Indonesia dengan jumlah penduduk 237,6 juta jiwa (BPS 2010) menjadikannya sebagai Negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Hal ini tentu sangat empuk sebagai market yang potensial untuk segala produk sebagai need dari masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dalam kebutuhan kendaraan pribadi seperti mobil. Perkembangan masyarakat Indonesia akan kebutuhan mobil pribadi semakin hari semakin meningkat dan popular, hal ini ditandai dengan jumlah pembelian dan kepemilikan mobil pribadi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Data GAIKINDO menunjukkan angka penjualan mobil di pasar domestik sepanjang tahun 2012 mencapai 1,1 juta unit, atau naik 24,8% dibandingkan dengan realisasi penjualan tahun 2011 sebanyak 894.164 unit.
Persepsi yang terbangun bagi sebagian masyarakat Indonesia ketika memiliki mobil pribadi merupakan gaya hidup yang modern, trendy, dan dinamis. Kemajuan teknologi dalam industry otomotif menawarkan segala kecanggihan dan kenyamanan dalam produk-produk mobil yang ada di Indonesia dengan segala desain interior/eksterior, kapasitas mesin, hingga fitur pendukung untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Bagi masyarakat Indonesia dengan sisi psikologis yang penuh kekeluargaan dan kekerabatan membuat ekspektasi/harapan dalam memiliki mobil pribadi orientasinya agar mampu memuat keluarga, kerabat, dan sahabat dalam satu mobil untuk bepergian bersama-sama.
Apa kelebihan dan kenapa harus memilih All New Sienta? Check it out…
All New Sienta kehadirannya sebagai mobil tipe MPV Compact menjadi kompetitor untuk mobil FREED dari pabrikan Honda. Menurut Sales Toyota All New Sienta yaitu Mas Andi meng-iya-kan bahwa ini sekilas mirip FREED dan menjadi kompetitornya, dimana Honda kemungkinan sudah tidak memproduksi FREED lagi di Indonesia. Sehingga All New Sienta akan mampu menjadi pemain tunggal dalam supply mobil tipe MPV Compact di Indonesia. Selain itu mobil Toyota Sienta merupakan kebanggan bagi Indonesia karena menjadi Negara pertama yang memproduksi mobil tersebut setelah Jepang. Sehingga produk All New Sienta yang dipasarkan di Indonesia merupakan produksi langsung PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia di Kawasan Industri Karawang bukan Jepang.
Upaya dalam memperkenalkan All New Sienta ke publik, maka Toyota Sienta mengajak para kompasianer untuk melihat, merasakan langsung performa dan keunggulan All New Sienta dalam acara Pop Up Playground – Unlock Your Weekend Fashion Bazaar, 9 Deseber 2016 di The Flavor Bliss Alam Sutera Tangerang Selatan. Dalam acara ini tidak hanya pameran produk All New Senta tetapi ada juga games, photo competition, fashion show dan bazaar industri kreatif anak-anak muda Indonesia.
Untuk seri pertama ini saya akan mencoba mengupas dari All New Sienta dan seri kedua akan mengupas tentang Bazar Produk Ekonomi Kreatif dan Fashion Show.
Memasuki arena acara, saya pun mengambil dokumentasi sesuai kebutuhan terkait tampilan mobil All New Sienta dan mencoba langsung berkendara sebagai pasangger not driver (hehehe) sekaligus bertanya langsung terkait performa dan keunggulan mobil All New Sienta kepada mas Andi selaku Sales dari mobil Toyota Sienta area Tangerang Selatan.
Desain Eskterior
All New Sienta mengusung konsep “a premium and fun vehicle that stands out on the road” merupakan kendaraan yang sangat tepat bagi Anda yang memiliki mobilitas tingi di perkotaan. Dengan konsep desain Modern, Active, and Fun membuat siapapun ingin merasakan sensasi fun to drive menggunakan All New Sienta. Kesan modern nan elegan serta dinamis didukung pilihan warna metallic yang ditawarkannya, antara lain Dark Brown Mica Metalic; Quartz Brown Metalic; Orange Metalic; Super White 2; Silver Metalic; Gray Metalic; dan Attitude Black Mica.
Saat tes berkendara saya duduk di kursi depan samping driver (a.k.a Mas Bowo), dimana interior All New Sienta yang menjadi kelebihan adalah tampilan dashboard dengan lapisan ganda berdesain panel 3 dimensi disertai cup holder di sisi dalam pintu yang memudahkan penumpang menyimpan sesuatu. Selain itu pada dashboard tersedia layar sentuh (touch screen) 7 inchi untuk kebutuhan audio system yang dapat mengunakan DVD/MP3/USB/Wi-Fi/Bluetoth, Internet Browser dan Voice Command.
Performa Mesin dan Fitur Lainnya
All New Sienta dibekali mesin berkubikasi 1.496cc dengan menerapkan teknologi full injeksi yang hemat bahan bakar dengan system pembakaran yang sempurna menggunakan mesin Top Perfomance dan Efficiency menggunakan mesin 2NR-FE with dual VVT-I dan ETCS-i berkapasitas 1,5L dengan kekuatan yang dihasilkan 107 PS/6000 rpm. Kelebihan mesin All New Sienta lebih kuat dan hemat bahan bakar karena juga menggunakan system penggerak roda depan yang membuat spesifikasi mesin mobil ini semakin baik di kelasnya.
Fitur lain pendukung mobil All New Sienta yaitu fitur keamanan berupa Dual SRS Airbags dan Knee Airbag saat terjadi kecelakaan, Anti Lock Brake System, Vehicle Stability Control (VSC), Isofix, Key With Immobilizer, dan Hill Start Assist Control (HSA).
Mungkin penjelasan mendalam tentang spesifikasi dan performa kelebihan All New Sienta dapat lihat disini. Segala kelebihan dan keunggulan dari performa mobil All New Sienta mampu membuatnya mendapat penghargaan Product of The Year 2016 kategori Industri Otomotif yang diberikan oleh Markplus Conference 2016. Hal ini karena Toyota Sienta mampu menerobos penjualan pangsa pasar Multi Activity Vehicle (MAV) meski tergolong pendatang baru.
Akhirnya sebuah perjalanan akan menjadi momen terindah ketika ada kebersamaan dengan keluarga atau kerabat yang dilalui dengan penuh dinamis dan kenyamanan dalam berkendara, dan pilihan terbaik untuk momen terindahmu adalah perjalanan bersama orang tercinta menggunakan Toyota All New Sienta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H