Mohon tunggu...
Nisa Nur Ramadhan
Nisa Nur Ramadhan Mohon Tunggu... Administrasi - Emak-emak tangguh

Nisa Nur Ramadhan NIM : 55521120023 Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuis 11 Diskursus Best Practice EUC

21 Mei 2023   07:41 Diperbarui: 21 Mei 2023   07:56 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Familiarize with UEC Policy

Avoid Unauthorsied Access

Avoid Mistakes

Soal Persamaan matematika

1) 2x + 3y = 13

2) 2x - 4y + 8 = 0

1) 8x - 2y = -2

2) 3x - 2y = -7

1) 6x + 5y = 62

2) 4x - 5y = 8

Metode

Metode Eliminasi:

Metode eliminasi.

Metode Eliminasi.

Penyelesaian

Kalikan persamaan (1) dengan 4, Persamaan (2) dengan 3

 

1) 2x + 3y         = 13 |x4| =  8x + 12y = 52

2) 2x - 4y + 8 = 0  |x3| =  6x - 12y = -24 (+)

                                                           14x  = 28

                                                               x  = 28/14

                                                               x  =  2

Hilangkan variabel "y" dengan mengurangkan persamaan 2 dari persamaan 1.

1) 8x - 2y = -2

2) 3x - 2y = -7 (-)

            5x =5

               x=1

Hilangkan variabel "y" dengan menambahkan persamaan 1 ke persamaan 2.

1) 6x + 5y = 62

2) 4x - 5y =    8 (+)

          10x = 70      

               x=70/10

               x=7

Mensubstitusikan ke salah satu persamaan untuk mencari nilai y.

2x + 3y    = 13

2(2) + 3y = 13

4 + 3y      = 13

           3y = 13-4

            3y= 9

             y = 9/3

              y= 3

Mensubstitusikan ke salah satu persamaan untuk mencari nilai y.

8x - 2y    = -2

8(1) - 2y = -2

8 - 2y      = -2

         -2y = -2 - 8

         -2y = -10

            y = (-10)/(-2)

            y = 5

Mensubstitusikan ke salah satu persamaan untuk mencari nilai y.

6x    + 5y = 62

6(7) + 5y = 62

   42 + 5y = 62

            5y = 62 - 42

            5y = 20

              y =20/5

              y = 4

Jadi, penyelesaian sistem persamaan tersebut adalah x = 2 dan y = 3.

Hingga hasil persamaan ini  adalah x = 1 dan y = 5.

Hingga hasil persamaan ini adalah x = 7 dan y = 4.

Diatas merupakan hasil secara simultan perhitungan persamaan matematika. (x,y) merupakan hasil yang perlu dicari. Jika diibaratkan permasalahan program saat ini, EUC (End User Computing) memiliki kendalanya tersendiri. Masing-masing memiliki porsi yang berbeda. Namun jika diurutkan berdasarkan hasil persamaan di atas maka urutan nilai yang terbesar adalah Avoid Mistake, Avoid Unauthorsied Access dan Familiarize with EUC Policy. 

Familiarize with EUC Policy atau membiasakan diri atas kebijakan-kebijakan EUC (End User Computing). Persamaan yang ditampilkan adalah 2x + 3y = 13 dan 2x - 4y + 8 = 0, dimana dalam penyelesaian persamaannya memiliki nilai yang berbeda baik x dan y sehingga perlu dihitung dan disamakan salah satu variabelnya dalam hal ini adalah variabel y. Hal ini memerlukan analisis dan penentuan terlebih dahulu. Begitupun halnya dengan familiarize with EUC Police. 

User diharuskan penetapkan terlebih dahulu seperti mengetahui lebih detail mengenai program yang akan digunakan, siapakah pemiliknya, apakah program yang digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan, bagaimana program dapat dimodifikasi dan dengan siapa konsultasi dapat dilakukan jika dengan tidak sengaja program terhapus. 

Bukan hanya itu saja, Perencanaan harus matang hingga dapat divalidasi dengan menggunakan strategi, rencana atau metode dalam mengadopsi program tersebut. Perusahaan harus menentukan siapa  yang bertanggung jawab dalam area tersebut, keamanan, keuangan dan operasi. Namun setelah pemakaian ini, maka keamanan menjadi hal yang sangat penting. Terdapat beberapa risiko yang perlu di identifikasi dan dicarikan solusi dan rekomendasi sehingga risiko dapat diminimalisir, dihindar atau bahkan dihilangkan. Diperlukan tingkat kontrol keamanan yang memadai agar program EUC dapat digunakan dengan aman.

Persamaan 8x - 2y = -2 dan 3x - 2y = -7 sebagai gambaran dari akses program yang dapat bocor atau dapat diakses oleh semua pihak yang tidak berkepentingan. Tanda minus/kurang (-) diintepretasikan sebagai kekurangan. Dimana program hendaklah diatur agar informasi hanya dapat diakses oleh orang tertentu saja. Minus (-) bertemu minus (-) melahirkan plus (+). Plus (+) lahir atas identifikasi risiko (-) dan keamanan yang dibuat sebagai upaya agar risiko dapat diatasi. 

Sebagaimana persamaan 8x - 2y = -2 dan 3x - 2y = -7 yang menghasilkan x=1 dan y=5. Avoid Unauthorsied Access (Hindari akses tanpa izin) merupakan upaya yang dilakukan agar keamanan data terjamin, dengan harapan risiko dapat menjadi (+), yang diartikan sebagai risiko dapat di kurangi, dihindarkan dan bahkan dihilangkan.

Plus (+) memiliki konotasi yang positif. KBBI mengartikan simbol ini dengan lebih/berlebih. Persamaan 6x + 5y = 62 dan 4x - 5y = 8 memberikan hasil x=7 dan y=4. Angka seringkali memperlihatkan sesuatu. 1 sampai dengan 10 terkadang diartikan dengan 1 nilai kecil dan 10 nilai besar. 

Persamaan 6x + 5y = 62 memiliki persamaan dengan nilai yang besar. Sedangkan dalam persamaan ke dua yaitu 4x - 5y = 8 terdapat tanda (-) minus yang seharusnya menjadi warning bahwa program EUC yang digunakan merupakan program yang adakalanya membuat kesalahan, hingga best pactice nya adalah Avoid Mistakes. Maka dari itu kontrol validasi diperlukan. Hal ini untuk memvalidasi bahwa pembaharuan dan pengembangan program EUC dapat mengurangi kemungkinan terdapat kesalahan. 

Berdasarkan informasi di atas, maka kegiatan audit internal sistem perlu dilakukan secara berkala untuk dapat memastikan bahwa keamanan terus ditingkatkan dan dapat menangani segala macam risiko yang mungkin timbul saat penggunaan program tersebut. 

Sumber: 

Information security updates End User Computing Issue 12

https://blogs.vmware.com/euc/2022/11/driving-adoption-best-practices-for-euc-success-a-step-by-step-guide.html 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun