Mohon tunggu...
Nisa Fatmajati
Nisa Fatmajati Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Hobby yang sedang dijalani adalah menulis berbagai artikel.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bimtek Bahasa Inggris Sesi 1, Sabtu, 12 Juli 2024 Disdikpora Kabupaten Kebumen

21 Juli 2024   08:40 Diperbarui: 22 Juli 2024   02:45 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah, Sobat, Bimtek Bahasa Inggris tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita, khususnya guru. Bimtek kali ini akan membekali para guru dalam menjalankan profesinya. Pemateri yang mengisi pun sangat luar biasa

Susunan materi sbb:

1. Kebijakan Kemendikbudristek dan Disdikpora Kebumen

2. Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

3. Kompetensi Guru Bahasa Inggris di SD

4. Pengenalan Teks-teks Bahasa Inggris di SD

5. Penilaian Bahasa Inggris di SD

6. Creative Pedagogy

7. Basic Classroom English

8. Penyusunan Modul Ajar

9. Praktik Pembelajaran Bahasa Inggris

10. Tugas Mandiri

sumber gambar : dokpri
sumber gambar : dokpri

Adapun jadwalnya sbb :

 sumber gambar : dokpri
 sumber gambar : dokpri

 sumber gambar : dokpri
 sumber gambar : dokpri

sumber gambar : dokpri
sumber gambar : dokpri

Pemateri 1 diisi oleh Ibu Lusi Nurhayati mengenai "kebijakan".

Apa modal kita? 

1.Pemahaman mendalam tentang kurikulum

2. Kemampuan untuk mengajar

Fokus pembelajaran:

Menyimak, berbicara, membaca, meminta, menulis, dan mempresentasikan. 

Fokus kita untuk menyimak dan berbicara. 

Pendekatan:

a. Genre Based Approach/Text Based Approach yaitu pembelajaran difokuskan pada teks dalam berbagai moda, baik lisan, tulisan, visual, audio, maupun multimodal.

b. Pendekatan komunikatif

c. Pendekatan pembelajaran lainnya yang relevan, misalnya yang berbasis: lagu, cerita, gambar, permainan.

sumber gambar:dokpri
sumber gambar:dokpri

CP: Menyimak dan Berbicara

1. Peserta didik menggunakan bahasa inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang dapat diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola yang sesuai dengan konteks yang dibicarakan.

2. Peserta didik mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar.

3. Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosakata sederhana.

4. Peserta didik mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

 sumber gambar:dokpri
 sumber gambar:dokpri

CP: Membaca/Memirsa

1. Peserta didik memahami kosakata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi.

2. Peserta didik membaca/memirsa dan memberikan respons secara lisan dan komunikasi non-verbal terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam moda tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

sumber gambar : dokpri
sumber gambar : dokpri

Menulis/Mempresentasikan:

1. Peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan dan tulisan sederhana mereka sendiri, serta menunjukkan perkembangan pemahaman terhadap proses menulis.

2. Peserta didik menunjukkan pemahaman awal bahwa teks bahasa inggris ditulis dengan kaidah (konvensi) yang disesuaikan dengan konteks dan tujuannya.

3. Dengan bantuan guru, peserta didik menghasilkan berbagai jenis teks sederhana menggunakan kalimat dengan pola tertentu dan contoh pada tingkatan kata dan kalimat sederhana.

sumber gambar :dokpri
sumber gambar :dokpri

Tanya jawab :

1. Langkah pertama speaking atau writing dulu? 

Jawab : speaking 

2. Cara mengajari b. Inggris untuk anak kebutuhan khusus? 

Jawab : menggunakan pendekatan khusus

3.Bagaimana mengajari b. Inggris untuk anak SD jika kita belum bisa basicnya? 

Jawab: belajar menggunakan buku terpercaya, selain itu, dapat sharing2 dengan teman lain

4. Urutan mengajar b. Inggris? 

Jawab : spoken, reading, listening

Sekian terimakasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun