Mohon tunggu...
Ningsih Wiji Astuti
Ningsih Wiji Astuti Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas di SD IT ANNAHDLIYAH

Penulis merupakan guru di salah satu sekolah swasta di wilayah Warungpring yang bernaung pada Dinas Pendidikan Pemalang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Merancang Pembelajaran Abad ke-21

8 Juli 2023   17:28 Diperbarui: 8 Juli 2023   17:30 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menghadapi Tantangan dan Peluang

Di era yang serba cepat dan terhubung ini, pendidikan telah mengalami perubahan yang signifikan. Perkembangan teknologi dan pergeseran dalam kebutuhan dan harapan masyarakat telah mendorong pendidikan untuk beradaptasi dengan cepat. Membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan abad ke-21 menjadi tujuan utama dalam merancang pendidikan masa depan. Artikel ini akan membahas tantangan dan peluang yang dihadapi dalam merancang pembelajaran abad ke-21 dan memberikan beberapa strategi praktis untuk mencapai tujuan ini.

A. Tantangan dalam Merancang Pembelajaran Abad ke-21 diantaranya 

1. Perubahan Lingkungan Kerja

     Teknologi dan globalisasi telah mengubah cara kerja dan komunikasi. Siswa sekarang perlu belajar bagaimana beradaptasi dengan perubahan ini dan mengembangkan keterampilan yang relevan untuk berhasil di lingkungan kerja yang terus berkembang.

2. Abad Keterampilan ke-21

     Di era digital ini, keterampilan seperti pemecahan masalah, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, pemikiran kritis, dan literasi digital menjadi semakin penting. Merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan ini menjadi tantangan tersendiri.

3. Perubahan Paradigma Pembelajaran

      Pendidikan saat ini bergerak dari pendekatan yang dipusatkan pada guru menjadi pendekatan yang dipusatkan pada siswa. Para pendidik harus mengubah peran mereka menjadi fasilitator pembelajaran dan mendukung siswa dalam mengambil inisiatif dan tanggung jawab atas pembelajaran mereka.

B. Peluang dalam Merancang Pembelajaran Abad ke-21 diantaranya 

1. Penggunaan Teknologi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun