Mohon tunggu...
Ninik Haryati
Ninik Haryati Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Menyukai konten edukasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Aksi Nyata - Modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

21 November 2022   18:11 Diperbarui: 21 November 2022   18:14 2030
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI AKSI NYATA- MODUL 1.2 _NINIK HARYATI

Link Youtube Aksi Nyata : https://youtu.be/_oPL8-8nE5o

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya Ninik Haryati, Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari Trenggalek Jawa Timur. Di sini saya akan memaparkan aksi nyata saya tentang Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak.

Penerapan Nilai Guru Penggerak - Berpihak Pada Murid-  Aksi Nyata yang saya lakukan adalah menanam bunga bersama anak-anak, menjiplak daun kering, mengolah sampah organik menjadi pupuk, dan membuat berbagai bentuk hewan berbahaya di sekitar dari kertas warna.

Refleksi terhadap aksi nyata yang saya lakukan terhadap Penerapan Nilai Guru yang berpihak pada murid, perasaan saya bahagia termotivasi dan tertarik. Ide atau gagasan yang timbul kedepannya akan membuat kreasi sampah anorganik seperti botol bekas dan plastik. Pembelajaran yang dapat saya ambil, l anak bebas dalam mengeksplorasi diri membuat bentuk hewan menanam dan membuat pupuk dari sampah organik. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah saya merasa menjadi guru yang optimis bergerak untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada  murid.

Penerapan Nilai Guru Penggerak  -Mandiri- Yang saya lakukan dengan Mandiri mencari inspirasi untuk memperbaiki pembelajaran saya.  Untuk merencanakan dan merancang pembelajaran, saya mencari dari berbagai sumber, salah satunya adalah dengan mencari dari internet.

Refleksi terhadap penerapan guru penggerak pada nilai Mandiri, perasaan saya termotivasi dan terinspirasi. Ide atau gagasan yang timbul, menggunakan smartphone atau laptop untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti webinar. Pembelajaran yang dapat saya ambil, kemandirian dalam meningkatkan kompetensi diri akan berdampak positif pada proses pembelajaran ke murid. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan dari Aksi Nyata saya, saya bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri untuk bergerak memajukan negeri.

Penerapan Nilai Guru Penggerak -Reflektif- Aksi nyata saya adalah menuliskan kelemahan dan kekuatan saya dalam proses pembelajaran, membuat rencana perbaikan, lalu mengejawantahkannya dalam tindakan nyata.

Penerapan nilai reflektif yang telah saya lakukan,  perasaan saya optimis yakin dan termotivasi. Ide atau gagasan yang timbul memperbaiki diri dengan sebaik-baiknya dengan selalu melakukan refleksi diri. Pembelajaran yang dapat saya ambil,  refleksi menjadikan diri lebih baik, menjadikan pembelajaran lebih berkualitas dan bermakna. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, saya bertekad menjadi guru yang selalu berubah ke arah yang lebih baik.

 Penerapan Nilai Guru Penggerak --Kolaboratif- Aksi Nyata yang saya lakukan adalah melakukan komunikasi dengan wali murid dan bersama rekan sejawat melakukan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah kami lakukan.

Refleksi terhadap Penerapan nilai kolaboratif yang telah saya lakukan, perasaan saya semangat, optimis. Ide atau gagasan yang timbul banyak inspirasi baik dari wali murid maupun tentang sejarah sehingga ada banyak ide dan solusi dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dapat saya ambil, kolaboratif memberikan kemudahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, bersemangat dalam bekerja sama dengan tim demi kebaikan.

Penerapan Nilai Guru Penggerak --Inovatif-  Aksi Nyata saya, melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan teknologi, dalam hal ini anak-anak dalam belajar diajak menonton video yang menarik, kemudian melakukan inovasi dalam pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan sampah organik, tanah, dan gula pasir.

Refleksi terhadap Penerapan nilai inovatif yang saya lakukan, perasaan saya semangat optimis percaya dan bahagia. Ide atau gagasan yang timbul berinovasi memanfaatkan apapun di sekitar kita untuk pembelajaran. Pembelajaran yang dapat saya ambil, inovasi mampu memaksimalkan laku kodrat anak sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan, termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Sebagai seorang guru penggerak saya juga harus memiliki peran dalam dunia pendidikan peran saya yang pertama adalah sebagai pemimpin pembelajaran, yang kedua sebagai  coach bagi guru lainnya, yang ketiga sebagai pendorong kolaborasi, yang keempat mewujudkan kepemimpinan murid, dan yang kelima adalah penggerak komunitas praktisi.

Demikian semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam guru penggerak

"bergerak, tergerak, menggerakkan"

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun