Mohon tunggu...
Ni Putu Ayu Listiani
Ni Putu Ayu Listiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Haloo nama saya tia, semoga artikel yang saya upload bermanfaat yaaa^^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gerakan Literasi dan Numerasi di Jenjang Sekolah Dasar dengan Media Pembelajaran yang Menyenangkan dan Inovatif

9 Desember 2023   13:50 Diperbarui: 9 Desember 2023   14:11 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Ni Putu Ayu Listiani

Jumat, 8 Desember 2023

Pada artikel ini penulis akan membahas mengenai gerakan literasi dan numerasi di jenjang sekolah dasar menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif berdasarkan dengan pengalaman langsung dari penulis saat melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 di SDN 25 Cakranegara. Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut.

Literasi  numerasi merupakan kecakapan dalam menggunakan angka maupun simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks di kehidupan sehari-hari. Dalam pengertian yang sederhana literasi merupakan kemampuan dalam membaca dan menulis, namun sebenarnya literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan berbicara, berhitung, serta memecahkan masalah yang ditemukan dalam  kehidupan sehari-hari. Numerasi adalah kemampuan dalam menganalisis menggunakan angka serta mengaplikasikan konsep bilangan dan simbol-simbol matematika dasar dikehidupan sehari-hari. Tentunya numerasi tidak sama dengan matematika meskipun memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang sama.

Adapun beberapa Manfaat dari literasi dan numerasi diantaranya yaitu:

1. Dapat memperluas pembendaharaan kosa kata

2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering diasah dari kegiatan membaca dan menulis

3. Mendapatkan pengetahuan dan informasi baru

4. Kemampuan diri seseorang akan semakin meningkat

5. Meningkatkan kemampuan atau keterampilan verbal

6. Mampu meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi

7. Meningkatkan kemampuan menganalisis dan berpikir

Melalui beberapa kegiatan yang penulis lakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 25 Cakranegara ada beberapa media pembelajaran baik dalam bentuk media serbaneka (benda nyata) dan media yang berbasis teknologi audio maupun visual. Berikut ini beberapa media pembelajaran menyenagkan dan inovatif yang sudah diterapkan:

1.  Mengembangkan Literasi dengan Media Buku Bacaan dan Cerita Pendek

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Menggunakan media buku bacaan siswa diminta untuk membaca sebuah buku cerita dan menyimpulkan apa yang sudah dibaca sebelumnya. Untuk media cerita pendek siswa diminta untuk menyusun cerita yang rangkaian ceritanya sudah di acak menjadi satu cerita utuh dan menceritakan cerita tersebut dengan membaca nyaring. Kedua hal tersebut membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam menganalisis, menyimpulkan serta memahami suatau cerita dengan baik dan tentunya.

2. Mengembangkan Literasi dengan Media Teknologi Audio dan Visual

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Dengan menggunakan media teknologi audio dan visual siswa tentunya mudah mendeskripsikan suatu hal dari apa yang mereka lihat dan dengar. Penulis menggunakan video animasi yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, dimana siswa akan menonton sebuah video animasi dan diharapkan siswa dapat menjawab beberapa pertanyaan terkait apa yang di tonton. hal ini mengasah kemampuan berpikir siswa serta melatih siswa berkonsentrasi pada apa yang dilihat dan didengar sehingga siswa dapat menjawab apa yang ditanyakan dengan benar dan tepat. Selain itu pembelajaran dengan media teknologi audio visual ini juga menyenangkan bagi siswa karena pembelajarannya tidak monoton dan tidak hanya mendengarkan guru menjelaskan materi di kelas, dengan media teknologi audio visual ini sekaligus menjadi hiburan bagi siswa.

3. Mengembangkan Literasi dan Numerasi Menggunakan Media Pembelajaran Monopoli Litnum

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Media pembelajaran Monopoli Litnum ini merupakan media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan siswa sambal bermaian. Cara menggunakan media ini kurang lebih sama seperti permaianan monopoli pada umumnya, namun pada media pembelajaran Monopoli Litnum ini ditambahkan soal-soal pada setiap petak di bagian pinggir monopoli,  jadi setiap mereka jalan dan berhenti disatu petak akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang mampu mengasah literasi dan numerasi siswa. Selain itu pada petak-petak tersebut diisi dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan pengetahuan umum seperti foto pahlawan, bangunannasional bersejarah, rumah adat, flora dan fauna Indonesia dan sebagainya, dalam hal ini siswa akan ditanya gambar apa yang ada dipetak tersebut, jika siswa tidak mengetahui gambar tersebut maka penulis akan informasi mengenai gambar yang ditanyakan.  Dengan Media Pembelajaran ini siswa dapat meningkatkan pengetahuan mereka serta mendapatkan informasi baru.

4. Mengembangkan Numerasi Menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Numerasi

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Menggunakan media pembelajaran ular tangga numerasi ini melatih untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menghitung bilangan-bilangan dalam beberapa operasi hitung secara mendasar. Cara menggunakan media ini kurang lebih sama dengan memainkan ular tangga pada umumnya  namun disetiap petak ular tangganya terdapat bilangan-bilangan dan operasi hitung terkait matematika dasar. Hal ini tentunya melatih kemampuan siswa dalam berhitung selain itu pembelajaran menjadi lebih menyenagkan sehingga siswa tetap antusias dan selalu ingin bermaian ular tangga sambal belajar berhitung.

5. Media Pembelajaran  dengan Permaianan Hand and feet

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Permainan Hand and Feet ini dapat mesntimulus atau melatih keseimbangan motorik siswa. Dengan permaianan ini siswa akan berpikir bagaimana cara melewati jejak kaki dan tangan yang akan dilewati. Biasanya jejak kai dan tangan tersebut akan diletakan sepasang pada setiap barisnya namun jejak kaki dan tangan tidak dipasangkan dengan benar, misalnya seharusnya pasangan jejak kaki kanan adalah jejak kaki kiri namun pada permaianan ini bisa saja jejak kaki kanan dipasangkan dengan jejak tangan kiri sehingga hal ini akan membuat siswa berpikir bagaimana bisa melewatinya dengan baik. Selain itu sebelum memulai permaianan siswa akan diberikan satu pertanyaan yang berkaitan dengan hitung-hitungan dasar, jika siswa tidak dapat menjawab pertanyaan maka siswa tidakdapat melanjutkan permaianan, sehingga hal ini akan membuat siswa berusaha untuk menjawab pertanyaan. Tentunya dengan permaianan hand and feet ini pembelajaran menjadi lebih seru, permaianan inijuga dilakukan diluar ruangan sehingga memberikan suasana yang berbeda bagi siswa.                                                                                                       

 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun