JURNAL REFLEKSI AKSI NYATA -- MODUL 1.3 -- VISI GURU PENGGERAK
Nama              : Ninik Haryati, S.Pd.
Fasilitator          : Suyatno, S.pd, M.Pd.
Pengajar Praktik   : Dr. Dhina Luvitasari, S.Pd.,M.Pd.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Materi dalam  Modul 1.3 ini  adalah Visi Guru Penggerak. Saya memiliki harapan-harapan terhadap murid saya di masa depan yang saya susun ke dalam Visi Guru Penggerak. Visi Guru Penggerak saya adalah "Mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, berakhlak mulia, kreatif, cerdas dan penalaran kritis"
Implementasi dalam mewujudkan  Visi
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya melakukan pembiasaan beribadah sehari-hari seperti berdoa dan beribadah salat
- Mandiri, Â pembiasaan yang saya lakukan adalah dengan membersihkan tempat bermain dan merapikan mainan
- Berakhlak mulia, pembiasaan yang saya lakukan adalah dengan pembiasaan senyum salam sapa
- Kreatif, Â memberikan kesempatan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya dalam berkreasi menghasilkan berbagai karya
- Cerdas dan bernalara kritis, memantik anak dalam berpikir cepat tepat akurat dan kritis
Visi yang saya susun kemudian diturunkan ke dalam prakarsa perubahan melalui A-T-A-P
- Aset atau awal, kreativitas anak dalam berkarya
- Tantangan, mengarahkan kreativitas anak ke dalam menciptakan karya
- Aksi,i membantu anak berlatih atau praktik membuat berbagai karya dengan berbagai media atau alat
- Pembelajaran, anak merasakan kebahagiaan menghasilkan sebuah karya hasil kreativitasnya sendiri dan menyadari pentingnya mengembangkan kreativitas diri
Setelah melewati tahapan A-T-A-P terciptalah prakarsa perubahan.
Prakarsa perubahan saya "Meningkatkan kreativitas anak dalam menghasilkan Karya"
Dalam mewujudkan visi yang telah diturunkan ke dalam prakarsa perubahan dilakukan dengan  manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan-tahapan BAGJA yaitu
Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Â Gali mimpi, Â Jabarkan rencana, Â Atur eksekusi
Aksi nyata saya dalam berkreasi, menghasilkan suatu karya saya bersama anak-anak dalam membuat kotak sampah dari kertas bekas, membuat penyekat buku dari kardus susu formula, membuat kotak pensil dari botol bekas air mineral, dan membuat gantungan kunci dari tutup botol.
Aksi nyata saya juga saya lakukan dalam pembiasaan-pembiasaan dengan tema "Pagiku Cerahku", a saya ajak membersihkan lingkungan  sekitar sekolah dengan mencabut rumput dan memungut sampah.
Pembiasaan positif lainnya di tema pagiku cerahku adalah pembiasaan salat berjamaah di sini anak-anak dilatih untuk melakukan pembelajaran beribadah shalat bersama-sama
Demi  menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, saya ajak anak dengan bermain tutup mata mengambil barang yang sama warnanya. Berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah hal ini sangat dinanti-nantikan anak-anak mereka sering meminta kepada gurunya untuk jalan-jalan dan itu membuat anak-anak merasa bahagia dalam memulai pembelajaran.
Dan kegiatan yang menyenangkan lainnya yang saya lakukan ketika pagi hari yaitu bermain balap dingklik. Ini adalah permainan kuno namun sangat menarik bagi anak-anak zaman sekarang untuk dimainkan bersama teman-temannya.
Itulah tadi aksi nyata saya dalam Modul 1.3 semoga bermanfaat dan mampu menginspirasi para rekan guru yang lainnya salam guru penggerak tergerak bergerak-gerakkan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Aksi Nyata saya publikasikan ke youtube dengan link:Â
 https://youtu.be/ATM4OiA0dxUÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H