ketika mengunjungi stand busana Namirah The Label, saya sempat berbincang sejenak dengan salah seorang staf yang bertugas menjaga stand tersebut.  Mbak Kiki – begitu namanya – sedikit menjelaskan tentang koleksi monokrom Namirah The Label yang memang mayoritas hanya terdiri atas warna hitam dan putih.  Ketika saya menunjuk adanya kemeja lengan panjang berwarna abu-abu, jelasnya “Oh, itu hanya koleksi tambahan aja, Mbak.”  Lanjutnya lagi, “Bulan Februari 2017 nanti, Namirah The Label tepat berusia 2 tahun.”

Selain hitam dan putih, Namirah The Label juga memiliki koleksi abu-abu (Dokpri)
Selain hitam dan putih, Namirah The Label juga memiliki koleksi abu-abu (Dokpri)
Bazaar tersebut juga menghadirkan sederet pesohor yang tak hanya menjadi pengisi acara, namun juga sebagai peserta bazaar.  Saya menemukan tenda bazaar milik Sarwendah, SW Heart Official, yang menjual busana, aksesoris, dan makanan ringan/snack dalam kemasan bernama SOS.  Selain Sarwendah, artis Olivia Jensen juga hadir bersama MC acara yaitu Nicky Tirta dan sang istri, Liza.  Tak ketinggalan, fashion blogger yang pernah mengisi acara Kompasianival 2014, Diana Rikasari - ditemani sang suami - ikut turut serta meramaikan Sienta Pop Up Playground di Flavor Bliss.      

Fashion blogger, Diana Rikasari, diwawancarai di sela-sela acara fashion show (Dokpri)
Fashion blogger, Diana Rikasari, diwawancarai di sela-sela acara fashion show (Dokpri)
Lustig, Busana Santai yang Unik dan Menarik

Waktu menunjukkan pukul empat sore ketika peragaan busana (fashion show) dari Lustig dimulai.  Panggung utama (runway stage) fashion show terletak di belakang Toyota Sienta Super White 2 sehingga keenam model dari Lustig menjadikan Sienta tersebut sebagai area putaran selama memamerkan koleksi busana winter 2016 dari Lustig.  Para pengunjung bazaar fashion pun dibuat terkesima dan terpukau dengan tampilan busana casual yang berwarna pastel maupun netral.  Garis busananya lurus, longgar, dan tanpa menggunakan banyak detail yang rumit.  Sekalipun begitu, semua busana dari Lustig tersebut tetap unik dan menarik.  Setelah saya perhatikan lagi, konsep unik, lapang, dan menarik itu juga bisa ditemui pada Toyota Sienta, baik pada tampilan eksterior maupun interiornya.

MC Nicky Tirta dan Liza bersama public figure, Sarwendah (Dokpri)
MC Nicky Tirta dan Liza bersama public figure, Sarwendah (Dokpri)
Selepas para model berlalu-lalang, saya dan Kompasianer Dewi Puspa menemui Ressa Latifah, creative designer dari Lustig.  Mbak Ressa yang berkacamata tersebut dengan ramah menjawab pertanyaan kami berdua setelah dirinya selesai berfoto bersama keenam model busananya.  Lustig sudah dimulainya saat masih kuliah di tahun 2011 sebagai hobi.  Di tahun 2012/2013, barulah Mbak Ressa serius mengembangkan Lustig sebagai usaha bisnis yang berkelanjutan.  Kata ‘Lustig’ sendiri ternyata berasal dari bahasa Jerman yang berarti “fun.” Wah, sekali lagi mirip ya dengan tema Toyota Sienta yaitu The Active, Fun, & Social Mobile.     

Keempat model Lustig berpose di sekitar Toyota Sienta Super White 2 (Dokpri)
Keempat model Lustig berpose di sekitar Toyota Sienta Super White 2 (Dokpri)
Mbak Ressa juga menuturkan, koleksi busana musim dingin 2016 dari Lustig tersebut dinamakan sebagai Bhoomi.” Tambahnya lagi, “Inspirasi warna koleksi ini berasal dari warna alam seperti tanah, langit, dan laut.  Lustig menawarkan casual style dengan cutting dan potongan ready to wear,longgar (loose), sekaligus simpel.  Konsumen Lustig umumnya adalah wanita muda usia 18 – 35 tahun maupun para ibu muda.  Bahkan koleksi Lustig yang berupa model kimono atau berkancing depan banyak diminati oleh ibu menyusui.”  Adapun koleksi alas kaki, sandal dan sepatu yang dipakai oleh model Lustig diakomodasi oleh merek Chiel Shoesdari Bandung.     

Ressa Latifah/berhijab, adalah creative designer dari Lustig (Dokpri)
Ressa Latifah/berhijab, adalah creative designer dari Lustig (Dokpri)
Pembeli Lustig antara lain tersebar dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura.  Bagi yang berminat membeli koleksi Lustig, kisaran harganya dimulai dari 300 ribu hingga 500 ribu.  Saat ini, website resmi Lustig memang masih dalam proses perbaikan (under maintenance).  Namun, katalog koleksi fashion dari Lustig tetap dapat diakses pada media sosial Lustig di Instagram : @lustigstore.  Silakan dibeli, Sis! Hihihi…

Koleksi bantal burung hantu dari 'Jumba Jamba' tepat dibawa dalam Toyota Sienta (Dokpri)
Koleksi bantal burung hantu dari 'Jumba Jamba' tepat dibawa dalam Toyota Sienta (Dokpri)
Kombinasi antara Toyota Sienta dan fashion terbukti memang menghasilkan harmoni yang serasi.  Jadi bagi Anda yang ingin agar bisa tampil stylish dan elegan sekaligus tetap aktif serta  nyaman dalam kegiatan keseharian, Toyota Sienta sangat tepat menjadi kendaraan Anda di tahun 2017 nanti. Tersedia dalam 4 tipe : E, G, V, & Q (hanya ada tipe matic), Anda bisa membawa pulang Toyota Sienta yang dapat diandalkan dengan harga sebesar 230 juta hingga 295 juta rupiah.  Tawaran yang sangat menggiurkan untuk mobil berkualitas seprima Toyota Sienta, tentunya.         

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun